9 UKM Finalis Kreatif Lokal Award Dapat Kesempatan Unjuk Diri

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 25 Oktober 2020 13:22
9 UKM Finalis Kreatif Lokal Award Dapat Kesempatan Unjuk Diri
Para finalis yang dinyatakan sebagai juara akan mendapat hadiah uang tunai.

Dream - Sesi pertama babak final penjurian Kreatif Lokal Award 2020 dinyatakan selesai. Pada sesi pertama, Dewan Juri melakukan penilaian terhadap presentasi dari para UKM finalis kategori Fashion, Pertunjukan, dan Fotografi.

Hari ini, Minggu, 25 Oktober 2020, sesi kedua penilaian babak final dilakukan kepada UKM finalis kategori Kuliner, Kriya dan Video. Sebanyak 9 UKM berkesempatan untuk unjuk diri di hadapan Dewan Juri Kreatif Lokal Award

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan ajang yang digagas untuk mendorong peningkatan kesejahteraan bagi para pelaku UKM. Adira Finance sebagai penggagas gelaran ini ingin memotivasi para pelaku UKM dan generasi muda untuk bangkit bersama membangun perekonomian Indonesia.

" Pandemi Covid-19 telah berdampak pada sektor usaha. Situasi ini mendorong kita untuk bangkit dan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi," ujar Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, yang juga anggota Dewan Juri Kreatif Lokal Award 2020, melalui keterangan tertulis.

9 UKM tersebut yaitu Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry di kategori Kuliner. Kemudian ada Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon di kategori Kriya. Sedangkan di kategori Video ada Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio.

 

1 dari 3 halaman

Dewan Juri

Penilaian dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari Ketua Dewan Juri Daniel Tumiwa, Dirut Adira Finance Hafid Hadeli, Deputi Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Dirut KapanLagi Youniverse Steve Christian, serta Dirut Bukalapak Rachmat Kaimuddin.

Para finalis akan mendapatkan beberapa variabel penilaian tambahan pada sesi penjurian yang digelar secara online. Dewan Juri akan memberikan penilaian berdasarkan motivasi peserta, hasil produk UKM dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar, serta komitmen jangka panjang para peserta terhadap produk dan usaha mereka.

Selain itu, beberapa ikon kreatif kenamaan kembali turut memberikan saran dan pandangan mereka. Pada babak final sesi kedua ini akan hadir Sisca Soewitomo pakar yang akan jadi ikon kreatif kategori Kuliner, sutradara Fajar Nugros untuk kategori Video, serta seniman Joko Avianto untuk kategori Kriya.

Nantinya, juara Kreatif Lokal Award 2020 berhak mendapatkan hadiah uang tunai dengan nilai total puluhan juta rupiah. Juga mendapatkan business coaching dari Bukalapak dan Prasetiya Mulya-ELI serta pendampingan usaha dari Kemenparekraf, lapak online eksklusif di Bukalapak, juga eksposure di media massa senilai total lebih dari Rp800 juta.

Penghargaan dan hadiah kepada para finalis Kreatif Lokal Award 2020 akan diserahkan saat Malam Anugerah Festival Kreatif Lokal 2020 pada 13 November 2020. Momen ini bertepatan dengan perayaan HUT ke-30 Adira Finance.

 

2 dari 3 halaman

Membantu Para Pelaku UKM

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya, mengatakan dengan menjadi mitra strategis dalam program Festival Kreatif Lokal 2020, Kemenparekraf/Barekraf dapat membantu pelaku kreatif sub sektor Fashion, Kuliner, Kriya, Pertunjukan, Fotografi, dan Video dalam mengembangkan pemasaran produk atau jasa mereka agar lebih bernilai ekonomis, inovatif, berdampak baik, dan berkelanjutan.

" Sebagai program pendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia dan #BeliKreatifLokal, kami berharap program ini juga dapat memacu pertumbuhan bisnis ekonomi kreatif yang akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia," kata Nia.

Di babak final sesi kedua ini akan menghadirkan performa Maliq &D'Essentials. Proses penjurian dan beragam hiburan dapat disaksikan secara langsung melalui Vidio.com. 

Penonton juga dapat berpartisipasi dengan memberikan vote untuk finalis UKM terfavorit yang nantinya mendapatkan hadiah uang tunai Rp10 juta. Penonton dapat mengakses tautan vote pada pinned chat atau memindai QR code lewat kamera handphone di video penjurian babak final.

Tersedia hadiah hiburan bagi penonton beruntung yang berpartisipasi memberikan vote atau mengikuti live quiz. Masyarakat juga bisa memberikan dukungan langsung pada produk Indonesia dan pelaku UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2020 dengan mengunjungi dan berbelanja produk-produk mereka di Bukalapak.

" Mengingat pentingnya UKM dalam menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, Bukalapak menciptakan sebuah ekosistem untuk mempermudah UKM dalam menjalankan usahanya dan memperluas pasar dengan memanfaatkan teknologi terkini," ujar Dirut Bukalapak, Rachmat Kaimuddin.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Kreatif Lokal Award 2020

Kreatif Lokal Award 2020 diikuti 1.079 pelaku UKM dalam rentang usia 21-35 tahun dan didominasi perempuan. Para peserta berasal dari seluruh pelosok negeri.

Pada 18 Oktober 2020 lalu, 9 UKM unjuk diri dengan mengungkap rencana pengembangan, harapan serta dampak usaha mereka kepada lingkungan sekitarnya. Termasuk juga seluk beluk usaha dan strategi pemasaran yang inovatif.

Pelaku UKM yang sudah memberikan presentasinya pekan lalu adalah Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint di kategori Fashion. Lalu, Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio untuk kategori Pertunjukan. Di kategori Fotografi ada, Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography.

Di penghujung Festival Kreatif Lokal 2020 yang digelar pada Januari 2021, terdapat serangkaian agenda telah disiapkan. Mulai dari Konser Kreatif Lokal, Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori.

Ada pula konser amal bersama artis ternama Indonesia untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terkena dampak pandemi.

Beri Komentar