7 Resolusi Keuangan yang Harus Dibuat Setiap Pasangan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 4 Februari 2019 14:15
7 Resolusi Keuangan yang Harus Dibuat Setiap Pasangan
Tahun baru, kondisi keuangan juga harus baru, dong.

Dream – Bagi kamu yang sudah menikah, berselisih merupakan hal yang normal dalam rumah tangga. Tapi, perbedaan pendapat tentang uang bisa membuat hubungan merenggang.

Apalagi jika salah satu pasangan merasa memiliki penghasilan lebih besar. Rasa iri atau rendah diri membuat hubungan semakin memburuk.

Nah agar hubungan pernikahan kamu tetap harmonis meski punya perbedaan penghasilan, sebaiknya kamu berdua mulai merancang beberapa resolusi finansial.

Resolusi ini akan membuka jalan keluar bagi pasangan tentang masalah uang.

Berikut ini adalah tujuh resolusi keuangan, dikutip dari All Womens Talk, Sabtu 2 Februari 2019.

1 dari 4 halaman

Tingkatkan Pembahasan tentang Uang

1. Meningkatkan Pembahasan tentang Uang

Bersikap terbuka tentang keuangan pribadi adalah salah satu dari beberapa resolusi keuangan yang harus dibuat oleh setiap pasangan. Beberapa orang merasa tidak nyaman mendiskusikan keuangan. Mungkin mereka tumbuh di sebuah rumah di mana uang adalah hal yang tabu, atau mungkin mereka malu dengan keuangan pribadi mereka.

Apa pun alasannya, penting bagi pasangan untuk membicarakan utang, pendapatan, dan tujuan keuangan. Dengan cara ini, tidak ada kejutan, dan pasangan dapat bekerja sama untuk menyelesaikan masalah keuangan dalam hubungan.

2. Mulai Menabung

Kalau kamu dan pasangan tak memiliki dana untuk keadaan darurat atau rekening pensiun, buatlah resolusi untuk mulai menabung. Buatlah cadangan hingga 3-6 bulan.

2 dari 4 halaman

Lebih Berhemat dan Bayar Utang

3. Berhemat Lebih Banyak

Kalau sudah punya rekening tabungan dan pensiun, buatlah resolusi untuk meningkatkan saldo tabungan. Kamu takkan pernah punya tabungan jika tidak melakukannya.

Semakin banyak kontribusi ke rekening pensiun, semakin mudah juga kamu bisa mempertahankan gaya hidup setelah pensiun.

4. Bayar Utang

Terlalu banyak utang bisa menurunkan kualitas kemampuan meminjam kamu. Strategi untuk melunasi saldo adalah membayarnya dengan cicilan minimal.

Carilah cara untuk menghasilkan pendapatan tambahan dan gunakan uangnya untuk membayar utang.

3 dari 4 halaman

Buat Anggaran dan Gunakan Jasa Perencana Keuangan

5. Buat Anggaran

Membuat anggaran mungkin seperti tugas yang membosankan. Kalau terus-menerus belanja atau kekurangan uang setiap bulan, anggaran atau rencana pengeluaran bisa meringankan kedua masalah.

Anggaran memungkinkan kamu menilai apa yang masuk dan apa yang keluar. Kamu dapat memutuskan berapa banyak untuk dibelanjakan dalam berbagai kategori pengeluaran, yang memastikanmu memiliki cukup pendapatan untuk kebutuhan pokok.

Tanpa anggaran, kamu berisiko pengeluaran berlebihan untuk rekreasi, hiburan dan makanan, dan tidak memiliki cukup uang tunai untuk keperluan utilitas atau pembayaran rumah Anda.

6. Jangan Malu Menggunakan Jasa Perencana Keuangan

Setiap orang membutuhkan rencana keuangan. Sebagai pasangan, kamu bisa duduk dan mendiskusikan tujuan finansial jangak panjang dan jangka pendek.

Selanjutnya, buat strategi untuk mencapai tujuan ini. Tak ada salahnya untuk membuat janji dengan perencana keuangan. Profesional ini dapat memberikan saran tentang semua bidang keuangan pribadi mulai dari membeli asuransi jiwa hingga menghilangkan hutang.

4 dari 4 halaman

Jangan Takut untuk Berbelanja

7. Jangan Takut Belanja

Menabung dan melunasi utang merupakan hal yang penting dan bisa meningkatkan keuangan pribadi. Pada saat yang sama, jangan takut untuk berbelanja secara royal dan bersenang-senang.

Berikan anggaran belanja kecil. Ini adalah uang yang dapat kamu gunakan untuk tujuan apa pun. Misalnya, berbelanja dan manikur. Menikmati beberapa kesenangan hidup bisa mengurangi risiko letih karena berhemat.

Meningkatkan uang tidak bisa terjadi dalam semalam. Peningkatan uang juga tak terjadi secara kebetulan. Duduk berdua bersama pasangan dan meninjau keuangan rumah tangga. Kamu dan pasangan bisa membuat rencana yang cocok untuk kamu berdua. 

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak