Kabayaki, Teknik Masak dari Jepang Penghilang Bau Amis Ikan Lele

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 8 Juli 2019 18:36
Kabayaki, Teknik Masak dari Jepang Penghilang Bau Amis Ikan Lele
Teknik ini banyak digunakan untuk mengolah belut di Negeri Sakura.

Dream - Menghilangkan bau amis pada lele bisa menjadi hal yang cukup menyulitkan. Bau itu timbul karena ikan lele umumnya hidup di air tawar dengan kondisi berlumpur.

Saat bau amis tercium, kelezatan daging ikan lele yang sudah terkenal itu akhirnya pupus.

Daripada batal mencicip hidangan berbahan ikan ini karena baunya, mengapa Sahabat Dream tak mencoba berlajar mengolah ikan lele agar bebas dari bau amis?

 Ikan Lele© Khidr Al-Zahrani

Sahabat Dream bisa mencoba teknik memasak dari Jepang yaitu Kabayaki. Ini adalah metode menghilangkan bau amis dengan membuat bumbu lebih meresap ke daging ikan.

" Pilih ikan lele jenis jumbo atau sangkuriang yang dagingnya lebih lembut dan besar. Ikan lele yang fresh tidak dilihat dari mata yang masih bening, yang penting dia masih dalam keadaan hidup," tutur Hardian, Executive Chef Ichiban Sushi di Jakarta, Senin 8 Juli 2019.

1 dari 5 halaman

Mulai dari Teknik Mencuci Ikan Lele

Kabayaki dimulai dengan mencuci ikan di bawah aliran air sambil membuang bagian kepala dan isi perut yang menjadi sumber bau amis.

Kemudian ikan disayat secara tipis menjadi dua bagian untuk menghilangkan duri dan tulang.

 Ikan Lele© Foto: Annisa Mutiara/Dream

" Sebelum dibumbui bisa gunakan cuka untuk menghilangkan bau amis. Direndam sebentar saja lalu dicuci langi supaya rasa cukanya hilang," jelasnya.

 

2 dari 5 halaman

Agar Bumbu Meresap

Tusuk fillet ikan dengan skewer yang terbuat dari besi atau bambu. Siapkan bumbu marinasi yang terdiri dari saus kikkoman, gula dan mirin bersertifikasi halal.

Cita rasa manis gurih akan menyamarkan rasa amis pada daging ikan.

 Ikan Lele© Foto: Annisa Mutiara/Dream

" Sebelum dibakar harus direndam selama tiga menit. Bakar sebentar, rendam lagi selama tiga menit. Ulangi sampai lima kali proses hingga bumbu meresap dan bau amis hilang. Bisa disajikan bersama nasi hangat," pungkasnya.(Sah)

 

3 dari 5 halaman

Steak Empuk Berselimut Keju Leleh, Rasanya...

Dream - Steak menjadi salah satu makanan favorit banyak orang, begitu juga dengan keju. Apa jadinya jika dua menu pilihan tersebut berpadu dalam satu hidangan? Pasti bikin selera makan langsung meningkat. 

Menu baru inilah yang coba disajikan Willie Brothers yang menciptakan steak berselimut keju leleh.

" Steak ini makanan yang enak banget, hampir semua orang suka. Keju juga enak banget. Kita berpikir kenapa tidak digabung aja," kata Aditya Rian Anggoro, Marketing Willie Brothers saat pembukaan gerai baru Willie Brother di Mall of Indonesia, Jakarta Utara, Selasa, 18 Desember 2018.

Willie Brother sudah menyajikan steak dengan melted cheese sejak 2016 silam. Dulu, pilihan kejunya terbatas namun kini makin variatif.

4 dari 5 halaman

Varian Keju yang Bisa Dipakai

Akhir tahun 2018 ini misalnya, baru saja ditawarkan 6 varian keju yang berasal dari berbagai belahan dunia untuk topping steak.

Jenis keju tersebut yaitu Raclette, Gouda, Pepper Jack, Red Cheddar, Mozarella hingga keju hitam yang diberi nama Venom.

 Venom Steak© Instagram Willie Brothers

(Foto: Instagram Willie Brothers) 

Menurut Adi, yang paling banyak digemari keju yang dikonsumi para konsumen adalah Raclette, karena rasanya yang begitu pas di lidah dipadu dengan steak.

 



5 dari 5 halaman

Keju Langka nan Mahal

Keju ini ternyata termasuk langka, tak heran harganya cukup mahal. Satu porsi keju saja dibanderol Rp99ribu, itu pun di luar steak.

" Di tahun 2016 orang tahunya keju di atas steak itu raclette. Harganya memang cukup mahal, karena rachelete rasa yang sangat pas," ujar Adi.

 Steak keju Willie© Instagram Willie Brothers

(Foto: Instagram Willie Brothers)

Ia juga mengklaim baik steak, keju serta seluruh menu yang disajikan memiliki kualitas premium. Adi juga menjamin aspek kehalalan, kecuali beberapa minuman alkohol.

" Kita menunya halal, walau menjual minuman beralkohol, makanan kita halal. Minum lain dipisah gelasnya, teman muslim bisa dengan tenang makan di sini," katanya.

Untuk harga steak mulai dari Rp100 ribuan hingga Rp400 ribuan. Rasanya? Dagingnya sangat empuk dengan bumbu minimalis. Keju lelehnya memunculkan cita rasa gurih yang khas, bikin lidah terbuai.

Ingin mencicipinya, Sahabat Dream?

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair