3 Tempat Terburuk untuk Menyimpan Uang

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 27 September 2016 07:15
3 Tempat Terburuk untuk Menyimpan Uang
Pernah menyimpan di salah satu tempat ini?

Dream – Ada beberapa sarana yang cukup lumrah digunakan untuk menyimpan uang, seperti tabungan, reksa dana, dan deposito. Produk-produk pasar modal pun juga turut digunakan untuk menyimpan harta mereka.

Tapi, ada juga  yang menyimpan uang mereka di lokasi yang “ tersembunyi”. Cara ini digunakan oleh orang-orang zaman dahulu. Bahkan, cara ini juga tetap digunakan oleh mereka yang tidak mempercayai bank. Sebut saja di bawah bantal atau bahkan di dalam tanah. Cara-cara ini justru merugikan bagi si pemilik dana.

" Menyembunyikan uang di lokasi tersembunyi merupakan ide yang sangat buruk," kata pakar keuangan di Sekolah Bisnis Univesitas Northeastern, Coleen Pantalone, dilansir dari CheatSheet, Selasa 27 September 2016.

Misalnya, kata Pantalone, seseorang menyembunyikan uang mereka di sebuah kotak dan tidak memberitahukan keluarga mereka bahwa ada kotak penyimpanan uang. Ketika dia meninggal, bisa saja kotak tersebut dijual anggota keluarga tanpa mengetahui ada uang miliknya.

Lalu, tempat apa lagi yang paling buruk untuk menyimpan uang? Berikut ini adalah tiga tempat yang harus dihindari jika ingin menyimpan uang.

Mulai dari bawah kasur.

1 dari 3 halaman

Bawah Kasur

Menyimpan uang tunai di bawah kasur biasanya digunakan oleh orang-orang tua zaman dahulu. Cara tradisional ini justru berisiko tinggi. Bisa saja kasur yang digunakan untuk menyimpan uang itu tercuri atau bahkan terbakar.

Daripada menggunakan cara lawas ini, lebih baik menyimpan uang tunai di brankas pribadi. Atau, bisa saja menggunakan jasa penyimpanan uang yang disediakan oleh lembaga keuangan.

© Dream
2 dari 3 halaman

Rekening Tabungan

Menyimpan uang di rekening tabungan memang merupakan salah satu cara yang aman untuk menyimpan uang. Tapi, penyimanpanan uang di rekening bisa merugikan nasabah apabila ingin menyimpan uang dalam jangka panjang.

Selain terkena potongan-potongan yang menyebabkan jumlah simpanan berkurang, imbal hasil yang diberikan bank kepada tabungan tergolong kecil. Oleh sebab itu, tabungan ini cocok menjadi penyimpanan uang untuk jangka waktu yang pendek.

Solusinya, jika ingin menyimpan uang untuk jangka panjang, misalnya pensiun, seseorang bisa menggunakan produk pasar modal, seperti saham. Atau dia bisa saja menggunakan giro untuk menyimpan uangnya.

3 dari 3 halaman

Barang Koleksi

Benda koleksi juga kerap digunakan untuk sarana menyimpan uang. Misalnya, batu akik dan boneka. Masyarakat membeli benda-benda itu untuk dijadikan “ investasi”. Benda-benda tersebut bisa menghasilkan nilai yang tinggi ketika tengah booming.

Tapi, tempat ini juga termasuk ke dalam daftar sarana menyimpan uang yang paling buruk. Pertama, pasarnya terbatas. Sulit menemukan calon pembeli yang berniat membeli barang tersebut dengan nilai yang lebih tinggi.

Ke dua, jika memiliki hubungan emosi yang cukup tinggi dengan koleksi, ada kalanya merasa berat untuk melepas barang tersebut kepada orang lain. Jika ingin berinvestasi di barang koleksi, pastikan koleksi ini memiliki nilai yang tinggi dalam waktu yang cukup lama.

[crosslink_1]

© Dream
Beri Komentar