Rahasia Kelezatan dan Resep Miso, Bumbu Khas Makanan Jepang

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 6 Januari 2022 17:36
Rahasia Kelezatan dan Resep Miso, Bumbu Khas Makanan Jepang
Siapa pecinta makanan Jepang?

Dream – Buat kamu para pecinta kuliner Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan miso sup yang memiliki kekayaan rasa seperti gurih, asin, dan manis.

Hangatnya miso sup semakin menggugah selera makan kamu, apalagi miso sup nikmati disajikan bersama makanan Jepang lain seperti kari, udon, teppanyaki, dan kuliner Jepang lainnya.

Namun, miso tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan dasar sup, miso adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam masakan Jepang.

Ilustrasi© shutterstock

Miso merupakan pasta kedelai yang difermentasi ditambahkan dengan garam dan koji, salah satu jenis jamur. Tergantung pada jenis rasa yang diinginkan produsen, miso juga dapat menambahkan beras, gandum, ataupun barley ke dalam fermentasi kedelai.

1 dari 4 halaman

Jenis-jenis miso

Tidak hanya lezat untuk jadi bumbu makanan Jepang, faktanya miso juga bisa kamu gunakan dan menambahkan rasa umami pada masakan.

Sahabat Dream dapat menambahkan miso ke mentega untuk memasak sayuran atau untuk menambahkan rasa pada roti.

Sebelum kamu bereksperimen dengan miso, perlu diingat bahwa miso putih yang manis dapat digunakan menjadi saus, glaze, dan juga cocok untuk masakan yang dipanggang.

Miso putih, atau shiro miso memiliki kandungan kedelai yang lebih rendah daripada jenis miso lainnya dan difermentasi untuk waktu paling sedikit.

Karena memiliki rasa yang halus dan manis, shiro miso juga dianggap sebagai miso " starter" bagi mereka yang mungkin ingin bereksperimen dengan bahan tetapi tidak ingin berkomitmen pada rasa yang lebih kuat atau lebih berat.

2 dari 4 halaman

Perbedaannya

Ilustrasi© shutterstock

Miso putih ini paling sering digunakan dalam sup miso atau sebagai bagian dari saus salad.

Sedangkan miso merah membawa rasa terkuat karena difermentasi hingga satu tahun atau lebih.

Miso merah sebenarnya tidak hanya bewarna merah, tergantung pada metode produksi dan periode fermentasi, miso ini dapat bewarna coklat kemerahan hingga hitam.

Jika Sahabat Dream ingin menyesuaikan rasa dengan lidah dan selera, kamu bisa campur miso putih dan merah secara bersamaan agar menciptakan rasa yang diinginkan.

(Laporan: Anzila Riskia Putri, Sumber: Mashed)

3 dari 4 halaman

Sukses dengan BTS Meal, Kini Ada Menu ala Jepang

Dream - Setelah sukses menghadirkan BTS Meal beberapa waktu lalu, McDonald’s kembali menghadirkan menu baru. Rangkaian menu baru ini, terinspirasi cita rasa dari negeri Sakura, Jepang.

Bertema Taste of Japan, menu baru ini menghadirkan dessert dengan rasa khas Jepang yaitu Matcha. Ada Matcha McFlurry with Matcha Cookies, Matcha McFlurry with Oreo, Frosted Matcha Black Waffle Cone. 

Serunya Mengenal Pahlawan Nasional Indonesia Lewat Seri Figur 3D

Mcd© McDonald's

Sahabat Dream yang rindu akan rasa matcha, cita rasa McFlurry yang creamy dan manis dicampur rasa unik matcha pasti akan mengobati rasa rindu kalian.

Kemudian ada pula menu Matcha Frappe, Iced Matcha, Hot Matcha, serta Iced Café Matcha. Menu ini menghadirkan perpaduan kopi, matcha dan susu. Rasa kopi yang dipadukan dengan matcha ternyata cocok. Memberi sensasi bitter sweet yang unik.

4 dari 4 halaman

Rasa Yakiniku


Yakiniku© McDonald's

Rasa Yakiniku ada beberapa varian, seperti Beef Yakiniku Tamago Burger, McSpicy Yakiniku Burger, Fish Fillet Yakiniku Burger. Perpaduan tamago, daging ataupun fish fillet dengan saus yakiniku yang pedas manis ini bisa kamu coba. Dengan roti unik berwarna putih, di dalamnya juga ada kombinasi saus mayo dan nori.

McDonalds Rilis 6 Karakter Unik Pahlawan Nasional Indonesia

Selain burger dan dessert juga hadir kentang goreng dengan rasa unik gurih pedas dari Spicy Nori McShaker.

Menu baru McD Taste of Japan ini, dibanderol dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp15.500 sampai Rp39.500 saja, Sahabat Dream sudah bisa menikmati dessert menyegarkan dari menu baru McD Taste of Japan. (mut)

 

Beri Komentar