Ragam Nasi Khas Timur Tengah yang Bikin Mendadak Lapar

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 16 September 2020 11:03
Ragam Nasi Khas Timur Tengah yang Bikin Mendadak Lapar
Rempahnya yang sangat kaya serta daging kambing membuat sajian nasi begitu menggoda.

Dream - Orang Indonesia tak bisa lepas dari nasi. Jika Sahabat Dream ke negara-negara Timur Tengah, hidangan nasinya juga tak kalah nikmat dengan nasi Indonesia. Penyajiannya nasinya memang sangat berbeda.

Jika di Indonesia nasi disajikan polos dengan lauk pauk, di Timur Tengah nasi diolah dengan rempah yang sangat banyak sehingga membuatnya sangat kaya rasa. Ada beragam sajian nasi rempah ala Timur Tengah yang saat melihat dan mencium aromanya bisa bikin mendadak lapar.

Apa saja?

Nasi Kebuli

Nasi kebuli© Shutterstock

Nasi Kebuli adalah nasi bumbu rempah yang dimasak menggunakan kaldu daging kambing, susu kambing dan minyak samin. Biasanya disajikan menggunakan daging kambing goreng maupun bakar. Lebih lezat lagi, nasi Kebuli biasanya ditaburi dengan kismis, kurma, maupun kacang mete. Nasi Kebuli ini punya ciri khas beraroma kari dan berwarna kuning.

 

1 dari 3 halaman

Nasi Biryani

Resep Nasi Biryani Ayam Spesial untuk Orang Terkasih© MEN

Nasi Biryani merupakan hidangan olahana beras basmati yang dimasak dengan rempah-rempah, lalu ditambah dengan sayuran atau daging. Bisa daging ayam, kambing, sapi, ikan, atau udang. Biasanya yang paling populer adalah kambing. Nasi Biryani juga sangat populer di Asia Selatan, yakni India dan Pakistan.

 

2 dari 3 halaman

Nasi Mandhi

Nasi Mandhi© Shutterstock

Nasi Mandhi juga salah satu olahan nasi khas Timur Tengah. Hidangan ini bahkan terkenal di Yaman, Mesir, Maroko, Oman, Syria, Turki dan Arab Saudi.
Terbuat dengan bahan utama rempah seperti kapulaga, jintan, jintan putih, ketumbar, serbuk kunyit, bunga lawang, dan lain sebagainya.

Melansir dari berbagai sumber, zaman dahulu, suku Arab Badwi memasaknya di dalam lubang tanah yang dikorek dan dimasukkan kayu api. Kemudian, rempat-rempah itu direbus bersama lauk seperti kambing atau ayam kemudian dimasak dengan beras basmati. Jadilah nasi mandhi

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

4. Nasi Kabsah

Nasi Kabsa© Shutterstock

Nasi Kabsah hampir mirip dengan nasi Mandhi, yang membedakannya adalah rempah-rempah yang digunakan untuk mengolahnya. Nasi Kabsah di Yordania memiliki warna yang lebih merah karena warga Yordania kebanyakan mencampurnya dengan puree tomat. Sedangkan Nasi Kabsah di Arab Saudi, Oman, atau Yaman memiliki warna yang lebih kekuningan. Nasi Kabsah ini cocok dikonsumsi dengan syurba (sup) dan juga salata (salad).

Selengkapnya baca di Diadona.id

Beri Komentar