3 Bisnis Bermodal Kecil Ini Cocok Dijalani Anak Muda, Berani Coba?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 10 November 2020 07:34
3 Bisnis Bermodal Kecil Ini Cocok Dijalani Anak Muda, Berani Coba?
Cocok juga untuk bisnis rumahan.

Dream – Pandemi Covid-19 mempengaruhi roda bisnis sebagian besar UMKM di Indonesia. Tak menyerah dengan keadaan tersebut, pemerintah mendorong masyarakat terutama pebisnis muda untuk berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi.

“ Kami percaya anak muda Indonesia memiliki potensi yang besar untuk berinovasi,” kata Head of Commercial Zilingo, Melina Marpaung, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis Zilingo, Senin 9 November 2020.

Melina menambahkan, Zilingo siap mendukung usaha berkelanjutan melalui teknologi, produksi, dan keuangan. Dukungan ini bisa diakses di zilingotrade.id.

Dikatakan ada tiga bisnis bermodal kecil yang cocok dijajal oleh anak muda. Ini bisa juga dilakukan bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan dari rumah.

1 dari 3 halaman

Bisnis Makanan Sehat

Pandemi COVID-19 telah mengubah pola konsumsi masyarakat Indonesia, terutama terkait asupan nutrisi dan gizi makanan. Menurut survei Deloitte Consumer Insights, konsumen Indonesia semakin sadar tentang cara produksi makanan yang mereka konsumsi dan memprioritaskan pilihan yang lebih sehat dalam keputusan pembelian mereka.

 

 

Dari survei tersebut, responden mencari empat fitur utama dalam memilih produk makanan: tinggi vitamin & mineral, rendah kolesterol, rendah lemak, dan rendah gula.

Ditambah lagi, konsumen di kota-kota besar Indonesia rela merogoh kocek lebih untuk mendapatkan pilihan yang lebih sehat terutama di kondisi seperti sekarang. Tren tersebut dapat dimanfaatkan untuk mulai berbisnis makanan sehat.

2 dari 3 halaman

Bisnis Fesyen on Demand

Studi Knowledge E menemukan bahwa di antara konsumen Indonesia nilai emosional merek mendorong minat beli. Faktor inilah yang harus ditelusuri lebih lanjut saat ini oleh pelaku bisnis ketika sentimen terhadap produk dan merek lokal tinggi, terutama untuk produk fesyen lokal, termasuk pakaian dan sepatu.

 

 

Selain itu, rutinitas 'bekerja dari rumah' mendorong konsumen untuk mencari jenis pakaian yang nyaman namun tetap modis serta mendorong meningkatnya permintaan produk pelindung pribadi yang trendi.

3 dari 3 halaman

Bisnis Elektronik

Karena keterbatasan mobilitas yang ada, terjadi lonjakan dalam penggunaan gawai elektronik. Gawai ini diperlukan untuk menghibur konsumen di rumah maupun memenuhi tugas dan kebutuhan sehari-hari yang terus meningkat.

Hal ini membuka permintaan dan peluang baru bagi para pelaku bisnis yang ingin mendalami bisnis perangkat elektronik. Mulai dari peralatan masak, kamera dan aksesoris, home theater hingga mesin pembuat kopi.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar