Kupas Kulit Tomat Antiribet, Segera Coba!

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 8 April 2021 07:48
Kupas Kulit Tomat Antiribet, Segera Coba!
Kulit tomat bertekstur keras. Jika diolah, akan merusak tekstur saus serta rasanya.

Dream – Membuat saus dari tomat asli pastinya jadi kepuasan tersendiri. Biasanya, saus tomat digunakan untuk sup, pasta, atau campuran bumbu. Untuk membuat saus tomat yang segar dan nikmat, kulitnya harus dikupas.

Kulit tomat bertekstur keras. Jika diolah, akan merusak tekstur saus serta rasanya. Untuk itu akan lebih baik jika kulit tomat dikupas sebelum diolah menjadi saus. Untuk mengupas kulit, memang menyita waktu.

Tahukah Sahabat Dream ada cara praktis mengupas kulit tomat tanpa perlu menggunakan pisau? Tiru saja cara seorang food blogger. Lewat akun Instagram @jaxfoodhax, ia membagikan cara mudah dan cepat mengupas kulit tomat hanya dengan waktu 5 menit.

Dalam tautan video tersebut, terlihat food blogger ini mengupas kulit tomat dengan sangat mudah. Hanya dengan memanaskannya di dalam wajan panas berisikan minyak zaitun.

 

1 dari 8 halaman

Lihat Caranya

Pertama iris tomat menjadi dua bagian, lalu tuangkan minyak zaitun ke dalam wajan dan biarkan menghangat dengan api sedang. Setelah minyak panas, dia memasukkan tomat yang telah dipotong tadi dan menutup wajan.

Biarkan tomat memanas di dalam wajan selama 5 menit saja, kemudian ketika membuka tutup wajan. Langsung saja, angkat kulit tomat yang bisa dengan mudah dikelupas hanya dengan jari. Ini caranya.

      View this post on Instagram

A post shared by Jax Food Hax | #jfhx (@jaxfoodhax)

Laporan: Josephine Widya

2 dari 8 halaman

Bikin Saus dari Tomat Asli Yuk, Rasanya Lebih Kaya

Dream - Saus tomat bisa dijadikan beragam hidangan, seperti spageti, lasagna atau jadi campuran tumisan ayam atau daging. Perpaduan rasa asam dan kesegarannya bisa memperkaya rasa.

Untuk lebih praktis, banyak orang menggunakan saus tomat botol atau kalengan. Sebenarnya, saus tomat bisa dibuat sendiri dan sangat mudah. Kita bisa menggunakannya kapan pun. Simpan saja di kulkas dalam wadah tertutup.

Bikin Saus dari Tomat Asli Yuk, Rasanya Lebih Kaya© MEN

Ingin membuat saus tomat sendiri di rumah? Caranya sangat mudah. Simak tahapan membuatnya.

Bahan:
- 500 gram tomat, pilih yang ukuran besar
- 2 sendok makan minyak zaitun
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 1 buah bawang bombay iris halus
- Garam secukupnya
- Lada secukupnya

 

3 dari 8 halaman

Cara membuat:

Saus Tomat Berawal dari Obat Sakit Perut© MEN

- Rebus tomat, sampai matang dan kulitnya mudah dikelupas. Untuk mempermudah, siapkan wadah berisi es dan taruh tomat panas di dalam wadah yang dingin
- Kupas kulit tomat yang kasar dan potong tomat kecil-kecil. Jika ingin bertekstur lebih halus, bisa dihaluskan menggunakan blender. Sisihkan
- Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu
- Masukkan puree tomat dan masak dengan api kecil selama sekitar 30 menit hingga 60 menit tergantung selera. Masak sebentar akan menghasilkan saus yang encer, dan jika lebih lama akan membuat saus yang kental
- Saus pun siap digunakan untuk beragam masakan

Untuk penyimpanan, sebaiknya taruh dalam wadah kaca yang ditutup rapat. Masukkan ke kulkas jika suhunya sudah dingin dan tutup. Gunakan saja seperlunya dan masukkan kembali ke kulkas agar saus lebih tahan lama.

Selamat mencoba!

Sumber: Simply Recipes

4 dari 8 halaman

Deretan Tomat Terbaik di Dunia, Rasanya Begitu 'Mewah'

Dream - Tomat merupakan bahan masakan yang wajib ada di dapur. Rasanya yang merupakan perpaduan manis dan asam, membuat hidangan jadi lebih segar. Tak hanya itu, tomat juga bisa diolah menjadi minuman.

