Lowongan CPNS Siap Dibuka Tahun Ini, Berminat?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 28 April 2016 08:29
Lowongan CPNS Siap Dibuka Tahun Ini, Berminat?
Jabatan-jabatan ini bertujuan untuk mendukung program kerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Dream - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (PANRB) membuka lowongan CPNS tahun 2016. Ada empat kelompok CPNS yang akan direkrut tahun ini.

" Rektrutmen CPNS tahun ini diarahkan untuk mendukung program nawacita," kata Deputi SDM Aparatur Negara Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmadja, di Jakarta, dikutip dalam situs resmi Kementerian PANRB, Rabu 27 April 2016.

Ada empat kelompok orang yang akan direktrut tahun ini. Kelompok pertama, program wajib yang meliputi kesehatan, pendidikan, dan penanggulangan kemiskinan.

Kelompok kedua adalah program prioritas, yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan poros maritim, pembangunan ketahanan energi, dan ketahanan pangan.

Ketiga, kelompok tenaga penengak hukum. Keempat adalah kelompok program dukungan reformasi birokrasi.

" Jabatan untuk program prioritas, yaitu pembangunan ketahanan pangan meliputi 20 jabatan, penengak hukum 36 jabatan, dan pembangunan dukungan reformasi birokrasi meliputi 52 jabatan," kata dia.

Penerimaan CPNS, kata Setiawan, juga dilakukan lewat formasi khusus, melalui jalur kedinasan. Ada juga lewat prestasi di bidang olah raga internasional dan disabilitas.

Untuk sekolah kedinasan, sudah dilakukan pendaftaram di tujuh sekolah ikatan dinas sejak Maret 2016.

Ketujuh sekolah ikatan dinas itu adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Akademi Imigrasi (AIM), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

Selain itu, formasi khusus CPNS untuk pemerintah daerah melalui Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

" Maka dari itu konsep SDM mulai sekarang harus sudah diperketat supaya arahnya betul, Bukan berarti kita mengunci formasi jabatan prioritas, tapi ini yang kita lakukan dalam dua tahun ini," kata dia. (Ism) 

Beri Komentar