7 Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Mimisan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 15 Agustus 2022 12:45
7 Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Mimisan
Meski dianggap sebagai gulma, namun manfaat akar alang-alang sangatlah istimewa.

Dream – Alang-alang menjadi salah satu tanaman yang sudah banyak dimanfaatkan, terutama sebagai obat tradisional. Meski begitu, tanaman ini kerap dianggap sebagai pengganggu atau gulma dengan bentuknya yang seperti semak-semak.

Bagian dari tanaman ini yang kerap dijadikan sebagai obat herbal adalah akarnya. Saat ini sebenarnya mudah sekali untuk menemukan akar alang-alang yang dijual. Baik di pasar tradisional maupun di supermarket dalam kondisi sudah dibersihkan dan dijual per ikat.

Meski dianggap sebagai gulma, manfaat akar alang-alang tidak bisa dianggap remeh lho, sahabat Dream. Kamu bisa menggunakannya untuk mengobati penyakit seperti panas dalam, mimisan, hingga hipertensi.

Hal ini tentunya karena didukung oleh beberapa kandungan yang ada dalam akar alang-alang. Misalnya saja senyawa glukosa, mannitol, citric acid, alkali, logam kersik, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat akar alang-alang untuk kesehatan, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan© Freepik.com

Menyehatkan Jantung

Manfaat akar alang-alang yang pertama adalah bisa menyehatkan jantung. Mengingat bahwa jantung adalah organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Agar proses memompa darah bisa selalu lancar, maka kesehatan jantung haruslah diperhatikan dengan baik, yakni dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Sahabat Dream juga bisa mengonsumsi akar alang-alang sebagai upaya menyehatkan jantung. Akar alang-alang memiliki kandungan berupa imperanene dan graminone B. Kedua kandungan itulah yang ampuh dalam menghambat pembekuan sel darah dan mencegah penyempitan pembuluh aorta di jantung. Untuk mendapatkan manfaatnya, sahabat Dream bisa merebus akar alang-alang. Kemudian saring dan ambil airnya untuk diminum.

Mengatasi Diare

Manfaat akar alang-alang juga bisa untuk mengatasi diare. Baik itu yang dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Diare menjadi kondisi yang membuat seseorang harus bolak-balik ke kamar mandi. Sehingga, hal ini cukup mengganggu aktivitas seseorang sehari-hari.

Untuk mendapatkan manfaatnya, sahabat Dream hanya perlu menyediakan 250 gram akar alang-alang dan merebusnya dengan 2 gelas air selama 15 menit. Lalu saring dan ambil airnya untuk diminum. Sahabat Dream dianjurkan untuk meminumnya satu gelas setelah buang air besar.

2 dari 3 halaman

Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan© Freepik.com

Mengatasi Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi menjadi kondisi yang berbahaya jika tidak segera diatasi. Karena hal ini mampu memicu penyakit serius lainnya bagi tubuh. Oleh karena itu, penting sekali agar setiap orang selalu memerhatikan tekanan darahnya selalu stabil. Nah, salah satu cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi akar alang-alang.

Akar alang-alang memiliki kandungan berupa zat aktif yang ampuh mengatasi kolesterol serta lemak yang menjadi penyebab darah tinggi. Usahakan untuk mengonsumsi air dari rebusan akar alang-alang secara teratur demi menurunkan tekanan darah. Selain itu, hindari juga makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi, seperti garam yang berlebih, udang, dan melinjo.

Mengatasi Kencing Manis

Manfaat akar alang-alang yang tak kalah istimewa adalah bisa mengatasi kencing manis. Kencing manis disebut juga dengan penyakit diabetes melitus yang diakibatkan oleh kadar gula yang tinggi di dalam darah. Sahabat Dream bisa mengatasi penyakit ini secara tradisional dengan menggunakan akar alang-alang.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menyediakan 100 gram akar alang-alang yang masih segar dan sudah dicuci bersih. Lalu potong dadu dan rebus bersamaan dengan dua gelar air. Jika sudah mendidih, tuangkan ke gelas dan minumlah airnya saat masih hangat. Untuk meredakan menyakit kencing manis, dianjurkan agar diminum sebanyak dua kali sehari secara rutin.

3 dari 3 halaman

Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan© Freepik.com

Mengobati Panas Dalam

Manfaat akar alang-alang berikutnya adalah mengobati panas dalam. Tak mengherankan jika sahabat Dream membeli minuman penghilang panas dalam, biasanya salah satu bahan yang digunakan adalah alang-alang. Penggunaan akar alang-alang adalah sebagai obat alami untuk menyembuhkan panas dalam yang membuat tidak nyaman.

Jadi, jika sahabat Dream atau ada seseorang yang mengalami panas dalam, cobalah untuk mengonsumsi akar alang-alang. Mudah-mudahan penyakit tersebut bisa segera sembuh.

Mengobati Asma

Apakah di antara sahabat Dream ada yang menderita penyakit asma? Kamu bisa mengobatinya secara alami dengan menggunakan akar alang-alang. Untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang ini, kamu hanya perlu menyediakan 100 gram akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur.

Ketiga bahan tersebut direbus sampai mendidih dengan 200 ml air. Jika sudah mendidih, saringlah airnya dan minum secara rutin untuk menghentikan asma. Sahabat Dream juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita asma, agar penyakit tersebut tidak kambuh secara sering.

Mengatasi Mimisan

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja. Mimisan biasanya ditandai dengan keluarnya darah dari hidung. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, misalnya saja karena terlalu kelelahan. Umumnya orang menggunakan daun sirih untuk mengatasi mimisan. Namun, sahabat Dream bisa juga dengan menggunakan akar alang-alang.

Kamu hanya perlu menyediakan akar alang-alang dan mencucinya sampai bersih. Lalu tumbuk sampai memar dan mengeluarkan air. Kemudian peras sampai hanya tersisa airnya dan bisa langsung kamu minum air dari sari akar alang-alang tersebut.

Beri Komentar