Trik dan Cara Mudah Memenuhi Asupan Protein Harian

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 13 September 2022 06:36
Trik dan Cara Mudah Memenuhi Asupan Protein Harian
Tubuh memerlukan protein setiap harinya, banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk memenuhi asupannya

Dream - Protein adalah salah satu nutrisi dalam makanan yang dibutuhkan tubuh, selain karbohidrat dan lemak. Selama ini kita mungkin sudah mengetahui protein hewani terbaru dua yait hewani dan nabati.

Fungsi protein dalam tubuh adalah menghasilkan enzim dan hormon, memperbaiki sel, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Menurut takarannya, kebutuhan protein setiap orang per harinya rata-rata adalah 60 gram. Menurut jenis kelaminnya, kecukupan zat protein bagi perempuan yaitu sebanyak 56 – 69 gram per hari. Sedangkan seorang laki-laki membutuhkan setidaknya 62 – 66 gram perhari. 

Untuk memenuhi kebutuhan asupan protein harian, ada beberapa cara dan sumber makanan yang bisa kamu penuhi.

1 dari 3 halaman

Sarapan Protein Tinggi 

Kamu bisa mementingkan sarapan tinggi protein di pagi hari, agar asupan protein harian bisa terjaga.  Misalnya adalah dengan sarapan telur, yogurt, atau bahkan minum protein shakes. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Ngemil Protein 

Untuk menambahkan asupan protein, kamu bisa ngemil makanan ringan yang tinggi protein.  Keju, kacang-kacangan, biji-bijian, dan protein bar, adalah beberapa cemilan yang tinggi protein. 

Minum Susu 

Memenuhi asupan protein juga bisa dilakukan dengan minum susu, susu yang punya kandungan protein yang tinggi biasanya berasal dari hewan. 

Kamu bisa mencoba minum susu sapi secara langsung, ataupun dibuat kreasi seperti milkshake atau smooties. 

2 dari 3 halaman

Menganti Karbohidrat dengan Quinoa 

Quinoa adalah gandum yang punya kandungan protein yang tinggi, serta fiber dan nutrisi lainnya.  Kamu bisa menganti asupan karbohidrat kamu, seperti pasta atau nasi dengan quinoa. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Minum Protein Shakes untuk Cemilan 

Kamu bisa membuat protein shakes saat kamu sedang merasa lapar di siang atau sore hari. Misalnya kamu baru selesai menyelesaikan olahraga minum protein shakes juga dapat bantu mempercepat proses pembuatan otot. 

3 dari 3 halaman

Bawa Snack Tinggi Protein 

Membawa snack-snack yang tinggi protein kemana pun kamu berada, bisa bantu penuhi asupan proteinmu. 

Misalnya, kamu bisa membawa telur rebus yang sudah matang, ataupun protein bars, dan mengonsumsinya saat sedang merasa sedikit lapar. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Pilih Lemak dengan Kandungan Protein 

Tidak semua sumber lemak memiliki nutrisi yang sama, untuk memenuhi asupan lemak sekaligus protein, kamu bisa memilih mengonsumsi lemak yang juga punya kandungan protein. 

Kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat, adalah beberapa sumber lemak yang juga punya kandungan protein. 

(Sah, Sumber: Femina.in

 

 

 

 

Beri Komentar