Ikan Lele Naik Kelas, Jadi Pengganti Unagi

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 8 Juli 2019 15:47
Ikan Lele Naik Kelas, Jadi Pengganti Unagi
Bagaimana rasanya, ya?

Dream - Unagi atau belut merupakan bahan baku yang sering dijumpai di masakan Jepang. Hewan menyerupai ular ini memiliki tekstur kenyal dengan cita rasa manis.

Seiring dengan kepopulerannya, populasi unagi kini semakin tipis sehingga dinobatkan sebagai satwa langka oleh pemerintah Jepang.

Guna mencegah kepunahan unagi, Jepang membudidayakan ikan tertentu sebagai pengganti. Hewan ini bukanlah spesies baru, melainkan ikan yang sudah akrab di lidah masyarakat.

" Jepang mulai mengalihkan konsumsi unagi ke catfish atau yang biasa disebut ikan lele di Indonesia. Rasa dan teksturnya mirip dengan unagi," kata Winardy Untoro, General Manager Operational Ichiban Sushi di Jakarta, Senin 8 Juli 2019.

1 dari 5 halaman

Bergizi dan Lebih Murah

 Ichiban Sushi

Selain lebih murah dan mudah dibudidayakan, kandungan gizi lele tak kalah dari unagi. Lele diperkaya dengan asam lemak omega 3, omega 6, vitamin B12, rendah lemak jenuh serta merkuri.

Ikan lele dapat disulap menyerupai unagi jika diolah memakai teknik kabayaki.

Daging lele yang telah diiris tipis-tipis dicelupkan ke dalam saus kikkoman, gula dan mirin bersertifikasi halal sebelum dibakar.

2 dari 5 halaman

Pertama di Indonesia

Menu Namazu (catfish) Kabayaki sangat pas disajikan dengan semangkuk nasi Jepang hangat.

Sahabat Dream yang penasaran bisa mencicipinya di gerai Ichiban Sushi seluruh Indonesia. Harganya sangat terjangkau, yakni Rp27 ribu untuk ikan atau Rp30 ribu jika sepaket dengan nasi.

 Ichiban Sushi

" Kami hadirkan Namazu Kabayaki pertama di Indonesia sebagai alternatif dari menu unagi yang terbilang jauh lebih mahal dan sudah langka. Masyarakat jadi bisa merasakan kuliner Jepang dengan cita rasa Indonesia," tutup Winardy.

Sahabat Dream ingin coba?

3 dari 5 halaman

Cita Rasa Unik Ayam Asam Pedas, Cobain Yuk!

Dream - Siapa tak suka ayam goreng? Menu ini selalu menjadi hidangan favorit keluarga. Jika bosan dengan sajian yang biasa, Sahabat Dream bisa bikin ayam goreng jadi lebih nendang dengan saus asam pedas.

Kombinasi rasa asam dan pedas akan memberi sensasi umami alias gurih. Ditambah dengan empuknya daging ayam, hidangan ini pas banget disajikan bersama nasipanas.

Tak perlu repot ke restoran, Sahabat Dream bisa mengolah menu ini secara praktis di rumah. Caranya mudah loh!

Terutama jika mengandalkan alat masak serbaguna. Sebagai Smart Multi Cooker, Tiarapot dari Polytron bisa dimanfaatkan untuk memasak segala jenis hidangan.

Sahabat Dream yang beruntung juga sudah merasakan sensasi #MasakGakRepot lewat kompetisi foto #PolytronXDream periode 1 (28 Juni - 5 Juli 2019).

Lewat kompetisi ini, Wahyuningsih (@ningshiehwahyu) berhak mendapat produk Smart Multi Cooker Tiarapot dari Polytron. Selamat ya!

  © Tiarapot

Foto: Tiarapot by Polytron

Sahabat Dream yang belum beruntung jangan khawatir. Masih ada kuis yang bisa kamu ikuti di waktu mendatang. Pantau terus Instagram @tiarapot.official supaya kamu enggak kelewatan. 

Kamu juga bisa ikuti resep ayam asam pedas karya Wahyuningsih berikut ini. Selamat mencoba, Sahabat Dream!

