Tambahkan Si Rempah Kuno yang Bikin Masakan Lebih Sehat

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 20 Mei 2020 08:02
Tambahkan Si Rempah Kuno yang Bikin Masakan Lebih Sehat
Sesekali cobalah masak dengan rempah cantik ini.

Dream - Sahabat Dream pernah mengolah masakan menggunakan saffron? Rempah ini merupakan rempah kuno, yang diperkirakan sudah berumur 3.000 tahun. Dulunya, bumbu dapur ini hanya dimiliki kalangan kerajaan dan masyarakat elit.

Banyak digunakan oleh masyarakat Yunani, India, Iran dan Timur Tengah. Bumbu ini juga digunakan oleh beberapa peradaban untuk manfaat pengobatannya. Penasaran apa keistimewaan saffron?

Dari sisi kuliner, saffron bisa menonjolkan rasa manisan hingga menambahkan aroma dan warna yang kaya pada hidangan lezat seperti nasi biryani, kari, hingga cream soup. Menurut konsep Ayurveda, dipercaya bahwa hanya beberapa helai saja sudah cukup untuk tubuh dan pikiran yang sehat.

" Kumkuma atau saffron adalah salah satu rempah-rempah termahal yang digunakan dalam Ayurveda. Ini menyeimbangkan Vata, Pitta dan Kapha doshas dalam tubuh kita. Saffron memiliki antioksidan yang meningkatkan kekebalan dan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-jamur," kata Meghna Krishna, seorang ahli nutrisi klinis, seperti dikutip dari Times of India.

 

1 dari 4 halaman

Membantu Kekebalan Tubuh

Sejak berabad-abad, saffron telah digunakan karena khasiat kesehatannya yang luar biasa dan dapat mencegah serta menyembuhkan beberapa masalah kesehatan. Terlepas dari itu, Saffron telah menjadi bumbu yang hebat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit musiman.

Saffron© Pixabay

Saat dunia berjuang melawan pandemi paling mematikan Covid-19, kebutuhan untuk tetap bugar dan sehat menjadi semakin penting. Karenanya, menambahkan 'bumbu kekebalan' yang meningkatkan aspek kesehatan ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu.

 

2 dari 4 halaman

Tambahkan Pada Makanan dan Minuman.

Cobalah untuk menambahkannya pada makanan yang sehari-hari diolah. Seperti saat memasak opor ayam, soto kuning atau membuatnya menjadi minuman. Salah satu minuman yang dianjurkan adalah mencampur sedikit saffron pada susu hangat atau teh yang diminum. Bisa juga sekadar menaruh tiga helai saffron pada air putih yang kamu minum.

Petualangan Mencari Rempah Termahal di Dunia© MEN

“ Saffron memiliki manfaat luar biasa dan tidak hanya digunakan sebagai zat pewarna makanan atau untuk menambah rasa dalam masakan seseorang. Kualitas antioksidan yang tinggi bisa membantu meredakan keluhan flu dan pilek," kata Tanya S Kapoor.

3 dari 4 halaman

Rasa dan Aroma Rempah Terjaga, Pastikan Disimpan dengan Benar

Dream - Memasak dengan rempah-rempah dapat menambah cita rasa masakan dan aroma yang kuat. Penting bagi Sahabat Dream untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan bumbu agar tetap segar.

Tentunya agar rasa dan aroma rempah selalu terjaga. Masakan yang dihasilkan pun selalu terjaga kualitasnya. Apa saja yang harus dilakukan?

Pertama, cara yang terbaik adalah menyimpan rempah dalam wadah kedap udara. Ini bertujuan untuk membiarkan udara masuk sesedikit mungkin. Jika kamu menyimpannya dalam wadah, pastikan tutupnya tertutup rapat.

Rasa dan Aroma Rempah Terjaga, Pastikan Disimpan dengan Benar© MEN

Menurut Frontier Co-op, pemasok rempah-rempah organik alami, herbal, dan ekstrak yang berbasis di Lowa, Amerika Serikat, stoples kaca dengan tutup kedap udara sangat cocok digunakan untuk menyimpan bumbu.

Kedua, simpan wadah yang berisi bumbu di tempat yang sejuk dan gelap merupakan cara yang paling efektif. Seperti halnya biji kopi, panas dan kelembaban adalah salah satu hal yang perlu dihindari. Jadi, jauhkan biji kopi dari sinar matahari.

Memajang rak bumbu di dinding dekat jendela yang cerah mungkin terlihat rapi, tetapi dapat mempersingkat masa simpan bahan. Suhu penyimpanan terbaik untuk rempah-rempah adalah di bawah 70 derajat Fahrenheit. Kelembapan juga akan mengurangi kesegaran rempah-rempah.

 

 

4 dari 4 halaman

Bumbu Halus dan Bumbu Utuh

Umur simpan setiap bumbu bervariasi. Secara umum, bumbu utuh memiliki umur simpan yang lebih panjang daripada bumbu-bumbu yang dihaluskan. Proses penggilingan dapat memaparkan lebih banyak area permukaan ke udara, sehingga bumbu-bumbu halus kehilangan kesegarannya lebih cepat daripada bumbu utuh.

Tempat Terbaik Menyimpan Rempah Masakan© MEN

Banyak perusahaan rempah-rempah mencantumkan tanggal " Best-By" pada produk, jadi periksa label pada botol untuk mengetahui tanggal kesegaran maksimum produk yang belum dibuka.

Laporan Cindy Azari/ Sumber: Martha Stewart

Beri Komentar