Nasi Besar, Sajian Mewah Warisan Bumi Melayu

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 13 Januari 2021 11:04
Nasi Besar, Sajian Mewah Warisan Bumi Melayu
Simak cerita Nasi Besar dari Batam.

Dream - Bagi masyarakat Melayu di Batam, mungkin sudah akrab dengan sajian Nasi Besar. Hidangan ini sebenarnya tidak murni berupa nasi yang ditanak dari beras. Merupakan perpaduan antara pulut atau ketan yang diproses dengan cara ditanak lalu ditambah kunyit sehingga hasilnya menjadi pulut kuning.

Dikutip dari Disbudpar Batam, Nasi Besar biasanya dihidangkan saat resepsi pernikahan, diletakkan di hadapan pengantin, dan dibuat oleh keluarga pengantin perempuan. Untuk mempercantiknya, ditaruh di atas pahar yang merupakan dulang berkaki sebagai wadah, lalu Nasi Besar dibentuk menyerupai bukit.

Selanjutnya, dihiasi dengan rangkaian bunga puncak yang ditancapkan di sisi tengah atas onggokan pulut tadi. Di sekeliling pulut kuning, ditancapkan pula bunga telur yang dibuat oleh para gadis, bertangkai dalam jumlah banyak dan harus ganjil, maksimal 25 telur rebus sesuai dengan jumlah Nabi dan Rasul.

“ Orang dulu telurnya langsung ditancapkan, sekarang telurnya dibungkus dengan kain jaring supaya awet,” kata Muhammad Zen, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

Bentuk bunga boleh sesuai selera. Khusus untuk telur harus sudah masak dengan cara direbus, selanjutnya cangkang telur diwarnai dengan pewarna makanan, warna merah menjadi suatu ketentuan menurut adat.

 

1 dari 5 halaman

Pahar dibungkus dengan kain putih supaya pulut tak kotor, dipinggir pahar keliling dihiasi dengan sulaman tekat, yang merupakan motif dari kertas prada atau benang songket yang disulam pada kain beludru yang dibentuk seperti bunga.

“ Di bawah bunga puncak terdapat tiga nasi yang dikepal. Nasi kepal ini yang akan disuapkan kepada pengantin laki-laki dan perempuan,” ujarnya.

Kedua pengantin makan Nasi Besar atau pulut kuning, saat duduk di atas peterakne atau pelaminan. Saat menyuap, dilakukan dengan suapan yang sangat sedikit. Acara saling suap itu dibimbing oleh Mak Andam, dilakukan sebanyak tiga kali bergantian. Urutannya, istri kepada suami dan suami kepada istri.

“ Makna yang terkandung, pengantin laki-laki dan perempuan berumah tangga saling bekerja sama dalam membina rumah tangga,” ujar Muhammad.

Selesai acara makan bersuap, Nasi Besar itu diberikan kepada Mak Andam, sebagai hadiah karena telah mengasuh pengantin perempuan, yang telah menyerahkan baik dan buruknya kepada Mak Andam. Sebutan “ mak” diartikan pengasuh pengantin, sedangkan “ andam” adalah profesinya sebagai perias pengantin.

Jika ingin memberikan nasi kepada orang lain, dibuat khusus, berkat namanya. Yakni, berisikan pulut kuning, telur merah, dan bunga yang dimasukkan dalam gelas. Nasi besar ini jadi salah satu rangkaian pernikahan tradisi Melayu, sebelum pengantin tersebut makan bersuap, diawali dengan makan saling berhadapan.

Selengkapnya baca di sini.

2 dari 5 halaman

Uniknya Sajian Es Krim Jamu Sehat dan Memanjakan Lidah

Dream - Apa yang ada di pikiran Sahabat Dream jika mendengar kata jamu? Mungkin minuman tradisional dengan cita rasa pahit, tidak enak dan minuman orangtua. Selama ini jamu memang dipandang sebelah mata.

Jamu memang kalah pamor dengan minuman kekinian seperti boba atau kopi susu. Faktanya saat pandemi, jamu justru paling dicari. Khasiat jamu dipercaya bisa menjaga vitalitas dan imunitas tubuh agar tak mudah terserang virus seperti Covid-19.

Sebenarnya jamu bisa dikreasikan jadi minuman kekinian yang bisa memanjakan lidah. Tengok saja sajian jamu di Acaraki, sebuah kedai jamu kekinian yang mengemas jamu dengan sangat modern.

Acaraki© Instagram

(Foto: Instagram Acaraki)

" Kami di Acaraki memang ingin membuat jamu lebih ke arah gaya hidup atau lifestyle. Jamu diracik di depan pelanggan yang datang agar bisa melihatnya langsung dan mencium aromanya. Seperti di kedai kopi," kata Jony Yuwono, pemilik Acaraki, dalam acara Live Instagram bersama Dream, Selasa 9 Juni 2020.

 

3 dari 5 halaman

Jamu Kekinian

Ada beragam jamu khas Indonesia di kafe yang memiliki cabang di Kemang dan Kota Tua ini. Salah satu menu yang cukup unik adalah Bereskrim, perpaduan es krim dengan jamu beras kencur. Sangat cocok bagi kamu penyuka es krim dan ingin camilan yang sehat di siang hari.

" Ada juga Golden Sparkling, campuran jamu serbuk kunyit dan jahe yang sudah digerus. Lalu ditambahkan soda dan simple syrup. Minuman ini paling banyak disukai," kata Jony.

Jamu acaraki© Instagram

Menu utama di Acaraki antara lain Kunyit Asam, Beras Kencur dan Jahe. Nah, Sahabat Dream bisa menemukan jamu-jamu tersebut dengan sajian yang tak biasa. Bukan hanya menyehatkan tapi juga memanjakan lidah dan mata.

Kamu juga bisa melihat aksi para barista mengolah jamu dengan modern langsung di depan mata. Kedai Acaraki kini sudah buka dan menerapkan protokol kesehatan. Jika penasaran ingin minum jamu kekinian, datang saja langsung!

 

4 dari 5 halaman

Trik Minum Jamu Agar Khasiatnya Maksimal

Dream - Sejak pandemi Covid-19, jamu sangat dicari. Bahan bakunya, seperti jahe, kunyit, temulawak harganya bahkan sempat naik drastis. Tentu saja karena minuman asli Indonesia ini, dipercaya bisa menjaga daya tahan tubuh dengan optimal dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Sahabat Dream juga rutin minum jamu? Jika iya pastikan meminumnya dengan teratur. Hal ini agar khasiatnya optimal. Jony Yuwono, pemilik kafe jamu kekinian Acaraki, membagikan trik-trik minum jamu agar bisa menjaga imunitas dengan baik dalam acara Instagram Live bersama Dream.co.id, Selasa 9 Juni 2020.

Trik Minum Jamu Agar Khasiatnya Maksimal© MEN

Menurut Jony ada tiga aspek penting yang menentukan efektivitas konsumsi jamu. Antara lain fisik, mental dan spritual.

" Dari aspek fisik, seperti Pak Jokowi yang selalu minum jamu temulawak setiap hari. Pak Jokowi sendiri yang buat, kalau tidak bisa, ada istrinya. Beliau konsumsi secara rutin tak putus selama 17 tahun," cerita Jony.

Artinya secara fisik, minum jamu harus disesuaikan dengan yang dibutuhkan tubuh. Temulawak misalnya, bisa untuk melindungi kesehatan hati dan meningkatkan stamina. Lalu dari aspek mental, disiplin setiap hari minum jamu tentu bukan hal mudah.

" Dalam hal spiritual, tentunya kita harus yakin dengan yang kita minum akan membawa kebaikan dalam tubuh. Hanya mengonsumsi yang baik bagi tubuh dan pikiran. Jamu tergantung dengan kebutuhan orang masing-masing, memakai ukuran dan kebutuhan diri sendiri," kata Jony.

 

5 dari 5 halaman

Jamu Terbaik

Jony juga mengungkap kalau jamu terbaik adalah jamu yang dibuat sendiri di rumah dengan pengolahan yang baik. Mulai dari memilih bahan baku, mengiris lalu merebus dan segera diminum sesuai kebutuhan.

Kunyit Asam, Jamu untuk Mengecilkan Perut© MEN

" Jamu yang paling bagus adalah jamu yang dibuat sendiri. Kalau dibuat sendiri bahan sendiri pasti bahan dipilih yang baik, langsung diminum, jika ada sisa disimpan dengan benar," ungkap Jony.

Pastikan juga mengonsumsinya secara rutin, akan sangat baik jika diminum pada pagi dan sore hari. Usahakan juga tidak memberikan terlalu banyak gula pada jamu untuk menjaga level gula darah tetap stabil. Bisa tambahkan madu atau pemanis lain, tapi pastikan secukupnya saja.

Beri Komentar