Yakin Makanan Masih Bergizi? Jangan-jangan Sudah Ada Bakteri

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 21 Desember 2017 06:15
Yakin Makanan Masih Bergizi? Jangan-jangan Sudah Ada Bakteri
Kenali tanda-tanda makanan yang nilai gizinya sudah berkurang.

Dream - Tubuh yang sehat bermula dari makanan yang kita konsumsi. Sudah sering kita dengar nasihat untuk mengonsumi asupan makanan bergizi tinggi dari sayur, buah hingga daging. Tetapi, apakah nutrisinya sudah sebesar yang kamu kira?
 
Nuri Andarwulan, Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Technology (SEAFEST) mengungkapkan nilai gizi pada makanan bisa berkurang karena kenaikan suhu, paparan air, udara, bahkan kontak dengan makanan lainnya.
 
Sahabat Dream sebaiknya menghindari zona bahaya makanan yang diketahui berada pada temperatur 5 - 65 derajat celsius.
 
" Makanan yang berada di rentang suhu tersebut cenderung menjadi habitat dari mikroba dan berkurang kadar gizinya," ujar Nuri di sesi diskusi Nestle bertajuk 'Food Safety: Dont't Let Good Food Go Bad' di Menteng, Rabu 20 Desember 2017.
 
Jika Sahabat Dream mengeluarkan makanan dari dalam kulkas, sebaiknya dikonsumsi dalam waktu dua jam. Anjuran ini terutama berlaku untuk makanan dari produk daging, susu serta telur yang telah dipecahkan
 

 Buka Kulkas Cari Camilan, Yang Ditemukan Mengejutkan© MEN

Nuri menjelaskan, jenis mikroba yang ada dalam makanan merupakan bakteri patogen. Sifatnya yang beracun dapat memicu berbagai penyakit mulai dari gangguan pencernaan, keracunan, hingga kanker.
 
Saat memilih sayur, Nuri mengimbau untuk segera membuang bagian akarnya. Tanah yang tersangkut pada akar merupakan sumber utama mikroba. Sementara bagian sayur yang jauh dari akar cenderung mengandung lebih sedikit mikroba.
 
Apabila makanan sudah menunjukan gejala seperti timbulnya lendir, serat serta tekstur yang melembek, berhati-hatilah. Mikroba dapat dipastikan telah bertumpuk di dalam sana. Makanan yang terkontaminasi oleh mikroba tidak dapat lagi disterilkan.
 

 Alasan Jangan Pernah Menyimpan Roti Tawar dalam Kulkas© MEN

 
Sementara untuk tempat penyimpanan makanan seperti lemari es, kamu harus mulai mengaturnya serapi mungkin. Gunakan wadah tertutup untuk memisahkan setiap makanan. Jangan satukan bahan mentah dengan makanan matang karena akan terjadi kontaminasi silang. Akibatnya, makanan sehat justru menjadi sarang mikroba.
" Contohnya sushi yang telah berada di suhu ruangan selama lebih dari dua jam. Berapapun banyaknya wasabi yang anda konsumsi tidak akan bisa menetralkan kandungan mikroba di dalamnya," Nuri menambahkan.
 
(Sah/Laporan Annisa Mutia)
 
 

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna