Makna Pakaian Adat yang Digunakan Jokowi Saat Upacara

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 17 Agustus 2018 13:31
Makna Pakaian Adat yang Digunakan Jokowi Saat Upacara
Jokowi mengaku, pakaian tersebut dijahit terlebih dahulu agar pas dengan ukuran badannya.

Dream - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia telah selesai dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta. Tim Nusa Paskibraka sukses mengibarkan sang saka merah putih di pucuk tiang bendera Istana.

Dalam upcara tersebut, Presiden Joko Widodo dan tamu undangan mengenakan baju adat dari berbagai wilayah di Indonesia. Jokowi sendiri, menggunakan pakaian adat dari Aceh.

Jokowi mengaku, pakaian tersebut dijahit terlebih dahulu agar pas dengan ukuran badannya.

" Itu dijahit," kata Jokowi.

Lalu, apakah Sahabat Dream tahu nama pakaian adat Aceh yang digunakan Jokowi?

Baju adat Aceh itu bernama Linto Baro. Pakaian ini biasa digunakan untuk menghadiri upacara atau acara pemerintah. Namun kini sering digunakan sebagai busana pernikahan laki-laki Aceh.

 

1 dari 3 halaman

Baju Meukeusah

Meski sudah diberi nama Linto Baro, pakaian adat ini juga memiliki nama di beberapa bagian seperti di bagian baju atas bernama baju meukeusah. Bagian ini terbuat ari kain sutra yang memiliki dasar warna hitam. Warna ini dipercaya oleh masyarakat sebagai lambang kebesaran Aceh

2 dari 3 halaman

Celana Sileuweu

Senada dengan warna bajunya, celana ini juga dibuat dengan warna hitam. Dalam bahasa Aceh, Sileuweu ini memiliki arti celana yang terbuat dari bahan katun serta dilengkapi dengan sarung yang terbuat dari kain songket berbahan sutra. Sarung tersebut bernama Lamgugap, Ija krong, atau ija sangket tersebut diikatkan ke pinggang dengan panjang sebatas lutut atau 10 cm di atas lutut.

3 dari 3 halaman

Penutup Kepala

Masyarakat Aceh yang didominasi dengan pengaruh peradaban Islam juga memaknai penutup kepala bernama Meukeutop sebagai kopiah. Bentuk Meukeutop ini memiliki bentuk lonjong. Penutup kepala ini juga berhias bintang persegi delapan yang berbuat dari emas atau kuningan.

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival