7 Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan, Tangkal Radikal Bebas hingga Jaga Kesehatan Otak

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 11 Agustus 2022 06:13
7 Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan, Tangkal Radikal Bebas hingga Jaga Kesehatan Otak
Kurma ajwa bisa membuat seseorang kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk diet.

Dream – Sahabat Dream tentu pernah mendengar tentang kurma ajwa bukan? Bahkan mungkin sahabat Dream pernah mengonsumsinya. Ya, kurma jenis ajwa memang cukup populer. Apalagi jika musim haji, biasanya orang-orang yang pulang haji membawakan oleh-oleh yang salah satunya adalah kurma ajwa. Kurma ajwa sendiri disebut juga dengan kurma nabi.

Jika kurma pada umumnya berwarna coklat, kurma ajwa memiliki warna hitam dengan rasa yang manis. Hal tersebut karena kurma ajwa memiliki kandungan berupa sukrosa dan fruktosa. Tapi tenang, rasa manis yang dihasilkan pastinya alami ya, sahabat Dream.

Selain memiliki rasa yang enak, manfaat kurma ajwa juga tidak bisa diremehkan begitu saja. Kurma jenis ini kaya akan nutrisi, seperti zat besi, folat, kalsium, vitamin K, dan antioksidan. Karena kandungan-kandungan yang baik itulah, kurma ajwa cocok sekali untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa yang menyehatkan dan mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena berpuasa.

Untuk mengetahui apa saja manfaat kurma ajwa bagi kesehatan, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan© Pixabay.com

Melindungi Sel Tubuh dari Radikal Bebas

Manfaat kurma ajwa yang pertama adalah bisa melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Menyadari bahwa paparan radikal bebas sangatlah berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa memicu hadirnya penyakit yang berbahaya, seperti kanker. Kurma ajwa sendiri memiliki kandungan berupa serat dan antioksidan. Kandungan itulah yang ampuh dalam melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Keberadaan antioksidan mampu berperan dalam membantu sel-sel untuk meregenerasi sel yang rusak. Dengan begitu bisa mencegah hadirnya penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat kurma ajwa berikutnya adalah bisa menurunkan risiko diabetes. Diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya dan membutuhkan pengobatan dengan baik. Selain itu, dari segi makanan juga harus diperhatikan dengan sangat ketat, apalagi makanan maupun minuman yang manis-manis.

Meskipun kurma ajwa memiliki rasa yang manis, namun hal tersebut aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena manis dari kurma ajwa memiliki rasa manis yang alami. Selain itu juga karena adanya kandungan serat tak larut yang bisa dicerna secara lambat. Sehingga tubuh bisa mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan© Unsplash.com

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pencernaan menjadi salah satu bagian penting di dalam tubuh. Di mana makanan yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan melalui saluran pencernaan. Oleh karena itu, kelancaran dari saluran pencernaan haruslah dalam kondisi yang baik. Hal ini didukung dari asupan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, terutama serat.

Nah, kurma ajwa mengandung serat tidak larut. Serat jenis inilah yang bisa membantu untuk memadatkan feses dan membuat pencernaan menjadi lancar. Dengan begitu, orang yang mengonsumsi kurma ajwa bisa terhindar dari diare dan sembelit.

Menurunkan Berat Badan

Bagi sahabat Dream yang sedang berusaha menurunkan berat badan, tentunya harus menghindari makanan maupun minuman yang manis-manis. Namun, tidak untuk kurma ajwa ini. Walaupun memiliki rasa yang manis, namun manisnya bukan berasal dari tambahan gula. Jadi aman untuk dikonsumsi oleh kamu yang sedang menurunkan berat badan. Bahkan mengonsumsi kurma ajwa bisa membuatmu kenyang dalam waktu yang lama.

Kandungan serat tak larut dalam kurma ajwa bisa memudahkan saat sedang buang air besar. Oleh karena itulah, kurma ajwa baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Ajwa untuk Kesehatan© Freepik.com

Mencegah Osteoporosis

Manfaat kurma ajwa yang tak kalah istimewa adalah bisa mencegah dari tulang keropos atau osteoporosis. Hal ini karena kurma ajwa mengandung mangan, tembaga, selenium, dan magnesium yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa dalam kurma ajwa ini ada empat nutrisi yang bisa membuat seseorang terhindar dari osteoporosis. Selain itu, dengan mengonsumsi kurma ajwa juga bisa membuat persendian menjadi lebih kuat.

Memberikan Cairan bagi Tubuh

Manfaat kurma ajwa lainnya adalah bisa memberikan cairan bagi tubuh. Hal ini karena kurma ajwa memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Di mana itu bisa membuat kadar gula di dalam tubuh mengalami peningkatan setelah kamu konsumsi.

Oleh karena itu, kurma ajwa sangat baik dikonsumsi oleh orang yang berbuka puasa. Menyadari bahwa saat berpuasa, seseorang kehilangan banyak cairan. Sehingga alangkah lebih baik untuk mengisi cairan kembali adalah dengan mengonsumsi kurma ajwa saat berbuka.

Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat kurma ajwa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Di mana kurma ajwa sendiri memiliki kandungan antioksidan yang ampuh dalam menangkal radikal bebas yang memicu penyakit berbahaya.

Bahkan manfaat ini telah dilakukan penelitian oleh Neural Degeneration Research tahun 2016 lalu yang membuktikan bahwa produksi protein pada kurma bisa menghambat pertumbuhan peradangan interleukin 6 (IL – 6) di otak.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More