PPN Saudi Mulai Berdampak, Aljazair Naikkan Ongkos Haji

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 18 Januari 2018 14:43
PPN Saudi Mulai Berdampak, Aljazair Naikkan Ongkos Haji
Setiap Muslim di negara kawasan Afrika utara itu dikenakan biaya sebesar Rp59,59 juta jika ingin menunaikan ibadah haji.

Dream – Kebijakan Arab Saudi memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk sejumlah sektor tak hanya membuat cemas calon jemaah umroh dan haji di Tanah Air. Banyak negara mayoritas muslim mulai menghitung biaya baru yang menyesuaikan dengan kebijakan Saudi itu.

Salah satunya Aljazair yang memutuskan menaikkan ongkos ibadah haji. Biaya tersebut kini menjadi US$4.460, setara Rp59,59 juta per orang, naik sebesar US$220, setara Rp2,94 juta.

Dikutip dari Mynewshub, Kamis, 18 Januari 2018, pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Agama dan Wakaf Aljazair, Mohammed Aissa, dalam rapat anggaran bersama Badan Anggaran Parlemen di Aljir.

Di samping itu, di depan parlemen, Mohammed juga mengatakan pendaftaran elektronik untuk nomor urut calon haji dimulai pada 10 Februari 2018. Dia memastikan haji akan diselenggarakan dengan cara terbaik dan pendaftarannya berjalan lancar.

Sekadar informasi, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mengenakan pajak 5 persen untuk produk barang dan jasa. Aturan ini resmi berlaku pada 1 Januari 2018.

Keputusan ini ditetapkan Saudi untuk mendapatkan sumber dana alternatif selain minyak. Harga minyak mentah dunia yang rendah membuat cadangan kas Saudi defisit.

(Sah)

 

Beri Komentar