Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Manfaat Makan Telur Rebus, Susutkan Berat Badan sampai Menyehatkan Kulit

10 Manfaat Makan Telur Rebus, Susutkan Berat Badan sampai Menyehatkan Kulit Manfaat Makan Telur Rebus (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Bahan makanan yang paling mudah dijumpai dan diolah adalah telur. Sahabat Dream bisa mengolah telur menjadi hidangan apa saja atau dicampurkan pada berbagai makanan. Selain sebagai bahan makanan, mereka yang rajin mengonsumsi sumber protein ini akan mendapat banyak manfaat makan telur.

Seperti dikutip dari hellosehat.com, kandungan putih telur memiliki sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Sedangkan kuning telurnya mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral. Dengan berbagai kandungan tersebut, telur menjadi bahan makanan yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh.

Salah satu hidangan telur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah telur rebus. Biasanya telur rebus dikonsumsi pada pagi hari sebagai menu sarapan yang sehat. Bahkan sebagian besar atlet menerapkan menu makanan ini untuk mendapatkan manfaat makan telur berupa stamina yang terjaga lebih baik. Tentunya dengan jumlah yang secukupnya. Oleh karena itu, manfaat makan telur rebus tidak bisa diremehkan begitu saja.

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja manfaat makan telur rebus bagi kesehatan, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

Manfaat Makan Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat makan telur rebus yang pertama adalah bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Hal ini karena telur memiliki kandungan protein dan lemak yang sangat baik. Dengan mengonsumsi telur rebus, maka bisa membuatmu kenyang tanpa banyak kalori yang masuk ke tubuh. Sahabat Dream bisa mengonsumsi dua butir telur rebus dan secangkir sayuran yang hanya memiliki sekitar 274 kalori.

Meningkatkan Metabolisme

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, hal ini ampuh untuk meningkatkan matabolisme tubuh dari proses efek termis makanan. Di mana karena tubuh membutuhkan kalori secara ekstra untuk bisa mencerna serta mengolah nutrisi di dalam makanan.

Nah, makanan yang memiliki sumber protein itu adalah telur rebus. Sahabat Dream bisa mengonsumsi telur rebus yang mampu membakar kalori dalam jumlah banyak dibandingkan mengonsumsi karbohidrat maupun lemak. Inilah yang kemudian bisa memberikan meningkatkan terjadinya metabolisme di tubuh.

Menambah Energi

Manfaat makan telur rebus selanjutnya adalah bisa menambah energi. Apalagi jika hidangan ini dikonsumsi pada pagi hari untuk sarapan. Energi yang didapat dari telur rebus ini karena adanya kandungan berupa vitamin A, vitamin B 12, dan selenium yang menjadi sumber nutrisi untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa menjadi lebih sehat dan kuat.

Manfaat Makan Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Sumber Kolin yang Baik

Telur rebus adalah sumber kolin yang baik untuk tubuh. Di mana kolin sendiri adalah nutrisi yang mengatur otak, sistem saraf, dan kesehatan kardiovaskular. Inilah yang bisa menjaga struktur membran sel otak untuk menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot. Selain itu, telur rebus juga sangat bermanfaat untuk perempuan yang sedang mengandung dengan cara memengaruhi perkembangan otak janin serta mencegah bayi lahir cacat.

Meningkatkan Massa Otot

Seperti diketahui sebelumnya bahwa telur mengandung protein yang sangat baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi telur rebus, hal ini mampu untuk meningkatkan massa otot serta membantu kerja otot. Dalam satu butir telur rebus yang berukuran besar, terdapat enam gram protein. Di mana di dalamnya terdiri dari asam amino yang sangat penting untuk tubuh dengan jumlah yang sesuai. Nah, bagi sahabat Dream yang sedang berusaha untuk meningkatkan massa otot, maka bisa menjadikan telur rebus sebagai menu makanannya.

