Tips Menggoreng Tempura Jepang Gurih dan Renyah

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 23 Januari 2020 15:01
Tips Menggoreng Tempura Jepang Gurih dan Renyah
Gak bikin tempura letoy dan berminyak!

Dream - Tempura menjadi salah satu kuliner Jepang yang mendunia. Sensasi renyah dari tepung yang membalut isi tempura menjadi hal yang paling disukai ketika menyantap gorengan ini.

Tempura bisa diisi dengan berbagai jenis bahan baku seperti ayam, ikan, udang hingga sayuran. Kunci kelezatan tempura terletak pada adonan yang membuatnya garing ketika digoreng.

 tempura

" Fokusnya di adonan tempura. Kalau terlalu kental, jadinya tebal dan tidak crispy. Harus benar-benar cair agar tempura tidak melempem," kata Asyrul, Assistant Kitchen Manager & Chef Sushigroove di peluncuran menu Taco Sushi, Rabu 22 Januari 2020.

Adonan tempura sebaiknya memakai bahan dasar tepung terigu protein rendah. Tepung jenis ini menghasilkan tekstur paling kering dan renyah untuk makanan. Larutkan dengan perbandingan 2:1 air dan tepung agar teksturnya cair.

Sahabat Dream juga bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti garam, bubuk bawang putih dan merica. Larutkan dengan memakai air dingin agar adonan lebih renyah.

" Kalau adonan ditarik pakai sendok dan jatuhnya cepat, berarti konsistensinya sudah pas," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Membuat Nori Tempura

Selain aneka jenis daging dan sayuran, Sahabat Dream juga bisa mencoba sajian tempura dan rumput laut kering. Gunakan lembaran nori yang biasa dipakai untuk menggulung sushi.

Celupkan nori ke dalam adonan tempura. Tiriskan terlebih dahulu dan bentuk menyerupai kulit taco dengan cara menekuknya memakai batang besi pemanggang atau grill.

 tempuratempura © Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

" Gunakan wajan deep fried dengan api 300 derajat celcius atau api kecil. Kalau terlalu panas nanti tempura cepat hitam, dan kalau kurang panas juga tidak crispy. Goreng selama 10-15 menit satu demi satu. Kalau sekaligus hasilnya tidak sempurna," kata Asyrul.

Nori tempura yang telah menjadi kulit taco bisa diisi dengan memakai nasi kepal dan aneka topping sushi seperti salmon, tuna dan chicken teriyaki. Hias dengan mayonnaise atau saus lainnya sesuai selera.

 tempuratempura © Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis