Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Desain Ibu Kota Baru di Kaltim Disayembarakan

Desain Ibu Kota Baru di Kaltim Disayembarakan Pemerintah Membuka Lomba Desain Ibu Kota Baru Bulan Depan.

Dream – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar sayembara lomba desain kawasan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Lomba desain ini akan berlangsung awal bulan depan.

"Kita lakukan sayembara untuk memperoleh ide," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dikutip Antara, seperti yang diberitakan Merdeka.com, Kamis 26 September 2019.

Basuki mengundang seluruh masyarakat untuk berpartisipasi merumuskan wilayah dan tata ruang ibu kota baru. Basuki juga meminta para pemenang untuk membuat desain berkualitas karena para juri merupakan profesional di bidang masing-masing.

Ada sebelas juri yang terpilih dan mewakili milenial. Mereka merupakan praktisi urban design, ahli arsitektur, ahli planologi hingga ahli lainnya dalam bidang terkait.

"Kita tidak ingin sekadar membangun kota, tapi ini adalah momen membangun ibu kota. Kita ingin kota ini berisi work of talents," kata dia.

Catat Pendaftarannya

Pendaftaran sayembara mulai pada 2-11 Oktober 2019. Setelah itu, pelaksanaan sayembara berlangsung pada 11 Oktober-22 Desember 2019.

Pengumuman dan penetapan pemenang sayembara nasional ini akan dilakukan pada 23 Desember 2019.

Setelah pengumuman pemenang maka proses penyusunan urban design akan dilakukan pada 1 Januari-31 Agustus 2020.

Kemudian pengayaan rancangan kota hasil sayembara oleh ahli internasional akan dilakukan 1 April-31 Agustus 2019. "Tiga karya terbaik akan dikolaborasikan menjadi basic design untuk pengembangan lebih lanjut," kata Basuki.

Konsep `Kota Hijau`

Menurut rencana, ibu kota baru memiliki konsep kota hijau yang berwawasan lingkungan dengan mengedepankan konservasi dan efisiensi energi.

Pemerintah telah menyiapkan lahan inti bagi ibu kota baru seluas 42 ribu hektare dengan potensi perluasan hingga mencapai 360 ribu hektare.

Pembangunan ibu kota akan dimulai pada 2020 dan diperkirakan selesai pada 2024, dengan anggaran pemindahan pusat pemerintahan yang disiapkan mencapai Rp 466 triliun. Pemerintah menyiapkan sayembara atau lomba untuk mencari desain kawasan ibu kota baru yang sudah diputuskan di wilayah Kalimantan Timur.  

Lahan HTI Sukanto Tanoto Akan Dipakai Buat Ibu Kota Baru di Kaltim

Dream – Nama Sukanto Tanoto menjadi pusat perhatian dalam rencana pemindahan ibukota ke Kalimantan Timur (Kaltim). Dikabarkan lokasi ibu kota baru di pulau Kalimantan itu akan menggunakan lahan yang sebagian besar dimiliki oleh pemilik Asian Agri tersebut.

Mengutip laman Liputan6.com, Kamis 19 September 2019, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Mohamad Suleman Hidayat mengatakan, lahan yang digunakan Sukanto Tanoto merupakan kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang kepemilikannya bisa diambil oleh pemerintah.

"Saya baru dikasih tahu resmi bahwa tanah itu sebagian besar tanah HTI miliknya Sukanto Tanoto, HTI yang setiap saat bisa diambil oleh pemerintah," kata dia di Jakarta.

Sebagai lahan milik pemerintah, Sukanto diwajibkan memberikan tanah miliknya setiap saat dibutuhkan pemerintah.

 

 

Salah satu orang terkaya di Indonesia itu juga menyarankan pemerintah untuk mengunci harga tanah di kawasan tersebut. Lahan itu rawan diambil alih oleh para spekulan tanah.

"Kan ada spekulan di sana. Harga disepakati pemerintah, dan kalau gitu kita setuju pemerintah punya landbank, tanah-tanah dikuasai pemerintah sesuai dengan perizinan harga tetapkan sama. Kalau itu diserahkan ke spekulan jadi nggak visible," kata dia.

Pembangunannya Bisa Dicicil

Lebih lanjut, mantan Menteri Perindustrian (Menperin) tersebut meyakini rencana pemindahan ibu kota bisa saja diterapkan pada 2024. Dengan syarat, pemerintah harus segera menyelesaikan masterplan ibu kota sehingga pembangunan infrastruktur bisa dicicil sejak 2020.

Misalnya, pemerintah bisa membangun infrastruktur utama terlebih dahulu, seperti jalan, listrik, dan telekomunikasi.

“Kalau masterplan sudah siap, maka juga harus mulai dibangun gedung-gedung pemerintah yang diperlukan. Itu (sumber dananya) bisa melalui APBN dulu,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

Siapa Sukanto Tanoto

Dikutip dari Wikipedia, anak sulung dari tujuh bersaudara ini lahir pada 25 Desember 1949. Sang ayah merupakan imigran dari Fujian, Tiongkok. Pada 1966, dia berhenti sekolah karena sekolah Tiongkok waktu itu ditutup pada era Soeharto.

Sukanto tak bisa meneruskan pendidikan ke sekolah nasional karena ayahnya masih berkewarganegaraan Tiongkok.

Meskipun tak bisa menyelesaikan pendidikan formal di bangku sekolah, pria ini merupakan pebisnis otodidak. Dia belajar bahasa Inggris dengan kamus bahasa Mandarin—Inggris.

Kerja kerasnya berbuah hasil. Sukanto bisa mengikuti sekolah bisnis di Jakarta pada pertengahan 1970. Dia melanjutkan belajar di INSEAD, Fontainebleau, Perancis.

Pada 1997, Sukanto memilih tinggal di Singapura bersama keluarganya dan mendirikan kantor pusat di sana.

Sukanto tetap jadi warga negara Indonesia dan memegang paspor Indonesia.

Pemilik Grup Bisnis Multinasional

Sukanto merupakan pendiri sekaligus pemimpin RGE. Perusahaan manufaktur ini memiliki kantor di Jakarta, Hong Kong, Beijing, Nanjing dan Singapura.

Sukanto merintis bisnisnya 50 tahun silam. Dia berbisnis spare part untuk industri konsturksi dan migas. Pada 1967, dia merambah bisnis kayu lapis. Mengikuti kesuksesannya, pria itu menngembangkan bisnisnya menjadi minyak kelapa sawit, kehutanan, pulp and paper, serta pembangkit listrik, dikutip dari Tanoto Foundation

Kini, RGE menjadi grup perusahaan global dengan aset sebanyak US$20 miliar (Rp281,47 triliun) serta karyawan 60 ribu orang. Perusahaan manufakturnya beroperasi di Tiongkok, Indoneisa, dan Brazil. Penjualannya pun sudah merambah mancanegara.

RGE memiliki empat bisnis utama, yaitu pulp and paper (APRIL—Asia Pacific Resources International Holding Ltd dan Asia Symbol), minyak kelapa sawit (Asian Agri and Apical), rayon dan specialty pulp (Sateri International dan APR), serta energi (Pacific Oil and Gas).

Berapa Hartanya?

Dikutip dari Forbes, harta Sukanto senilai US$1,3 miliar (Rp18,29 triliun). Salah satu divisi RGE, Bracell, merupakan salah satu produsen selulosa terbesar di dunia. Produknya ini digunakan untuk membuat tisu untuk bayi dan es krim.

Sukanto Tanoto.

Sukanto tercatat merintis bisnis dari nol. Dia mulai berbisnis spare part dengan nama “Toko Motor”.

Pada 2018, melalui Tanoto Foundation, Sukanto berkomitmen mendirikan satu perpusatakaan untuk setiap medali emas yang diraih oleh atlet Indonesia. Sekadar informasi, di Asian Games 2018, Indonesia menyabet 31 medali emas.

Tanggung Jawab Sosial

Selalin berbisnis, Sukanto juga mendirikan yayasan Tanoto Foundation pada 1981. Yayasan ini bertujuan untuk menekan angka kemiskinan dan mengembangkan keterampilan masyarakat.

