10 Fakta Uang Baru Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan Indonesia

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 18 Agustus 2020 19:33
10 Fakta Uang Baru Rp75 Ribu Edisi Kemerdekaan Indonesia
Penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

Dream- Bank Indonesia baru saja meluncurkan edisi uang rupiah khusus untuk memperingati 75 tahun Kemerdekaan RI yang jatuh pada Senin, 17 Agustus 2020. Uang khusus yang diluncurkan berupa uang kertas nominal Rp 75 ribu dengan desain khusus.

Ini menjadi momen langka mengingat Bank Indonesia biasanya mengeluarkan rupiah edisi khusus berbentuk koin.

Tercatat, BI telah mengedarkan uang edisi khusus peringatan kemerdekaan RI sebanyak 4 kali. Pencetakan uang edisi khusus pertama kali dibuat untuk memperingati HUT ke-25 RI tahun 1970, diikuti HUT ke-45 RI tahun 1990, dan HUT ke-50 RI tahun 1995.

Penampakan uang lembaran Rp 75 ribu juga cukup mencuri perhatian hingga menuai rasa penasaran.

Desain yang ada pada lembaran pun ramai diperbincangkan. Ada beberapa hal menarik terkait diterbitkannya uang rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI ini. Lantas, apa saja fakta mengenai uang edisi khusus ini?

1 dari 10 halaman

1. Makna Gambar Uang Kertas Rp 75 Ribu

Pecahan uang baru ini memiliki filosofi tersendiri, yaitu filosofi 3M. Filosofi 3M ini adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan tema desain uang edisi khusus ini tergambarkan dalam halaman muka dalam mensyukuri Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Sebagai wujud syukur atas kemerdekaan ini, dilambangkan dengan Jembatan Youtefa Papuan, MRT, LRT, dan Tol Trans Jawa.

Sedangkan halaman belakang, menggambarkan kebhinekaan yang diwakili dengan anak-anak berpakaian adat di wilayah barat, tengah, dan timur. Lalu ada tenun, kain batik, dan songket yang menggambarkan kebaikan dan keanggunan. Halaman belakang juga menggambarkan semangat era digital dengan satelit merah putih.

2 dari 10 halaman

2. Peringatan HUT ke-75 RI

Seperti yang telah dikatakan Menkeu Sri Mulyani Indrawati, sesuai dengan nominalnya, peluncuran uang rupiah khusus untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus, dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Uang pecahan 75 Ribu© Foto : BI

3 dari 10 halaman

3. Uang Khusus Dikeluarkan Setiap 25 Tahun Sekali

Uang khusus edisi kemerdekaan RI dikeluarkan setiap 25 tahun sekali. Sebelumnya, Bank Indonesia pernah mengeluarkan uang khusus pada kemerdekaan RI ke-50 pada 1995.

Uang rupiah khusus adalah uang yang dikeluarkan secara khusus oleh BI dalam rangka peringatan tertentu. Uang khusus ini bisa berbentuk koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong. Sehingga, satu lembar besar terdiri dari beberapa lembar uang (uang tersambung).

4 dari 10 halaman

4. Uang Tidak Diedarkan Bebas di Masyarakat

Pemerintah menegaskan, penerbitan mata uang baru senilai Rp 75 ribu ini bukan ditujukan untuk beredar bebas di masyarakat. Dan bukan sebagai tambahan likuiditas pelaksanaan penukaran kegiatan ekonomi. Melainkan khusus untuk dikoleksi.

Uang pecahan 75 Ribu© Foto : BI

5 dari 10 halaman

5. Hanya Dicetak 75 Juta Lembar

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, uang edisi khusus hanya dicetak 75 juta lembar saja yang ditandatangani Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia.Sehingga total yang dicetak pemerintah senilai Rp 5,62 triliun.

" Tujuh puluh lima juta yang dicetak ditandatangani Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI," ujar Sri Mulyani.

6 dari 10 halaman

6. Sulit Dipalsukan

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, uang edisi khusus untuk memperingati kemerdekaan ke-75 RI ini dilengkapi unsur pengaman.

Uang Rp 75 ribu ini dibuat menggunakan teknologi terbaru, dan bahan kertas yang lebih tahan lama. Inovasi ini ditujukan agar uang Rupiah semakin mudah dikenal ciri keasliannya, nyaman dan aman digunakan, serta jauh lebih sulit untuk dipalsukan.

Inovasi tersebut terus dilakukan secara berkala dan terencana. Tujuannya untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan sebagai simbol kedaulatan NKRI.

7 dari 10 halaman

7. Cara Mendapatkan Uang Pecahan Rp 75 ribu

Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id. Adapun, tahapan pre order dapat dilakukan mulai tanggal 17 Agustus 2020 pukul 15.00 sd tanggal 30 September 2020.

Untuk Penukaran tahap 1, periode 18 Agustus – 30 September 2020, setelah mendapat kan jadwal penukaran maka penukaran uang dilakukan di KP BI dan KPwDN BI.

Penukaran tahap 2, tanggal 1 Oktober 2020 – selesai, setelah mendapatkan jadwal penukaran maka penukaran dapat dilakukan di KP BI, KPwDN BI dan Kantor Bank yang ditunjuk (BMRI, BRI, BNI, BCA dan CIMB Niaga). Total Cabang BMRI yang akan melayani penukaran uang emisi khusus ini adalah sebanyak 408 Cabang.

BI© Foto : BI

8 dari 10 halaman

8. Syarat Penukaran

Berikut persyaratan pemesanan dan penukaran uang baru pecahan Rp 75 ribu, yaitu:

Pertama, telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR;

Kedua, membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli;

Ketiga, membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital;

Keempat, melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan dan Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran;

Kelima, penukaran dapat diwakilkan sesuai poin dan ditambahkan surat kuasa bermaterai dan KTP Asli penerima kuasa;

Terakhir, memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 sesuai kebijakan Pemerintah setempat.

9 dari 10 halaman

9. Satu KTP Hanya dapat Ditukar 1 Lembar Uang

Perlu dicatat, setiap 1 KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh satu lembar Uang Peringatan kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75 ribu. Pasalnya, jumlah uang khusus yang diterbitkan kali ini terbatas.

" Setiap satu KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan ke-17 RI dengan nominal Rp 75.000," jelas BI.

 

10 dari 10 halaman

10. Daftar Bank yang Ditunjuk BI Layani Penukaran Uang Baru

Proses penukaran dan pengedaran dilakukan di Kantor Pusat BI dan 45 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia terhitung mulai 18 Agustus 2020 hingga 30 September 2020.

Bank Indonesia telah menunjuk lima Bank umum yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga untuk melayani penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI oleh masyarakat.

BI menilai, penunjukkan bank umum tersebut dikarenakan bank umum tersebut memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia, sehingga jangkauan layanan penukaran UPK 75 Tahun RI kepada masyarakat diharapkan dapat lebih luas dan merata.

 

Sumber : Liputan6

Beri Komentar