Sahabat Dream penyuka tomat? Tahukah kalau ternyata ada varian tomat terbaik di dunia. All-America Selections, sebuah organisasi eksperimen tanaman Amerika, mengumumkan tujuh jenis tomat terbaik.

Ketujuh jenis tomat tersebut telah ditanam dengan jenis tomat-tomatan lainnya dari seluruh dunia, dan berhasil memenangkan penghargaan. Tomat apa saja? Yuk, simak.

1. Apple Yellow

Tomat Apple Yellow© All-America Selections

Foto: courtesy of All-America Selections

Tomat super imut ini tampak seperti apel kuning kecil yang tumbuh di pohon anggur. Juri sangat terkesan dengan rasanya yang manis, sesuai dengan tampilan buahnya.
Apple Yellow akan matang saat usia 110 hingga 120 hari, tergantung bagaimana cara menanamnya, yaitu dengan biji atau transplantasi, dan itu bisa berubah-ubah tergantung kondisi.

Ketika ditanam di bawah sinar matahari penuh, tanaman dapat mencapai ketinggian sekitar enam kaki dan menghasilkan hingga 1.000 tomat. Jenis Apple Yellow dikembangkan oleh Gana Seed Co, Ltd. di Korea, dan benihnya belum tersedia secara masif.

 

5 dari 8 halaman

2. Celano

Celano© courtesy of All-America Selections

(courtesy of All-America Selections)

Bagi pecinta tomat anggur, Celano adalah salah satu jenis tomat baru terbaik yang bisa ditanam. Tomat ini sangat cocok untuk tumbuh di dalam wadah, di bawah paparan sinar matahari yang ada di teras, meskipun akan lebih baik jika memiliki area tersendiri.

Celano dapat mencapai kematangan hanya dalam 60 hingga 70 hari sejak ditanam dan mencapai ketinggian sekitar tiga kaki. Para juri mencatat bahwa jenis ini menunjukkan ketahanan yang sangat baik dan tidak cepat busuk. Dibandingkan dengan jenis tomat anggur lainnya, Celano memiliki rasa yang lebih manis dan hasil keseluruhan yang lebih baik.

 

6 dari 8 halaman

3. Buffalosun

Menurut juri, Buffalosun memiliki rasa manis dan tekstur yang lebih baik daripada jenis tomat populer lainnya, yang kadang-kadang sedikit lembek. Tomat buffalosun adalah kombinasi warna kuning, oranye, dan merah. Estimasi kematangan dalam 70 (untuk transplantasi) hari hingga 110 hari (untuk biji), dan akan menghasilkan sekitar 15 buah pertanaman.

Buffalosun© courtesy of All America Selections

(Foto: courtesy of All America Selections)

Tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh dengan pasak, dengan tinggi mencapai hingga enam kaki. Buffalosun terus menghasilkan lebih banyak buah sepanjang musim (sebuah tomat besar biasanya memiliki berat lebih dari satu pon), bahkan setelah jenis lain berhenti menghasilkan tomat baru. Tomat ini berasal dari Prancis.

 

7 dari 8 halaman

4. Chef Choice Bicolor

Tomat Chef's Choice Bicolor memiliki rasa manis dan sedikit gurih dan tekstur yang halus. Tampilan tomat ini sangat menarik, berwarna kuning-oranye yang tahan retak meskipun kulitnya tipis.

Choice Bicolor© courtesy of All America Selections

(courtesy of All America Selections)

Satu tanaman dapat menghasilkan sekitar 30 buah, biasanya masing-masing berbobot sekitar setengah pon. Biasanya tomat jenis ini matang dalam waktu sekitar 75 hari, tetapi dapat terus menghasilkan tomat baru hingga September.

 

8 dari 8 halaman

5. Crokini

Menghasilkan hingga 300 tomat ceri merah, Crokini mendapat skor tinggi untuk hasil yang mengesankan serta rasa manis, sedikit asam dan tekstur renyah yang kuat dari setiap buah. Jenis ini karena tahan terhadap penyakit busuk dan retak sepanjang musim tanam.

Crokini© courtesy of All America Selections

(courtesy of All America Selections)

Tomat ini memiliki estimasi panen dalam waktu 60 (untuk transplantasi) hingga 105 hari (untuk benih). Di bawah sinar matahari penuh, tanaman dapat mencapai enam kaki. Tomat crokini dikembangkan di Prancis.

 

Beri Komentar