Pendirian yayasan ini bermula dari kepercayaan Sukanto. Dia percaya sebuah perusahaan bisa sukses jika perusahaannya bertanggung jawab.

Pria ini memastikan masing-masing bisnisnya bertanggung jawab kepada masyarakat dengan merangkul dan mengintegasikan tanggung jawab dengan konsep Corporate Social Responsibility (CSR).

Program-program CSR yang diberikannya mencakup skema pelatihan pertanian terpadu yang mengubah penduduk desa menjadi mandiri dan berkelanjutan. Kegiatan pengembangan masyarakat lainnya termasuk program usaha kecil dan menengah untuk membantu bisnis, pelatihan kejuruan, serta dukungan infrastruktur sosial.

Sukanto juga menjadi anggota INSEAD International Council, Wharton Board of Overseers, Wharton Executive for Asoa, dan komunitas lainnya tentang pendidikan dan industri.

Ayah beranak empat ini juga mendapatkan penghargaan dari Wharton School Dean’s Medal Award karena kontribusinya untuk mengembangkan ekonomi dan taraf hidup masyarakat.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Barang Rumahan yang Bisa Bangkitkan Kreativitas Si Kecil

4 Barang Rumahan yang Bisa Bangkitkan Kreativitas Si Kecil

Seringkali anak-anak tak tertarik dengan mainan, tapi barang yangs ering digunakan orangtuanya.

Baca Selengkapnya
Desain Unik Rumah Pebulutangkis Jojo dan Istri Mantan Personel JKT48: Serasa Tinggal di Jepang

Desain Unik Rumah Pebulutangkis Jojo dan Istri Mantan Personel JKT48: Serasa Tinggal di Jepang

Rumah ini merupakan rumah yang dibangun Jonatan Christie untuk tinggal bersama sang istri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Potret Rumah Baru Atta Halilintar yang Dirukiyah Usai ART Alami Kesurupan, Desainnya Unik Beda dari yang Lain!

Potret Rumah Baru Atta Halilintar yang Dirukiyah Usai ART Alami Kesurupan, Desainnya Unik Beda dari yang Lain!

Atta dan Aurel harus beberapa kali melakukan doa bersama untuk rumah baru mereka

Baca Selengkapnya
Intip 8 Potret Bocoran Desain Rumah Ayu Ting Ting yang Mewah, Akan Ditempati Usai Menikah?

Intip 8 Potret Bocoran Desain Rumah Ayu Ting Ting yang Mewah, Akan Ditempati Usai Menikah?

Simak deretan potret desain rumah Ayu Ting Ting yang mewah dan dikabarkan menelan biaya miliaran rupiah

Baca Selengkapnya
Potret Rumah Artis Sebelum dan Sesudah Sukses, Penampakannya Bak Bumi dan Langit!

Potret Rumah Artis Sebelum dan Sesudah Sukses, Penampakannya Bak Bumi dan Langit!

Mereka pernah tinggal di rumah sederhana yang jauh berbeda dengan penampakan hunian saat ini

Baca Selengkapnya
Sederet Artis Ini Beli Rumah Tetangganya, Ada yang Beli Satu kompleks

Sederet Artis Ini Beli Rumah Tetangganya, Ada yang Beli Satu kompleks

Untuk memiliki rumah yang besar, harus memiliki lahan yang luas. Alhasil, para seleb ini membeli rumah milik tetangganya.

Baca Selengkapnya
Potret Kamar Tidur Arie Untung dan Fenita yang Punya Dua Pintu Rahasia, Ternyata Isinya…

Potret Kamar Tidur Arie Untung dan Fenita yang Punya Dua Pintu Rahasia, Ternyata Isinya…

Kamar tidur Arie dan Fenita memiliki desain yang tak biasa

Baca Selengkapnya
Dulu Rumahnya Hanya Berdinding Kayu, Potret Dapur Rumah Mimi Peri di Kampung Bikin Takjub

Dulu Rumahnya Hanya Berdinding Kayu, Potret Dapur Rumah Mimi Peri di Kampung Bikin Takjub

Dulu hanya bekerja sebagai kuli bangunan, kini Mimi Peri sukses membangun rumah mewah.

Baca Selengkapnya