Ada yang Jual Nasi Goreng Tanpa Nasi, Kok Bisa?

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 19 Oktober 2020 10:01
Ada yang Jual Nasi Goreng Tanpa Nasi, Kok Bisa?
"Menu nasi goreng biasa hanya saja nggak ada nasinya".

Dream - Menu nasi goreng pastinya sudah sangat akarab dengan lidah orang Indonesia. Variannya juga sangat beragam. Ada nasi goreng kampung, oriental, nasi goreng putih dan masih banyak lagi.

Tapi bagaimana jika ada yang menyajikan nasi goreng tanpa nasi? Belum lama ini beredar foto warung bertuliskan jual nasi goreng tanpa nasi yang sukses membuat warganet kesal sekaligus penasaran.

Bisa dibayangkan, wujud dari nasi goreng tanpa nasi ini yang terkesan absurd ini. Foto warung nasi goreng tersebut diunggah akun Instagram @anam_chenel pada 4 Oktober 2020.

" Yang penting yakin, mari mampir! Buka di jam 5 sore sampai jam 12 malam saja. Menu nasi goreng biasa hanya saja nggak ada nasinya. Cuma pakai 1 butir telur saja, bumbu nasi goreng dan juga sawi, silahkan mampir hehehe," tulis akun tersebut dalam keterangan foto.

 

1 dari 5 halaman

Unggahan itu juga menunjukkan foto nasgor tanpa nasi. Isinya ternyata hanya telur orak arik yang ditambah potongan sawi hijau. Bukannya tergoda untuk mampir, warganet justru ramai mengomentari warung ini.

Nasi Goreng Tanpa Nasi© Instagram @anam_chenel

Foto tersebut ternyata editan dari @anam_chenel yang merupakan seniman foto. Jangan kesal dulu ya, Sahabat Dream.


Laporan Henry/ Sumber: Liputan6.com

 

 

2 dari 5 halaman

Resep Nasi Goreng Selawat ala Gus Mus

Dream - KH Ahmad Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus, Pemimpin Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin, Rembang, Jawa Tengah, termasuk ulama yang serba bisa. Pada usianya yang sudah memasuki 76 tahun, beliau tetap aktif berdakwah.

Gus Mus bersama anak dan cucunya© Instagram KH Mustofa Bisri

Bukan sekadar berdakwah di pesantren tapi juga di media sosial. Ulama yang juga melukis dan menulis puisi selalu punya cara tak biasa untuk mengajak umat Islam melakukan hal positif. Salah satunya berselawat pada junjungan Nabi Muhammad SAW.

Seperti unggahanya di akun Instagramnya @s.kakung. Beliau membagikan resep nasi goreng ati sapi dan lidah sapi dan mengajak yang ingin membuatnya untuk terus melantukan selawat.

" Pagi ini resep nasgorku lagi-lagi berhasil menggoyang lidahku. Mungkin ada yang ingin mencoba, ini resep cemplang-cemplungku pagi ini (besok-besok mungkin berubah): 1. Bawang merah 7 siung; 2. Bawang putih 1 siung; 3. Cabe hijau 3 biji; 4. Campuran hati sapi, hati ayam, dan lidah sapi (nemu di kulkas); 5. Minyak zaitun; 6. Garam trasi, dan mrica secukupnya (Jangan terlalu banyak); 7. Nasi 2 piring,"  tulis Gus Mus, sapaan akrabnya.

 

3 dari 5 halaman

Terus Berselawat

Saat memasak nasi goreng tersebut, menurut Gus Mus, teruslah bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Tentu saja hal ini sebagai pengikut Rasuullah, kita mengharap keberkahan dari tiap masakan dan makanan yang dibuat di rumah.

Masakan Gus Mus© Instagram KH Mustofa Bisri

" Cara membuatnya: bumbu-bumbu diuleg, digongso, lalu cemplungkan irisan hati dan lidah sapi; baru kemudian nasinya dimasuk-campurkan. Jangan lupa dalam proses membuatnya, mulut terus membaca shalawat Nabi,"  tulis KH Mustofa Bisri.

Jadi, memasaklah sambil berselawat agar selalu mendapat keberkahan. Amin!

4 dari 5 halaman

Nasi Goreng Bawang Putih, Sajian Favorit dalam Kuliner Islam

Dream - Kehidupan Nabi Muhammad SAW tidak banyak berkutat dengan ragam makanan. Beliau lebih banyak berpuasa dan hidup hanya dengan kurma dan air. Budaya kuliner Arab di masa kehidupannya juga sangat sederhana.

Hanya ada rumah tenda dengan dapur seadanya. Omur Akkor dalam bukunya, “ Early Islamic Culinary Art,” lalu mengeksplorasi hidangan yang disajikan di zaman kenabian, disebutkan dalam Al-Quran atau dalam tradisi Islam.

Nasi Goreng Bawang Putih, Sajian Favorit dalam Kuliner Islam© MEN

Salah satunya adalah nasi goreng bawang putih. Banyak yang mengira kalau menu tersebut merupakan hidangan modern. Padahal sudah ada sejak kebangkitan awal seni kuliner Islam. Intip resepnya.

Bahan:
3 cangkir kaldu ayam
2 sendok makan mentega
1 sendok makan gula
1 sendok teh garam
1 sendok makan cuka
2 gelas nasi
20 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh lada hitam

 

5 dari 5 halaman

Petunjuk:

Resep Lezat Nasi Goreng Putih© MEN


- Tuang kaldu ayam ke panci besar dan didihkan. Lelehkan juga mentega dalam wajan terpisah di atas api sedang.
- Saat kaldu ayam mulai mendidih, tambahkan mentega, gula, garam, bawang putih, cuka, dan nasi, lalu tutup
- Masak selama 15 menit, atau sampai nasi menyerap semua cairan.
- Ubah panas apu menjadi level rendah dan biarkan campuran mendidih selama 30 menit lebih
- Setelah selesai, taburi nasi dengan merica dan sajikan. Resep ini bisa disajikan untuk 6 porsi

Beri Komentar