Jangan Salah Pilih, Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Telur

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 20 Mei 2022 07:48
Jangan Salah Pilih, Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Telur
Demi kesehatan seluruh keluarga.

Dream - Sumber protein yang dikonsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia cukup beragam. Mulai dari daging, ikan, susu hingga telur.

Telur menjadi primadona di berbagai kalangan, karena rasanya yang nikmat, gizi yang kaya dan harganya yang terjangkau.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Telur ayam merupakan produk asal hewani yang sangat digemari masyarakat Indonesia,” kata Yuvlinda Susanta, General Manager of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo pada acara Halal Bi Halal Jaminan Keamanan Pangan dan Transformasi Telur Bebas Kandang Sekat, Rabu 18 Mei 2022.

Wajar saja banyak digemari, telur ayam ini dapat dijadikan makanan utama. Juga dapat menjadi bahan tambahan dalam membuat berbagai makanan lainnya.

Ternyata tak semua telur berkualitas baik Sahabat Dream, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih telur ayam.

 

1 dari 5 halaman

Kerabang Tidak Memengaruhi

Banyak orang beranggapan bahwa warna kerabang telur memengaruhi isi di dalamnya. Padahal sebenarnya hal itu tidak 100 persen benar.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Orang indonesia suka dengan kerabang warna merah, semakin tua kerabangnya semakin pudar, sebenarnya warna kerabang putih atau merah tidak terlalu berpengaruh karena yang penting dalamnya,” ujar Donny Ardianta Passa, Vice President of Buying & Indirect Procurement Super Indo pada kesempatan yang sama.

 

2 dari 5 halaman

Cangkang Telur Bersih

Shutterstock© Shutterstock

Jika Sahabat Dream beranggapan bahwa cangkang telur yang kotor tidak akan memengaruhi isi di dalamnya, tentu hal itu salah. Saat memecahkan telur, bisa saja kotoran di cangkang mengotori isian telur, jadi bersih itu tetap hal yang penting.

“ Pastikan telur bersih karena kalau ada kotoran ayam berisiko salmonela, jadi harus ada proses pembersihan yang dilakukan,” kata Donny.

 

3 dari 5 halaman

Terawang di Lampu untuk Ketahui Usia Telur

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Proses sederhana yang biasa dilakukan nenek moyang kita yaitu terawang telur di lampu, kalau isinya bergoyang artinya kurang segar artinya umur telur ditelurkan sampai dikonsumsi jauh,” ujar Donny.

Usia telur yang lebih tua tentu akan berbeda dengan telur yang baru ditelurkan dari induk.

 

4 dari 5 halaman

Pastikan Telur Tidak Retak

Jika telur retak namun dalam keadaan cangkangnya bersih, belum tentu isinya bersih. Bisa jadi isi telur terinfeksi dari telur lain yang terkontaminasi kotoran.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Pastikan telur tidak retak atau berbau. Misal telur satunya retak tapi bersih, bisa saja sebelahnya masih ada kotoran ayam yang bisa berisiko adanya salmonela dan menginfeksi ke telur retak,” kata Donny.

 

5 dari 5 halaman

Ditelurkan dari Ayam yang Bahagia

Ayam yang bahagia selama di kandang tentu akan menetaskan telur yang berkualitas dibandingkan ayam yang mengalami stress.

Supermarket Super Indo meluncurkan Telur Ayam bebas kandang sekat (Cage Free Eggs) merek 365 yang berasal dari ayam prima, sehat dan dan mendukung kesejahteraan hewan.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Kami ingin mengambil peran dalam mengedukasi pasar mengenai kebaikan telur yang dihasilkan pada peternakan tanpa kandang sekat atau yang populer dengan sebutan Cage Free Egg," kata Johan Boeijenga, President Director Super Indo.

Beri Komentar