 

 

4 dari 5 halaman

Ayam Asam Pedas karya Wahyuningsih (@ningsiehwahyu)

  Ayam Asam Pedas

Foto: Instagram @ningsiehwahyu

Bahan Baku:
- 6 potong ayam (bagian paha bawah), beri garam dan sedikit perasan jeruk nipis, diamkan sebentar.
- 1 sdm saus tomat
- 1 sdm kecap inggris
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm gula merah
- Garam secukupnya
- Sedikit air

Bumbu Iris:
- 5 siung bawang merah, iris tipis
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 2 bh cabe merah besar, iris tipis
- 2 bh tomat merah ukuran kecil/sedang, iris memanjang

Cara Membuat:
1. Goreng ayam sampai setengah matang, angkat dan sisihkan.
2. Tumis bumbu iris sampai layu, beri kecap inggris, saus tomat, kecap manis dan gula merah.
3. Masukkan ayam, beri air untuk meresapkannya, aduk rata. Tutup, masak sampai ayam matang. Cek rasa, beri garam sesuai selera. Angkat dan sajikan.

5 dari 5 halaman

Deretan Jajanan Taiwan yang Digandrungi di Indonesia

Dream - Mulai banyak jajanan dari negeri tetangga yang masuk ke Indonesia dan diterima dengan baik. Rasanya yang nikmat tentu saja jadi daya tarik yang sulit ditolak.

Taiwan, jadi salah satu negara yang kini jajanannya mampu menaklukan lidah orang Indonesia. Negara yang dikenal dengan serial Meteor Garden ini punya banyak sekali sekali sajian nikmat.

Berikut empat jajanan Taiwan yang sangat laris di Indonesia, rekomendasi Pergikuliner.com:

Minuman Bubble

Minuman bubble yang sempat menjadi tren di dunia perkulineran bahkan hingga hari ini merupakan salah satu kuliner yang berasal dari negara Taiwan.

Topping bubble atau yang sering disebut dengan boba asal Taiwan disebut-sebut yang paling legit.

  Boba Taiwan

Di Taiwan kamu bisa menemukan ratusan bahkan ribuan toko yang menjual minuman bubble tea ini.

Salah satunya yang sedang hits di Jakarta saat ini adalah Xing Fu Tang yang baru membuka gerai pertamanya di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat.

Sandwich Taiwan

Kuliner asal Taiwan satu ini memang sekilas mirip seperti sandwich. Bagian luarnya bukan menggunakan roti biasa, tapi prata.

  Liang Sandwich

 

Isian di dalamnya pun terdiri dari daun bawang, keju, ayam, ham, telur dan juga saus spesial. Kuliner satu ini diperkenalkan oleh Liang Sandwich Bar, yang saat ini sudah mempunyai beberapa cabang di Jakarta dan Surabaya.

Large Fried Chicken

Large Fried Chicken merupakan ayam goreng yang memiliki ukuran sebesar kepalaorang dewasa yang merupakan jajanan khas Taiwan. Ukuran ayam ini tergolong sangat besar yaitu mencapai panjang 30 cm.

Pelanggan dapat menikmati ayam goreng ini dengan menambahkan berbagai macam bumbu seperti garam, merica, serta lumput laut pedas.

  Shihlin

Di Taiwan sendiri kamu bisa menemukan kuliner satu ini di deretan jajanan pinggir jalan. Sedangkan di Indonesia, ada beberapa gerai makanan yang menyajikan menu large fried chicken khas Taiwan ini, salah satunya yaitu Shihlin.

 

Giant Squid

Giant squd bukanlah cumi-cumi biasa. Makanan laut yang disajikan di jajanan kaki lima khas Taiwan ini punya ukuran yang super besar dan tentu saja mengenyangkan.

  Giant Squid

Satu porsi cumi goreng raksasa ini bisa dinikmati oleh dua orang. Untuk menikmati sajian satu ini kamu tak perlu jauh-jauh ke Taiwan. Kini ada di Indonesia, salah satu gerai yang menyediakannya adalah Master Squid.

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian