Ani Yudhoyono Sakit Kanker, Berapa Biaya Pengobatannya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Februari 2019 14:50
Ani Yudhoyono Sakit Kanker, Berapa Biaya Pengobatannya?
Istri mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengidap kanker darah.

Dream – Kabar mengejutkan disampaikan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia mengatakan bahwa sang istri, Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono, tengah dirawat di Singapura karena mengidap penyakit kanker darah.

SBY tidak menyebut kondisi detil penyakit yang tengah diidap oleh Ibu Ani. Yang jelas, SBY meminta doa untuk kesembuhan Ibu Ani yang menjalani perawatan di Singapura sejak 2 Februari lalu itu.

Kanker merupakan salah satu momok bagi masyarakat. Selama ini, kanker yang paling sering ditemui adalah kanker kulit, kanker ovarium, kanker darah, dan kanker paru-paru.

Selain beban psikologis melihat kerabat atau anggota keluarga harus mempersiapkan banyak biaya untuk proses penyembuhan. Lantas, berapa kira-kira besar uang yang harus dikeluarkan untuk pengobatan kanker darah?

1 dari 3 halaman

Besaran Biaya

Dikutip dari Liputan6.comdr. Czeresna Heriawan Soejono, mengatakan ada banyak jenis kanker dengan biaya pengobatan yang variatif. Misalnya, biaya rawat jalan kanker mencapai Rp566 ribu untuk sekali kunjungan, misalnya deteksi dini.

Untuk pengobatan, rentang biayanya sekitar Rp200 ribuhingga Rp30 juta, tergantung stadium dan jenis kanker dan penyakit lain yang diidap pasien.

“ Itu (biaya) rawat jalan,” kata Heriawan.

Jika pasien harus menjalani rawat inap, mantan direktur utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), ini mengatakan, satu paket pengobatan bisa mencapai Rp3,5 juta hingga Rp5 juta. Kalau diperlukan obat tertentu, akan ada biaya tambahan.

“ Kalau dia butuh radioterapi, (biayanya) Rp1,6 juta satu kali radiasi,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Ani Yudhoyono Mengidap Kanker Darah, SBY: Saya Mohon Doa

Dream - Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyampaikan kabar prihatin untuk masyarakat Indonesia. Melalui video yang dia bagikan, SBY mengumumkan sang istri, Ani Yudhoyono, mengalami kanker darah.

" Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air. Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah," kata SBY dalam video yang diterima Dream, Rabu, 13 Februari 2019.

SBY menjelaskan, Ani saat ini tengah menjalani perawatan di National University Hospital, Singapura sejak 2 Februari 2019. Mantan ibu negara bernama lengkap Kristiani Herawati itu tengah menjalani perawatan di Singapura atas rekomendasi Tim Dokter Kepresidenan Indonesia.

" Atas nama ibu Ani dan keluarga besar SBY, saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, tuhan yang maha kuasa dengan takdir dan kuasanya memberikan kesembuhan kepada istri tercinta, Ibu Ani atau Kristiani Herawati binti Sarwo Edhi Wibowo agar ibu ani dapat kembali menjalani kegiatan. sehari-harinya di Tanah Air," ujar dia.

SBY mengucapkan kepada berbagai pihak yang turut membantu proses perawatan Ani. Termasuk salah satunya kepada Presiden Joko Widodo.

" Pada kesempatan ini juga saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan pemerintah, utamanya tim dokter kepresidenan atas perhatian dan bantuan yang diberikan dalam pengobatan Ibu Ani," kata dia.

3 dari 3 halaman

Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi dan Masyarakat Indonesia

SBY juga mengucapkan mengucapkan terima kasih atas ucapan doa kesembuhan kepada Ani yang disampaikan oleh warga masyarakat.

Selain mengucapkan terima kasih, SBY juga meminta maaf karena tidak dapat menghadiri sejumlah kegiatan yang direncanakan.

" Sebagai seorang suami tentu saya harus mendampingi ibu ani dalam menghadapi ujian dan cobaan tuhan ini," ucap dia.

Meski mengetahui Ani sebagai sosok yang kuat, tabah, dan tegar dalam menghadapi tantangan kehidupan, SBY dan keluarga dapat erat bersatu mendukung kesembuhan Ani.

" Agar semua ikhtiar untuk penyembuhan Ibu Ani dalam ijin dan pertolongan Allah dapat berhasil dengan baik," ucap dia.(Sah)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie