Bahaya Menyimpan Makanan Sisa Pakai Aluminium Foil

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 3 September 2021 19:48
Bahaya Menyimpan Makanan Sisa Pakai Aluminium Foil
Bagi kebanyakan orang, menutup piring dengan aluminium foil dan memasukkannya ke dalam kulkas merupakan cara yang cepat dan mudah.

Dream – Makanan yang tidak langsung habis dikonsumsi, tentunya akan disimpan untuk dimakan kemudian hari. Untuk menyimpan makan sisa ini, kita kerap menggunakan aluminium foil.

Aluminium foil digunakan karena bisa menutup makanan dengan rapat, kemudian bisa langsung kita taruh di lemari es. Cukup praktis memang, tapi ternyata hal ini bisa berbahaya.

Mengapa? Sisa makanan yang didinginkan biasanya bertahan hingga empat hari, jika disegel dan disimpan dengan benar. Bagi kebanyakan orang, menutup piring dengan aluminium foil dan memasukkannya ke dalam kulkas merupakan cara yang cepat dan mudah.

Rupanya, menggunakan aluminium foil untuk menutup makanan sisa bisa membuat bakteri tumbuh lebih cepat. Wadah tertutup rapat dan terperangkap udara panas, dan tak ada jaminan kita menutupnya dengan baik. Bakteri dalam kondisi tersebut sangat mudah berkembang biak.

 

1 dari 4 halaman

Untuk menyimpan makanan sisa lebih baik menggunakan wadah khusus. Gunakan wadah yang memiliki penutup rapat. Berikut trik menyimpan makanan sisa agar tak jadi penyakit.

1. Selalu tutup dalam wadah yang kedap udara, untuk mempercepat proses pendinginan dan menjauhkan bakteri dari makanan. Ini merupakan dasar penyimpanan makanan yang paling penting.

2. Pastikan kamu memasukkan makanan ke dalam lemari es dalam waktu dua jam, sebelum bakteri memiliki waktu untuk merusaknya. Produk susu dan daging sangat rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Sehingga menggunakan wadah kedap udara untuk semua sisa makanan merupakan hal yang sangat penting.

3. Buang semua makanan yang telah didiamkan lebih dari dua jam.

4. Waspada terhadap beberapa makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas

" Jika kamu memiliki banyak sisa makanan, hal paling cerdas yang harus kamu lakukan adalah memasukkan sebagian ke dalam lemari es. Lalu mengemasnya dengan baik dalam wadah kedap udara dan memasukkannya ke dalam freezer,” kata Lindsay Malone, seorang pakar gizi.


Laporan: Angela Irena Mihardja/ Sumber: RD.com

2 dari 4 halaman

Cara Tepat Menyimpan Pisang Biar Tahan Lama

Dream – Pisang merupakan kaya vitamin dan harganya sangat terjangkau. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat buah ini sangat disukai orang dewasa dan anak-anak.

Kita kerap kali membeli pisang dalam jumlah banyak agar bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Sayangnya, dalam beberapa hari pisang jadi lembek dan kesegarannya pun berkurang. Penting bagi Sahabat Dream mengetahui cara menyimpan pisang agar lebih tahan lama. Ikuti saja trik berikut.

© Dream

Menggantung pisang
Ketika membeli pisang kamu pasti akan melihatnya sering digantung pada kail. Ternyata ada alasan ilmiah dari cara ini. Pisang diketahui akan segera matang setelah dipetik dari pohon, dan gas etilen yang mengatur kematangan pada pisang akan terlepas dari batang setelah dipetik.

Saat digantung, pelepasan gasnya akan bekerja lebih lambat sehingga dapat menahan kematangan pisang. Selain itu, menggantung pisang juga mencegahnya cepat busuk dibandingkan hanya meletakkannya di meja, di mana pisang akan terus matang dengan cepat.

Beli pisang yang berwarna hijau
Cara terbaik agar pisang tahan lama adalah dengan membeli pisang yang memiliki warna hijau. Pisang tersebut telah dipetik saat masih hijau, lalu perlahan akan matang hingga berwarna kuning cerah seiring berjalannya waktu. Untuk itu sebaiknya pilih pisang yang belum terlalu matang apabila ingin menyimpannya lebih lama.

 

3 dari 4 halaman

Bungkus batang pisang dengan plastik
Gas etilen yang membuat pisang matang berasal dari batang. Jadi untuk memperlambat proses pematangannya, kamu bisa membungkus batang tersebut dengan bungkus plastik atau aluminium foil. Cara ini cukup berhasil namun untuk hasil terbaik, pisahkan pisang dan bungkus batangnya satu per satu.

Pisang segar© Shutterstock

Taruh pisang matang di lemari es
Bila pisang sudah matang, kita bisa memindahkannya ke lemari es jika tak ingin segera menyantapnya. Suhu dingin akan mencegah pisang matang lebih cepat (setidaknya untuk beberapa hari).

Bekukan pisang
Membekukan pisang adalah salah satu cara termudah untuk menjaganya tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Tetapi membekukan pisang juga harus dengan benar. Pertimbangkan untuk membekukan pisang dengan mengupasnya dan simpan dalam kantong kedap udara, baru taruh di freezer. Kamu bisa mengolahnya jadi smoothies.

Laporan Yuni Puspita/ Sumber: Reader Digest

4 dari 4 halaman

Ternyata Ada Pisang Merah yang Rasanya Disebut Mirip Raspberry

Dream - Sahabat Dream selama ini sudah akrab dan sering makan buah pisang yang berwarna kuning. Rasanya merupakan perpaduan manis dan sedikit asam. Bisa langsung dimakan atau diolah menjadi hidangan lain seperti es buah, pisang goreng atau kue pisang.

Tahukah kamu sebenarnya jenis pisang lain yang warnanya berwarna merah. Buah ini ternyata banyak erdapat di India dan Thailan dan beberapa negara di Asia. Penasaran seperti apa?

Pisang ini ternyata rasanya sedikit asam seperti raspberry. Kulitnya berwarna merah, memang tak tampak seperti pisang pada umumnya. Buah ini juga sangat kaya potasium, vitamin C dan vitamin B6 serta serat.

© Dream

Tak hanya itu, pisang merah ini juga sangat kaya antioksidan yang bisa meningkatkan kualitas hemoglobin dalam sel darah. Bagi mereka yang sedang dalam tahap pemulihan saat sakit, dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini secara teratur, karena juga bisa memperbaiki sistem imunitas tubuh.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Beri Komentar