Mandu, Pangsit Gendut Menggoda khas Korea Selatan

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 23 September 2021 06:48
Mandu, Pangsit Gendut Menggoda khas Korea Selatan
Ada yang dikukus, digoreng atau dicampur dengan kuah.

Dream – Salah satu hidangan di Asia yang memiliki kemiripan, dan kental dengan pengaruh budaya oriental adalah pangsit. Di Indonesia, versi pangsit dan isiannya begitu beragam

Ada yang digoreng, direbus, atau dikukus. Isi pangsit biasanya berupa campuran ayam cincang, udang atau daging dengan beragam bumbu dan sayur, kemudia dibalut dengan kulit.

Korea Selatan juga memiliki menu pangsit, yang disebut Mandu. Sangat mirip dengan dimsum tapi tentu rasanya berbeda karena menggunakan bumbu khas Korea untuk membuatnya.

Isian Mandu Korea adalah campuran sayur-sayuran seperti kubis napa, kimchi, jamur, daun bawang dan daging sapi giling serta udang. Variasinya juga sangat banyak.

 

1 dari 5 halaman

Ada Manduguk, yaitu Mandu yang direbus dalam sup, lalu Jjinmandu, dan Pyunsoo. Ada juga mandu kreasi dari Kerajaan antara lain Byeongsi, yaitu mandu berbentuk setengah bulan tanpa lipatan, dan Gyuasang yang berbentuk seperti teripang.

Mandu Korea© Shutterstock

Dulu, Mandu di Korea Selatan hanya disajikan saat upacara leluhur, pesta besar, menyambut musim dingin, ataupun hari-hari besar lainnya. Saat di era modern sekarang, mandu bisa dibuat kapan saja dan biasanya disantap bersama keluarga.

Penasaran mencicipi Mandu, Sahabat Dream? Bila ingin menyantapnya, pastikan dulu Mandu yang disajikan terbuat dari bahan yang halal. Pasalnya, Mandu asli Korea mengandung bahan yang tak halal.


Laporan Delfina Rahmadhani/ KpopstarzBibigo

2 dari 5 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

 

 

3 dari 5 halaman

Deretan Makanan Pedas Korea Menantang Lidah, Sudah Coba?

Dream – Beberapa hidangan khas Korea Selatan memiliki cita rasa yang pedas. Hal inilah yang membuat makanan asal negeri ginseng itu cukup disukai di lidah Indonesia, karena sama-sama penyuka pedas.

Bagi Sahabat Dream yang suka menantang lidah dengan menu-menu Korea yang pedas, harus mencoba hidangan berikut ini. Saat pandemi, kita memang tak bisa langsung ke Korea untuk mencicipinya.

Tak perlu khawatir, di dalam negeri banyak resto dan kedai yang menyajikan beragam hidangan Korea. Menu berikut bisa jadi pilihan utama jika kamu termasuk penggila makanan pedas.

1. Buldak

Buldak© Shutterstock

Merupakan ayam goreng tepung khas Korea dengan saos barbekyu gurih lalu dilumuri saus cabai super pedas di atasnya. Biasanya jadi santapan camilan saat berkumpul bersama teman atau kerabat. Buldak sering dikombinasikan dengan minuman dingin. Kombinasi keduanya memiliki sebutan tersendiri di Korea, yaitu Chimaek.

2. Tteokbokki
Camilan ini sudah cukup poupuler di Indonesia. Terbuat dari tepung beras, dan dimasak dengan bumbu gochujang, bumbu yang menyatukan rasa manis dan pedas. Perpaduan pedas manis ini yang bakal bikin kamu ketagihan.

 

 

4 dari 5 halaman

3. Abiko Curry

Abiko Curry© Shutterstock

Menu satu ini merupakan 'perkawinan' Korea dan Jepang. Berupa mi tebal dengan kuah kari yang bisa membuat lidah membara tapi sangat nikmat.

4. Nakji Bokkeum
Berupa olahan gurita goreng yang ditumis dengan cabai merah, juga cocok untuk kamu pecinta pedas. Nakji biasanya disajikan dengan nasi dan minyak wijen yang bisa meredakan pedas.

 

5 dari 5 halaman

5. Jjamppong

Resep Jjampong, Mi Kuah Pedas Seafood ala Korea© MEN


Menu ini berupa mi dengan saus cokelat kaya bumbu yang direbus kaldu. Perpaduan kaldu Korea, Cina, Vietnam, dan India. Citarasanya sangat pedas.

6. Maeun Galbijjim

Resep Semur Iga 'Galbi Jjim' Khas Korea, Bikin Nagih!© MEN


Merupakan olahan iga sapi yang disajikan dengan saus manis dan gurih. Ada juga restoran yang menyajikan iga dengan saus pedas. Saking pedasnya, satu gigitan saja mampu membuat lidah terbakar.


Laporan : Delfina Rahmadhani/ Sumber Lotteplaza

Beri Komentar