5 Negara Paling `Kejam` Beri Gaji untuk Wanita Menikah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 19 Mei 2016 08:44
5 Negara Paling `Kejam` Beri Gaji untuk Wanita Menikah
Beberapa negara Eropa membedakan gaji seorang wanita lajang dengan wanita yang memiliki anak.

Dream - Banyak negara di Eropa yang menerapkan standar kehidupan, kenyamanan, dan pendapatan yang tinggi. Akan tetapi, mereka juga menerapkan aturan kesenjangan upah antara wanita dan pria yang sangat mencolok.

Bahkan, kesenjangan upah tersebut akan meningkat apabila seorang wanita telah memiliki anak.

Dilansir dari Business Insider, Kamis 18 Mei 2016, sebuah riset ekonomi menemukan kesenjangan upah di beberapa negara Eropa meningkat drastis apabila seorang wanita karir melahirkan dan mulai membesarkan anak.

Negara yang memberlakukan aturan selisih gaji tersebut, akan menjadikannya sebagai negara termahal bagi ibu. Sebab, pendapatan seorang ibu akan berkurang dengan adanya selisih gaji tersebut. Plus, biaya hidup di sana juga cukup tinggi.

Berikut ini adalah lima negara termahal bagi seorang ibu.

1. Irlandia

Di negara tersebut, ada perbedaan gaji yang diterima seorang ibu yang punya anak minimal satu orang dengan wanita yang tidak memiliki anak. Perbedaannya sebesar 31 persen.

2. Jerman

Membesarkan anak di Jerman merupakan hal yang mahal bagi seorang ibu. Kesenjangan upah gender di sana sebesar 23 persen.

3. Portugal

Ada kesenjangan upah di Portugal sebesar 16 persen antara wanita yang belum punya anak dengan wanita yang sudah punya anak.

4. Inggris.

Di Inggris, perbedaan upah yang diterima perempuan yang belum punya anak dengan yang sudah punya anak sebesar 14 persen.

5. Austria

Di negara ini, selisih gaji akan sebesar 13 persen apabila seorang perempuan sudah punya anak.

Beri Komentar