Ada Satu Bank Mau Pisah dari Induk di 2018, Siapa?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 18 Desember 2017 12:44
Ada Satu Bank Mau Pisah dari Induk di 2018, Siapa?
Namanya bank...

Dream – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan unit usaha syariah (UUS) untuk melepaskan diri (spin off) dari induk maksimal pada 2023. UUS ini lepas jika asetnya sudah mencapai 50 persen dari induk.

Lalu, bagaimana kabar spin off UUS?

Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK, Ahmad Soekro Tratmono, mengungkapkan ada bank yang memang menyerahkan permohonan spin off pada 2018 dan ada pula yang mepet—tapi tak disebutkan pasti bank apa yang ingin melakukan spin off berdekatan dengan tenggat waktu yang diberikan.

Ahmad hanya menyebutkan jika bank yang berencana pisah dari induk itu adalah sebuah Bank Pembangunan Daerah (BPD). Dikatakan bahwa Bank Jatim akan melepas UUS-nya menjadi Bank Umum Syariah.

“ Di sini yang sudah masuk ada 1 BPD dari Jawa Timur yang mau spin off,” kata Ahmad di Jakarta, ditulis Senin 18 Desember 2017.

Dia mendorong bank-bank konvensional untuk melepas UUS.

“ Spin off bisa juga dilakukan dengan merger UUS-UUS menjadi BUS (Bank Umum Syariah). Ini menjadi model yang bagus,” kata Ahmad.

Dia mengatakan, saat ini, jumlah BUS ada 13 bank, sedangkan UUS ada 21 bank, baik yang dimiliki oleh bank swasta maupun BPD. “ Kalau tidak salah, ada 15 BPD yang memiliki UUS,” kata Ahmad.

(Sah)

 

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi