Tak Hanya Dalgona, Simak Cara Kreatif Bikin Kopi Lebih Kaya Rasa

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 8 April 2020 08:32
Tak Hanya Dalgona, Simak Cara Kreatif Bikin Kopi Lebih Kaya Rasa
Sajian kopi pun jadi lebih bergizi. Intip resepnya.

Dream - Meminum kopi merupakan sebuah rutinitas bagi sebagian orang, terdapat banyak cara untuk menikmatinya, dari mulai dingin atau panas, pemilihan menu yang berbeda seperti espresso, latte, americano, dll. Semua tergantung selera masing-masing.

Ada beberapa cara untuk membuat sajian kopi lebih bergizi dan kaya rasa. Sajian ini disarankan oleh pakar nutrisi, Joy Bauer asal Amerika Serikat. Yuk intip Sahabat Dream.

1. Creamer vanilla

 Kopi© Shutterstock

Buat creamer vanilla sendiri di rumah hanya dengan dua bahan saja. Cukup campur seperempat cangkir susu (boleh susu oat, almond, atau kedelai) dengan beberapa tetes ekstrak vanila, lalu panaskan dalam microwave selama 20 detik. Campur vanilla pada sajian espresso kamu, bisa gantikan gula dan membuat kopi jadi lebih nimat.

 

 

1 dari 6 halaman

2. Bubuk cocoa dan kayu manis

Taburkan sedikit bubuk cocoa dalam secangkir kopi, sehingga terdapat sedikit rasa cokelat. Cokelat juga memiliki zat flavanol yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dari peningkatan aliran darah.

 Bubuk kayu manis© Shutterstock

Selain itu untuk alternatif rasa lainnya, tambahkan taburan kayu manis ke dalam kopi, yang juga berfungsi untuk mengurangi penggunaan gula. Bisa juga mencampurkan keduanya. Kopi khas Meksiko menggunakan resep tersebut.

 

2 dari 6 halaman

3. Campur bubuk kacang

 Kopi© Pixabay


Campurkan dua sendok makan bubuk kacang (kacang tanah yang telah dikeringkan) ke dalam secangkir kopi panas. Selain bebas gula, bubuk kacang juga menambah protein.

 

3 dari 6 halaman

4. Bekukan

 Coffee cube© Shutterstock

Alih-alih membuang sisa kopi yang tidak habis, tuangkan ke dalam nampan es batu dan bekukan. Menambahkan bubuk kayu manis atau bubuk cokelat juga dapat digunakan untuk proses ini, karena dapat memperkaya rasa. Setelah dibekukan, tuangkan susu ke dalam gelas dan masukkan beberapa kopi yang telah dibekukan.

 

4 dari 6 halaman

5. Pilih kopi yang memiliki cita rasa

 Kopi© Pixabay


Cobalah biji kopi yang punya kekhasan rasa yang kuat tanpa tambahan gula. Seperti vanilla, moka, dan hazelnut, daripada harus menambahkan sirup ke dalamnya.

Laporan Raissa Anjanique/ Sumber: RealSimple

5 dari 6 halaman

Bikin Dalgona Coffee ala Korea yang Lagi Viral, Yuk!

Dream - Para pekerja sangat identik dengan kopi. Biasanya saat di kantor, kopi jadi minuman wajib pagi hari dan sore hari. Kita bisa memesannya di kedai atau membelinya melalui ojek online.

Dalam kondisi seperti sekarang, tentunya akan lebih baik di rumah saja. Untuk membuat Sahabat Dream lebih semangat saat bekerja di rumah, bagaimana kalau membuat Dalgona Coffee.

 © Dream

Kopi ala Korea sedang hits di media sosial. Kekhasannya adalah buih kopi yang begitu lembut dan bercampur susu. 

Penasaran? Segera coba resep mudahnya berikut:

Bahan:

2 sdm kopi instan (nescafe)
2 sdm gula pasir
2 air panas
satu cangkir susu hangat atau dingin(sesuai selera)

 

 

 

 

 

 

 

6 dari 6 halaman

Cara membuat:

- Campurkan kopi instan, gula pasir dan air panas. Aduk dengan whisk (untuk mengocok telur) secara terus-menerus hingga mengembang dan menjadi krim yang lembut.
- Kocok selama dua menit dengan cepat. Jika ingin mempersingkat waktu bisa juga menggunakan hand mixer
- Setelah mengembang, tekturnya ringan dan lembut, tinggal tuang di atas susu

 Kocok kopi© Shutterstock

Memang akan sedikit memakan waktu untuk mengaduk bahannya, namun hasilnya pasti tak akan mengecewakan dan layak dicoba selagi di rumah saja. Selamat mencoba!

Laporan Febi Anindya/ Sumber: Fimela

 

Beri Komentar