Menelusuri Jajanan Khas Sungai Musi

Reporter : Ayik
Rabu, 4 Maret 2015 20:29
Menelusuri Jajanan Khas Sungai Musi
Tentu tidak akan melewatkan wisata kuliner seperti lezatnya tempoyak, lempok, brengkes patin.

Dream - Indonesia terkena dengan cita rasa dan warisan kuliner yang begitu banyak. Hampir di setiap daerah memiliki ciri khas kuliner masing-masing. Meski ada beberapa menu yang sama, misalnya saja soto.

Tentu masing-masing kota memiliki panganan satu ini, ada saja perbedaan yang terlihat entah dari segi kuahnya, bahan utamanya hingga penamaannya.

Kali ini bila Anda mengunjungi daerah Sumatera Selatan khususnya di sepanjang sungai Musi, Palembang. Tentu tidak akan melewatkan wisata kuliner seperti lezatnya tempoyak, lempok, brengkes patin. Berikut resep brengkes patin yang mampu menggoyang lidah Anda.

Bahan utama

Ikan Patin ukuran sedang (sekitar ½ Kg)
20 batang cabai merah
7 butir bawang merah
5 butir bawang putih
4 butir kemiri
1 ruas kunyit
2 batang serai
1 buah tomat
2 lembar daun salam
Daun kemangi serta garam dan gula secukupnya
Daun pisang sebagai pembungkus dan tentu saja tempoyak.

Cara memasak

Semua bumbu diulek menjadi satu kecuali serai dan daun salam yang cukup dimemarkan saja. Setelah semua bumbu halus campurkan dengan tempoyak secukupnya. Ikan yang sudah disiang bersih ditempatkan ke atas daun pisang.

Lumuri ikan patin dengan semua bumbu yang sudah tercampur dengan tempoyak hingga merata. Masukkan daun salam dan serai yang sudah dimemarkan/digeprek ke dalam bungkusan daun pisang. Daun kemangi juga dimasukkan sebagian atau seluruhnya ke dalam daun pisang. Bungkus rapi lalu kukus selama 15 menit.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk selengkapnya Lihat di sini. (Ism)

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar