Ada Nasi Biryani Versi Sultan Bertabur Emas, Berapa Harganya?

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 28 Februari 2021 14:01
Ada Nasi Biryani Versi Sultan Bertabur Emas, Berapa Harganya?
Disajikan di atas piring yang berlapis emas 23 karat.

Dream - Nasi biryani dikenal dengan aroma rempahnya yang begitu kuat. Warnanya kuning keemasan dan disajikan dengan daging kambing atau domba yang dipanggang atau digoreng. Biasanya jadi menu andalan di restoran yang menyajikan menu khas Timur Tengah atau India.

Rupanya ada sajian biryani yang begitu mewah di Dubai, Uni Emirat Arab. Restoran bernama Bombay Borough berlokasi Dubai International Financial Centre (DIFC), mennyediakan menu Biryani ala Sultan dengan bertabur emas.

Menu tersebut diberi nama Royal Gold Biryani yang disajikan dalam piring emas raksasa berdesain mewah. Nasi Sultan ini ada tiga varian, yaitu nasi biryani ayam, nasi keema, dan nasi putih saffron yang lengkap dengan potongan baby potato dan telur rebus di atasnya.

Nasi Biryani berlapis emas© Instagram Bombay Borough

Dengan merogoh kocek sebesar 1.000 Dirham UAE atau setara dengan Rp3,8 juta, pembeli bisa menyantap Royal Gold Biryani yang beratnya mencapai 3 kg. Di dalamnya bukan hanya daging domba tapi juga ayam.

Seperti ayam panggang Malai, Rajputana Murgh Sula, dan bakso ayam. Serta daging domba dan Lamb Seekh Kebab yang dihiasi dengan daun mint, kacang mete panggang, delima, dan bawang goreng.

Sajian besar ini juga akan dilengkapi dengan lauk pauk, seperti Nihari Salan, Jodhpuri Salan, saus Badami dengan almond dan Raita Delima yang piringnya dihiasi dengan emas 23 karat.

 

Laporan Silmi Safriyanyini/ Sumber: Times of India

1 dari 7 halaman

Syekh Ali Jaber Pernah Bagikan Resep Nasi Mandi Favoritnya

Dream - Syekh Ali Jaber dikenal sebagai sosok yang begitu hangat. Beliau juga kerap membagikan aktivitasnya saat berada di ruman lewat YouTube channelnya. Rupanya, pendakwah yang dikenal dengan kelembutannya dalam berceramah, juga suka memasak.

Salah satu hidangan yang suka dibuatnya Mandi Laham atau Nasi Mandi. Mengenakan sarung, ia memperlihatkan bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat Nasi Mandi, yaitu potongan paha kambing, bumbu kering dan bumbu lainnya yang cukup banyak.

Syekh Ali Jaber masak Nasi Mandi© Youtube Syekh Ali

Satu hal yang juga disiapkan dan begitu khas adalah arang. Rupanya lemak kambing ditaruh di atas arang yang telah dipanaskan untuk mengeluarkan aroma pembangkit selera.

" Lumuri daging dengan bumbu, pewarna, lada garam. Panggang daging 1,5 jam, maksimal sekali 3 jam," ungkap Syekh Ali dalam YouTube Channelnya.

Nasi Mandi buatan Syekh Ali© Youtube Syekh Ali

Arang dengan lemak kambing rupanya ditaruh di pemanggang listrik dan juga di atas nasi Mandi. Siapa sangka ulama tersohor ini juga sangat andal memask.

 

2 dari 7 halaman

Lihat Video Syekh Ali memasak

3 dari 7 halaman

Rahasia Mengolah Nasi Biryani Lezat Kaya Rasa

Dream - Nasi biryani termasuk nasi kaya rempah yang jika hanya dimakan tanpa lauk sudah bisa menggugah selera. Biasanya disajikan dengan ayam atau kambing goreng, acara dan emping.

Nasi nikmat ini banyak dibuat oleh warga keturunan Arab dan India. Penyajiannya, dalam nampan lalu dimakan bersama-sama keluarga tersedekat. Sangat seru! Bagaimana kalau Sahabat Dream membuatnya sendiri di rumah.

© Dream

Jika tertarik membuat nasih biryani, pastikan melakukan lima hal ini. Trik-trik berikut bisa membuat olahan nasi biryani jadi lebih nikmat.

4 dari 7 halaman

Rendam beras

Cara memutihkan wajah dengan air rendaman beras© Google Image

Beras yang digunakan untuk membuat nasi biryani beda dengan beras biasa. Teksturnya lebih tebal dan ukurannya lebih panjang. Untuk mengurangi proses pemasakan dan membuat bumbu jadi meresap, rendam dulu beras. Taruh dalam air selama 10 hingga 15 menit.

5 dari 7 halaman

Lumasi wadah dengan minyak samin

ghee© ghee

Saat ingin menyiapkan biryani, pastikan melumasi wajan dengan ghee atau minyak samin. Lapisan ini akan mencegah pembakaran beras, rempah dan bahan-bahan lainnya. Ghee atau minyak sammin adalah mentega dari lemak hewani yang dimurnikan.

6 dari 7 halaman

Rempah segar

Cara menghilangkan bau ketiak dengan cengkeh© Shutterstock

Demi mendapatkan rasa yang kaya, pastikan menggunakan rempah-rempah segar. Masukkan batang kayu manis, cengkeh, daun salam segar, dan adas bintang untuk memperkaya rasanya.

7 dari 7 halaman

Pasta bawang putih jahe

Sebulan Makan 6 Siung Bawang Putih Panggan, Lihat Hasilnya!© MEN

Kedua bahan ini wajib ada. Merupakan kombinasi ajaib yang dapat meningkatkan rasa pada nasi. Haluskan bawang putih dan jahe segar hingga lembut kemudian aduk ke dalam nasi.

Masak pisah dengan daging

Permintaan Terakhir Pasien Kanker Lambung, Makan Nasi Biryani© MEN

Banyak orang yang memasak biryani sekaligus dengan lauknya dalam satu wajan besar. Justru dianjurkan dimasak dengan terpisah. Nah, saat mengolah ayam atau kambing, masukkan kaldu yang keluar ke dalam nasi. Hal ini akan membuat nasi jadi lebih gurih.

 

Beri Komentar