Menjaga Kesehatan Mata

Mata menjadi salah satu organ yang sangat penting. Dengan mata, maka setiap orang bisa beraktivitas dengan lebih mudah serta bisa menikmati pemandangan yang diciptakan Tuhan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi telur rebus.

Di mana telur rebus memiliki kandungan berupa zeaxanthin yang jumlahnya lebih banyak daripada sayuran. Jadi, makanan ini ampuh untuk mencegah dari degenerasi pada makula serta menurunkan risiko penyakit katarak.

Manfaat Makan Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Makan Telur Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah Penyakit Jantung

Jantung adalah organ vital yang harus selalu dijaga kesehatannya. Baik itu dengan menjaga pola makan, istirahat, hingga olahraga. Salah satu cara untuk mencegah dari penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi telur rebus. Hal ini karena telur rebus mengandung lemak baik uang bisa menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Sehingga bisa mencegah dari penyakit jantung.

Manfaat makan telur rebus untuk mencegah penyakit jantung ini juga karena adanya kandungan omega 3 yang ampuh menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang memiliki hubungan dengan penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Kanker

Tak hanya penyakit jantung saja yang berbahaya dan bisa merenggut nyawa. Penyakit kanker pun juga sama berbahayanya. Nah, dengan mengonsumsi telur rebus mampu untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Di mana dalam telur rebus terkandung senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Usahakan untuk mengonsumsi telur rebus secara rutin agar bisa menurunkan risiko terkena kanker.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Bagi seorang perempuan, rambut adalah mahkota yang harus selalu dijaga kesehatannya. Begitu pun bagi lak-laki, rambut juga menjadi pendukung penampilannya. Dengan memiliki rambut yang sehat, maka hal ini akan membuatmu lebih percaya diri.

Nah, salah satu manfaat makan telur rebus adalah bisa menjaga kesehatan rambut dan kuku. Hal ini karena di dalam telur rebus terkandung belerang dalam jumlah yang cukup tinggi, serta menjadi sumber vitamin D. Selain itu, ada juga kandungan mineral dan antioksidan yang membantu dalam pertumbuhan rambut dan kuku yang lebih sehat.

Menutrisi Kulit

Manfaat makan telur rebus selanjutnya adalah menutrisi kulit. Nah, ini menjadi makanan yang cocok untuk kamu yang ingin memiliki kulit sehat. Bahkan telur rebus juga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan tubuh. Mengingat kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang kerap terpapar oleh benda-benda asing seperti debu dan bakteri. Sehingga penting sekali untuk selalu menjaga kesehatannya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Cara Terbaik Mengkonsumsinya

Pisang merupakan buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

10 Makanan yang Paling Efektif untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh merupakan hal yang penting. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Baca Selengkapnya
3 Resep Menu Buka Puasa dengan 3 Bahan,  Enak dan Bebas Ribet

3 Resep Menu Buka Puasa dengan 3 Bahan, Enak dan Bebas Ribet

Tak perlu khawatir dengan kekurangan bahan atau waktu yang sempit, karena ada beberapa resep menu buka puasa yang sederhana namun tetap lezat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Makan Keju? Intip 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Keju tidak hanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih gurih. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan setelah menyantapnya.

Baca Selengkapnya
Deretan Manfaat Rebusan Serai yang Baik untuk Tubuh Hingga Lawan Kanker

Deretan Manfaat Rebusan Serai yang Baik untuk Tubuh Hingga Lawan Kanker

Daun serai yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Baca Selengkapnya
Resep Es Teler Alpukat Nangka, Buka Puasa Jadi Lebih Segar

Resep Es Teler Alpukat Nangka, Buka Puasa Jadi Lebih Segar

Minuman segar ini terdiri dari campuran buah-buahan segar yang disajikan dengan kuah santan dan susu kental manis yang lembut serta lezat.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

Sahabat Dream pernah gak sih mengalami kejadian kaya ini? Kira-kira apa yang akan kalian lakukan?

Baca Selengkapnya