Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Fakta Baru Tren Konsumsi Kopi Orang Indonesia dan Takaran Idealnya

Fakta Baru Tren Konsumsi Kopi Orang Indonesia dan Takaran Idealnya © MEN

Dream - Indonesia tengah dilanda minuman kopi. Hampir sepanjang jalan kamu pasti melihat muncul kedai maupun kafe kopi dengan konsep unik untuk memanjakan tamunya.

Tren tersebut ternyata bukan isapan jempol belaka. Organisasi Kopi Internasional (ICO) dalam laporan terbarunya mengakui ada lonjakan konsumsi kopi di Tanah Air.

Masyarakat di Tanah Air diketahui menghabiskan 4,6 juta bungkus kopi pada tahun 2016. Dibandingkan posisi tahun 2000, konsumsi kopi tersebut meningkat 174 persen dari sebelumnya 1,68 juta bungkus.

Menjamurnya kedai kopi menyumbang peran besar pada peningkatkan konsumsi si minuman pahit ini lebih cepat. Tingkat konsumsi kopi arabika dan robusta dilaporkan meningkat sebanyak 8 persen per tahun.

Survey terbaru dari HonestDocs, platform informasi kesehatan jug amenangkap pola kebiasaan minum kopi masyarakat Indonesia. Survei dilakukan kepada 9.684 orang dengan porsi 35 persen pria dan 65 persen wanita. Responden berusia di antara 18-34 tahun.

Mengutip keterangan tertulis HonestDocs, hasil survei menunjukan 61 persen responden mengaku sebenarnya tidak suka minum kopi. Kategori ini didominasi responden pria. Sisanya 39 persen dari responden hanya menikmati segelas kopi sehari.

Temuan lain menunjukan wanita lebih sering mengonsumsi segela kopi per hari, atau 64,4 persen dari total responden. Sementara mayoritas responden pria menghabiskan 2-3 gelas sehari (21%).

Dilihat dari tempat tinggalnya, jumlah peminum kopi terbanyak berada di DKI Jakarta sebanyak 57 persen, Sumatera Barat (57%), dan Sulawesi Utara (51%).

Survei ini juga juga menemukan tren penikmat kopi perlahan-lahan mulai beralih. Saat ini kopi tak lagi identik dengan minuman orang dewasa. Sebanyak 23 persen remaja berusia 12-17 tahun mengaku sudah minum kopi.

Frekuensi konsumsi juga semakin meningkat seiring pertambahan usia. Sebanyak 23 responen berusia lanjut mengaku minum kopi setidaknya 11 gelas sehari.

Takaran yang Pas Konsumsi Kopi

Meningkatkan tren konsumsi kopi tentu menjadi kabar baik bagi para petani atau pemilik kedai kopi. Namun seperti diketahui, konsumsi kopi juga bisa beredek negatif dalam jangka panjang.

Mengutip penelitian PLoS ONE tahun 2015, takaran ideal konsumsi kopi adalah 2-3 gelas per hari. Dengan takaran ideal ini, kandungan antioksidan pada kopi dapat bekerja secara optimal untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tubuh akan terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular, gangguan pencernaan, serta kematian dini.

Bahkan, menurut penelitian tersebut, takaran 2-3 gelas atau setara dengan 170-375 mg kafein per hari bisa menurunkan resiko disfungsi erektil.

“Banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami efek kopi terhadap tubuh. Dengan takaran yang pas, kopi memang dapat menjaga kesehatan, namun kopi yang dimaksud adalah kopi hitam murni yang pekat - bukan olahan kopi yang sudah ditambahkan gula, krim, pemanis buatan, dan sebagainya,” ungkap tim medis HonestDocs.

“Dengan penelitian ini, kami tim HonestDocs berupaya meningkatkan kesadaran tentang takaran konsumsi kopi yang ideal untuk tubuh, supaya masyarakat bisa mengurangi konsumsi yang berlebihan.”

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Duh, Ternyata Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Dikonsumsi dengan Kue

Duh, Ternyata Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Dikonsumsi dengan Kue

Kopi dan teh bisa memberikan efek tertentu saat dikonsumsi bersama jenis makanan lainnya. Ketahui efeknya agar bisa dikonsumsi di saat yang tepat.

Baca Selengkapnya
5 Cara Manfaatkan Kopi Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

5 Cara Manfaatkan Kopi Hitam untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Selain membuat tubuh terasa lebih segar, kopi hitam diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Ketahui apa manfaat kopi yang bisa membantu proses tersebut.

Baca Selengkapnya
Minum Kopi Setelah Makan Sebaiknya Dihindari, Ini Sebabnya

Minum Kopi Setelah Makan Sebaiknya Dihindari, Ini Sebabnya

Berhenti meminum kopi setelah makan agar tidak mengalami masalah kesehatan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

Sahabat Dream pasti pernah merasa kesal saat bos meminta buru-buru revisi kerjaan. Reaksi kamu kaya Dremitie ini nggak?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Rempah

BUNGKUS! Tebak Rempah

Jangan ngaku ahlinya rempah jika tidak tahu bahan-bahan apa saja yang ada di hidangan ini?

Baca Selengkapnya
Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Sahabat Dream, kira-kira kalian kalau dikasih tebakan minuman ini bisa gak menjawabnya dengan tepat?

Baca Selengkapnya