5 Tips Hemat Belanja Bulanan Selama Pandemi Corona

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 7 April 2020 17:45
5 Tips Hemat Belanja Bulanan Selama Pandemi Corona
Jangan malas lakukan yang nomor 5.

Dream – Keahlian mengatur keuangan belanja bulanan menjadi sebuah kewajiban bagi setiap keluarga baik suami maupun istri. Tak hany ibu rumah tangga, perempuan yang memilih menjadi wanita karier juga harus pintar mengalokasikan biaya belanja bulanan.

Apalagi saat ini di mana Indonesia sedang dilanda pandemi corona. Selain menulari lebih dari dua ribu orang, wabah covid-19 yang memaksa orang berdiam diri di rumah juga bisa membuat pengeluaran membengkak.

Kamu mungkin tak sadar, meski bekerja dan sekolah dari rumah, biaya belanja bulanan kamu pasti akan membengkak. Tagihan listrik atau air nantinya juga ikut bertambah. Alhasil penghasilan yang tadinya bisa mencukupi kebutuhan selama satu bulan menjadi berkurang.

Nah disinilah peran seorang istri, maupun suami, sangat penting untuk menerapkan trik menghemat belanja bulanan.

Lalu, bagaimana cara istri menghemat pengeluaran untuk belanja rumah tangga?

 

 

1 dari 5 halaman

Belanja di Pasar Atau Agen Grosir

Trik menghemat belanja bulanan yang pertama adalah berbelanjalah di pasar tradisional, tukang sayur gerobakan, atau agen grosiran. Tidak seperti di supermarket, berbelanja sayuran di pasar tradisional atau di tukang sayur gerobakan, harganya jauh lebih murah.

Kamu bisa menghemat dengan membeli sayuran segar dengan harga miring, bahkan kamu bisa tawar menawar. Dengan berbelanja di pasar tradisional atau di tukang sayur gerobakan, kamu secara tidak langsung membantu pedagang kecil menghabiskan dagangannya.

 © Dream

Tidak hanya berbelanja sayuran, jika kamu membutuhkan bahan pokok, kamu juga bisa berbelanja di toko agen grosiran. Sama hal pasar tradisional, harga bahan pokok di toko agen grosiran juga lebih murah ketimbang di supermarket yang harganya sudah diakumulasi dengan biaya pajak.

Namun, biasanya kamu harus membeli dalam jumlah lusin atau jumlah besar (tidak ecer), di toko agen grosiran ini. Dengan begini, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran belanja bulanan.

2 dari 5 halaman

Membuat Catatan Belanja

Sebelum pergi ke pasar tradisional atau toko agen grosiran, sebaiknya kamu membuat catatan rencana belanja, sebagai salah satu trik menghemat belanja bulanan. Pastikan kamu mencatat barang apa saja yang akan dibeli sesuai kebutuhan. Hal ini dilakukan, agar sesampainya kamu di pasar atau agen, kamu tidak lupa membeli apa yang harus dibeli.

Selain itu, catatan rencana belanja juga sangat membantumu menekan keinginan, untuk tidak membeli barang yang tidak dicatat alias tidak dibutuhkan.

 

3 dari 5 halaman

Bedakan Belanja Harian, Mingguan, dan Bulanan

Trik menghemat belanja bulanan berikutnya ini juga penting untuk dilakukan, apalagi di tengah kondisi negara yang sedang bermasalah. Pasalnya, kamu jangan sampai salah membeli barang, dan pastikan disesuaikan dengan kebutuhan dan ketahanan harian, mingguan dan bulanan.

 

 © Dream

 

1. Belanja bulanan: sifat tahan lama (misalnya beras, minyak goreng, sampai kebutuhan mandi)
2. Belanja mingguan: yang tahan seminggu (misalnya bumbu dapur, galon air, daging)
3. Belanja harian: yang tidak tahan lama (sayur, roti, tempe, tahu, dan lain-lain)

4 dari 5 halaman

Cari Diskon di E-Commerce

Merebaknya virus corona di sejumlah kota di Indonesia, membuat beberapa daerah di-lockdown secara lokal. Hal tersebut pun membuat warga kesulitan untuk berbelanja ke luar rumah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan kegiatan belanja online melalui beberapa e-commerce. Kamu bisa berbelanja keperluan rumah tangga, bahan pokok, hingga sayuran segar.

Nantinya, belanjaan kamu akan diantar oleh jasa pelayanan antar barang atau ekspedisi, atau juga bisa melalui ojek online. Sehingga, kamu tidak perlu keluar rumah, dan terpapar virus corona.

Tidak hanya itu, selain mudah dan praktis, kamu juga bisa memanfaatkan diskon, promo, flash sale dengan berbelanja online. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu trik menghemat belanja bulanan loh.

Harganya pun bisa lebih murah ketimbang membeli langsung di supermaket. Kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan ongkos kirim gratis, jika berbelanja dengan jumlah yang sudah ditentukan pihak e-commerce.

5 dari 5 halaman

Cek Perbandingan Harga Sebelum Belanja

Trik menghemat belanja bulanan yang tidak kalah penting dilakukan adalah membandingkan harga sebelum berbelanja. Untuk trik ini, kamu bisa terapkan ketika belanja langsung di pasar, minimarket atau di e-commerce.

Bagaimana cara membandingkannya? Kamu bisa membandingkan harga barang dengan jenis yang sama namun beda merek, atau beda lokasi pembelian jika langsung beli di pasar. Jika berbelanja di e-commerce, kamu bisa bandingkan harga di e-commerce lain, serta pastikan ada diskon atau tidak.

 

 © Dream

 

Pastikan, kamu membeli barang yang dibutuhkan dengan harga yang paling murah, namun tetap dengan kualitas yang sama dengan barang yang harganya mungkin lebih mahal. Ini akan membantumu berhemat meskipun selisih Rp1.000 dan Rp2 ribu.

 

(Sumber: Cek Aja)

Beri Komentar