Susi Pudjiastuti Bagikan Resep Ikan Pindang Gunung Khas Pangandaran

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 11 Mei 2020 07:02
Susi Pudjiastuti Bagikan Resep Ikan Pindang Gunung Khas Pangandaran
Bisa dicoba di rumah, Sahabat Dream.

Dream - Susi Pudjiastuti kini menikmati waktu karantina di rumahnya di Pangandaran, Jawa Barat. Setelah tak lagi menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, ia memang lebih banyak tinggal di kampung halamannya itu.

Untuk mengisi waktu luang, Susi juga berbagi resep favorit keluarganya. Setelah beberapa hari lalu ia membuat pizza rumahan dengan topping tutut sawah, kini Susi memasak Ikan Pindang Gunung khas Pangandaran.

Menggunakan ikan kakap merah segar, Susi pun mengolahnya dengan terampil. Ingin membuatnya di rumah? Siapkan bahan-bahannya, antara lain jahe, kunyit, lengkuas, salam dan garam. Haluskan bumbu-bumbu tersebut.

Siapkan juga honje, sereh, garam, tomat dan daun bawang. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, setelah agak kering masukkan honje, sereh, tomat dan garam dan tiga gelas air. Tunggu hingga mendidih.

Bisa masukkan cabai bulat jika ingin pedas. Setelah kuah mendidih, baru masukkan ikan kakap yang telah dipotong ukuran sedang. Menu ini cocok untuk buka puasa atau sahur.

Ingin membuatnya di rumah?

 

1 dari 3 halaman

Lihat Aksi Bu Susi Masak Pindang di Video Ini

2 dari 3 halaman

Resep Pizza Keong Sawah ala Susi Pudjiastuti

Dream - Susi Pudjiastuti setelah tak lagi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, kini tinggal di Pangandaran dan fokus mengurus bisnisnya. Pada masa karantina karena Pandemi Covid-19 seperti sekarang, pemilik maskapai Susi Air ini memiliki banyak waktu luang.

Beberapa hari lalu, ia mengolah keong sawah atau tutut. Siapa sangka tutut bisa jadi hidangan internasional di tangan Susi. Perempuan yang dikenal tegas ini mengkreasikan tutut menjadi topping pizza.

 Susi Pudjiastuti© Instagram

Hasilnya berupa pizza keong sawah dan tampak sangat lezat. Ia pun membagikan tutorial untuk membuat pizza tersebut. Ternyata sangat mudah. Langkah awal bersihkan tutut berkali-kali dengan air mengalir sampai lumpurnya hilang.

Setelah itu panaskan air, masukkan garam dan sedikit cuka kemudian rebus tutut. Setelah itu diamkan hingga tak terlalu panas, kemudian pisahkan tutut dengan cangkangnya.

Siapkan adonan pizza, saus, keju dan mozzarella sesuai selera. Taburkan di atas adonan yang telah dipipihkan. Panggang dalam oven, pizza pun siap disajikan dengan saus.

 

3 dari 3 halaman

Lihat Video Tutorialnya

      View this post on Instagram

Yang penasaran resep pizza tutut, ini dia tutorialnya. Semoga mudah diikuti dan semua bisa mencoba pizza tutut / keong sawah ????????

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115) on

Beri Komentar