4 Industri Digital Andalan Ekonomi Indonesia Masa Depan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 12 April 2019 12:40
4 Industri Digital Andalan Ekonomi Indonesia Masa Depan
Apa sajakah itu?

Dream – Kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial, akan akses internet semakin meningkat.

Ada empat industri yang berpotensi besar untuk menyumbang perekonomian Indonesia melalui ekonomi digital. Keempat industri itu adalah pendidikan digital, musik, video, dan gaming,

Direktur Digital and Strategic Portfolio PT Telkom Tbk (Persero) dan Chief Strategy Officer (CSO) TelkomGroup, David Bangun, mengatakan hal ini berdasarkan atas riset Google dan Temasek. 

Riset itu menyatakan, ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh empat kali lipat pada 2025. Saat itu, ekonomi digital diprediksi mencapai US$100 miliar (Rp1.448 triliun).

Pada 2018, data itu juga menyebu nilai ekonomi digital Indonesia telah mencapai 2,9 persen dari GDP. Tak cuma itu, riset Google dan Temasek menyebut nilai ekonomi digital Indonesia akan menjadi yang terbesar ketiga di ASEAN setelah Singapura sebesar 3,3 persen dan Vietnam sebesar 4 persen.

“ Ini artinya, Indonesia sedang menghadapi potensi pertumbuhan ekonomi yang luar biasa sekali,” kata David dalam “ Telkom Digisummit 2019” di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 12 April 2019.

Perusahaan pelat merah ini juga mengoptimalkan beberapa aset dan kapabilitas, seperti big data dan jangkauan jaringan dan operasional yang bisa mendorong terbentuknya user experience terbaik dalam menikmati layanan-layanan digital. Infrastruktur pendukung untuk melayani kebutuhan pasar juga mulai dipersiapkan.

Di samping infrastruktur, Telkom juga mengoptimalkan beberapa asset dan kapabilitasnya seperti big data dan jangkauan jaringan dan operasional yang bisa mendorong terbentuknya “ user experience” terbaik dalam menikmati layanan-layanan digital,” kata dia.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Prapanca Dintan dan Cerita Pengalaman Terjun di Dunia Klinik Kecantikan