Kurma dan Madu, Kombinasi Terbaik Jaga Kesehatan Saat Ramadan

Reporter : Ayu Siti Rachma
Senin, 28 Mei 2018 00:01
Kurma dan Madu, Kombinasi Terbaik Jaga Kesehatan Saat Ramadan
Pasalnya, madu dan kurma memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dream - Sejak zaman Rasulullah, para sahabat telah dianjurkan untuk rutin mengonsumsi madu dan kurma, terlebih ketika Ramadan tiba. Pasalnya, madu dan kurma memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, anjuran untuk mengonsumsi madu dan kurma juga tertulis dalam firman Allah dalam Al-Qur'an dan juga hadist. Yuk simak, kenapa kombinasi madu dan kurma sangat baik untuk jaga kesehatan saat Ramadan.

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalam terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi yang memikirkan.” (Qs. An-Nahl: 69).

Madu merupakan obat yang menyembuhkan manusia yang telah dijelaskan pada firman Allah dalam Al-Qur'an surah an-Nahl ayat 69. Khasiat madu juga telah dikaji oleh ilmuan muslim, Ibnu Sina yang merupakan bapak kedokteran pada masa itu (890-1037). Menurutnya, madu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gangguan lambung, diare, diabetes, anemia dan masih banyak yang lainnya. Madu juga kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang dapat menutrisi tubuh serta meningkatkan sistem imun.

Madu

©pexels

Mengonsumsi madu saat berpuasa bisa memberikan banyak manfaat, seperti mensuplai kalori saat seharian menahan lapar dan dahaga, memberikan sumber energi, melindungi tubuh dari penyakit hingga memberikan pasokan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa. Sehingga, kamu nggak perlu takut lemas saat beraktivitas di bulan puasa.

Kombinasi yang paling pas selain mengonsumsi madu adalah kurma. Dalam hadist HR At-Tirmidzi, Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan kurma karena memiliki rasa yang manis. Sesuatu yang manis dapat menguatkan yang lemah saat berpuasa. Diriwayatkan jika Rasulullah biasa berbuka dengan kurma sebelum melaksanakan shalat.

Kurma

Kebiasaan dari Rasulullah ini pun mengandung hikmah yang sangat mendalam. Saat berpuasa, lambung dalam keadaan kosong dan sulit menerima jenis makanan lain untuk langsung diproses menjadi energi. Sedangkan zat yang terdapat pada kurma begitu mudah sampai ke liver, nyaman di lambung serta cepat bertransformasi menjadi energi setelah dikonsumsi. Sehingga, kamu bisa langsung melanjutkan rangkaian ibadah dan kegiatan positif lainnya setelah berbuka.

Madurasa

©instagram/madurasa.id

Kombinasi kedua bahan alami dari alam ini merupakan sajian terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa di bulan Ramadan. Makin menyenangkan karena manfaat dari kurma dan madu sekarang bisa didapat dari Madurasa Kurma. Cara penyajiannya bisa langsung diminum saat berbuka dan sahur atau dicampur air untuk ta'jil. Mana nih yang paling kamu suka?

Madurasa Kurma merupakan satu-satunya produsen Madu di Indonesia dengan sertifikat ISO 9001:2015 (Quality Management), ISO 22000:2005 (Food Safety), Good Manufacturing Practices, Halal (MUI), dan Top Brand. Sehingga, nggak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Berbagai manfaat kesehatan madu dan kurma yang dianjurkan oleh Rasul pun bisa kamu dapatkan langsung di Madurasa Kurma. Yuk rasakan sendiri manfaat sehatnya agar puasa lancar terus! Madurasa Kurma langsung bisa kamu pesan lewat Tokopedia atau minimarket terdekat. Info lengkap klik di sini atau kunjungi Youtube Channel Madurasa. Selamat berpuasa!

Beri Komentar