6 Cara Jawab Pertanyaan Kekurangan Saat Sesi Wawancara Kerja

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 16 Agustus 2019 18:29
6 Cara Jawab Pertanyaan Kekurangan Saat Sesi Wawancara Kerja
Mengungkap kekurangan dengan cara yang tepat bisa jadi peluang diterima dalam suatu pekerjaan.

Dream - Pelamar kerja sering merasa gugup saat mendapat pertanyaan sederhana ketika wawancara. 

Salah satu pertanyaan sederhana tapi sering membuat gugup adalah 'Apa yang menjadi kekuranganmu?’. Banyak pelamar kerja menganggap ini sebagai pertanyaan jebakan. 

Sebagai orang yang menginginkan pekerjaan, kamu pasti ingin memberikan jawaban tepat dan tidak mengancam kesempatan kerja.

Dilansir dari Times of India, berikut trik cerdas untuk mengatasi pertanyaan sederhana tapi sulit saat wawancara kerja.

 

1 dari 6 halaman

Realistis

Sebagian pelamar kerja mungkin akan memberikan jawaban seperti 'Saya seorang perfeksionis. Saya tak punya kekurangan'.

Meski terdengar hebat, tapi jawaban seperti itu akan memberikan kesan arogan. Karenanya, cobalah menjawab secara realistis. Akuilah kekuranganmu dengan cara yang cerdas dan elegan.

 

2 dari 6 halaman

Mengakui Kekurangan dengan Tepat

Kunci keberhasilan menjawab pertanyaan soal kekurangan ini adalah memberikan jawaban yang tepat dan cerdas. Usahakan jawaban itu tidak berdampak negatif pada posisi atau pekerjaan baru yang akan dilamar.

Sebagai contoh, mungkin tidak bagus bagi seorang calon karyawan bagian penjualan untuk mengakui bahwa dia kurang suka berbicara dengan orang, yang nantinya akan berdampak pada klien potensial saat bekerja. Karenanya, berikan jawaban tentang kekurangan yang tidak berdampak besar bagi posisi atau pekerjaan barumu.

 

3 dari 6 halaman

Tunjukkan Bahwa Kamu Tahu Kekuranganmu

Cara tepat dan berdampak positif saat memulai menjawab pertanyaan rumit ini adalah dengan mengakui bahwa kamu memiliki kekurangan seperti halnya karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

 Wawancara Kerja

Ini menunjukkan bahwa kamu tahu kekuranganmu dan tidak malu untuk mengakuinya. Selain bersikap tidak sombong, jawaban ini juga menandakan kalau kamu adalah calon karyawan yang jujur dan tidak anti-kritik.

 

 

4 dari 6 halaman

Jadikan Kekurangan Sebagai Hal Positif

Setelah mengakui kekurangan, cobalah untuk 'menutupinya' dengan menjelaskan cara mengatasinya. Jika mengaku sebagai desainer grafis yang pemalu, jelaskan bahwa kamu tidak malu-malu jika bicara masalah pekerjaan dan selalu menjadi pengambil inisiatif dalam tim.

 

5 dari 6 halaman

Persiapkan Jawaban di Rumah

Membuat jawaban yang sudah disiapkan memang tidak terlalu penting. Namun, setidaknya kamu sudah memiliki gambaran saat wawancara.

Kamu tidak perlu mengingat semuanya karena tidak mungkin memberikan jawaban persis seperti yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Lagi pula, mengingat jawaban yang sudah dipersiapkan memerlukan jeda sepersekian detik yang akan 'menghancurkan' wawancara kerja.

 

6 dari 6 halaman

Mengapa Pertanyaan Soal Kekurangan Ini Harus Ada?

Pertanyaan soal kekurangan ini diperlukan untuk menambah nilai saat wawancara kerja. Karena, dengan menjawab tentang kekurangan tersebut secara jujur dan cerdas, kamu dianggap sebagai calon karyawan yang tidak anti-kritik.

Dengan menerima kritik atas kekurangan tersebut, akan menyempurnakan keterampilan dan profesionalismemu. Selain itu, pertanyaan ini berguna bagi perusahaan untuk melihat bagaimana kamu bisa menghadapi berbagai tantangan sulit saat menjalankan pekerjaan.

 

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham