India Tarik Produk Mie Instan Berbahaya

Reporter : Eko Huda S
Senin, 8 Juni 2015 07:00
India Tarik Produk Mie Instan Berbahaya
Sejumlah zat yang terkandung ditemukan di luar ambang batas. Selain itu, kandungan MSG juga tak dicantumkan pada kemasan.

Dream - Otoritas Standar dan Kesehatan Pangan India (FSSAI) menyatakan mie instan produksi Nestle dengan merk Maggi berbahaya untuk dikonsumsi. Sehingga produk mie instan paling populer di Tanah Hindustan itu ditarik dari pasaran.

Dikutip Dream dari laman ABC, Jumat 5 Juni 2015, FSSAI menyatakan Nestle telah gagal memenuhi kewajibannya sebagaimana diatur oleh undang-undang keamanan pangan India. Pernyataan ini dikeluarkan setelah uji laboratorium.

Setidaknya, ada enam negara bagian di India yang mengumumkan larangan penjualan mie instan Maggi, termasuk New Delhi. Ibukota India ini pada Rabu yang lalu mengumumkan larangan menjual mie instan ber-tagline bisa dimasak dalam " dua menit" ini untuk 15 hari ke depan.

Larangan itu dikeluarkan menyusul temuan inpektor kesehatan makanan negara bagian Uttar Pradesh yang mendapati kandungan bahan tertentu yang melebihi ambang batas ketentuan. Para inspektor itu juga menemukan kandungan MSG (monosodiun glutamate) yang tak tertera pada daftar bumbu di kemasan.

Atas temuan ini, Nestle India menyatakan informasi ini tidak berdasar. " Sayangnya, perkembangan terakhir dan kekhawatiran tidak berdasar tentang produk telah menyebabkan kebingungan bagi konsumen," demikian pernyataan dari Nestle India.

" Kami telah memutuskan untuk menarik produk dari rak, meskipun produk yang aman," tambah mereka. Akibat kasus ini, seluruh toko di India tak lagi menjual mie instan merek Maggi. 

Beri Komentar
BTS Jadi Artis Pertama Gelar Konser di Stadion Arab Saudi