Arti di Balik Nama Toko Roti TOUS les JOURS, Siapa Pemiliknya?

Reporter : Okti Nur Alifia
Sabtu, 29 April 2023 16:20
Arti di Balik Nama Toko Roti TOUS les JOURS, Siapa Pemiliknya?
Banyak orang mengira toko roti ini berasal dari Prancis, ternyata bukan, Apa arti dari TOUS les JOURS?

Dream - Pernahkah kamu melihat gerai roti TOUS les JOURS? Meskipun memiliki merek berbahasa Prancis, brand ini dimiliki oleh CJ Foodville, salah satu unit usaha CJ Group dari Korea Selatan.

TOUS les JOURS (dibaca Tu le zchyur) didirikan pada tahun 1996, dan toko pertamanya dibuka di Guri, Korea Selatan, pada bulan September 1997.  Saat ini TOUS les JOURS telah memiliki lebih dari 1.300 toko di Asia dan Amerika Serikat.

Pertanyaannya, apa arti dari TOUS les JOURS?

Tak banyak yang tahu, menurut laman resminya, TOUS les JOURS mempunyai arti ‘Setipa Hari’.

“ TOUS les JOURS adalah Toko Roti Prancis-Asia, yang berarti 'SETIAP HARI',” dikutip dari laman resminya.

1 dari 5 halaman

Tidak dijelaskan kenapa perusahaan memilih kata Tous Les Jours tersebut. Namun roti ini sudah lama memasuki industri bakery di Indonesia.

TOUS les JOURS  pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2011, dan sekarang telah berkembang menjadi 47 lokasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali. 

Sedangkan secara global, TOUS les JOURS sudah memulai ekspansi dengan memasuki pasar AS pada tahun 2004.

Roti dari Negeri Ginseng ini menawarkan ratusan makanan panggang yang berbeda dari roti, kue kering, kue, makanan penutup, kue kering, hingga minuman.

“ Sebagai toko roti yang otentik, TOUS les JOURS berkomitmen untuk menggunakan bahan-bahan premium. Bahan-bahan kami yang dipilih dengan cermat dipadukan dengan metode pemanggangan alami untuk membuat makanan panggang segar di setiap toko kami setiap hari,” tulis TOUS les JOURS. (x)

 

2 dari 5 halaman

Sering Dikira Asli Indonesia, Ini Pemilik Biskuit Legendaris Khong Guan yang Kalengnya Tak Pernah Ketinggalan Saat Lebaran

Dream - Idul Fitri 1444H tinggal menghitung hari. Lebaran umat Muslim ini biasanya dipenuhi dengan makanan suguhan untuk tamu yang berkunjung ke rumah-rumah, salah satunya biskuit legendaris Khong Guan.

Namun tahukah kamu Khong Guan bukanlah asli dari Indonesia? Merek biskuit berasal dari Singapura, sejak 1947. 

Khong Guan diinisiasi oleh kakak beradik Chew Choo Keng dan Chew Choo Han, yang merupakan imigran asal Fujian, China. Keduanya bekerja di pabrik biskuit Singapura untuk menghidupi keluarganya di kampung.

3 dari 5 halaman

Cikal bakal berdirinya Khong Guan adalah saat Jepang menginvasi Singapura. Kala itu Keng dan Han mengungsi ke Perak, Malaysia. Mereka membuat biskuit sampai persediaan tepung dan gula habis. Untuk bertahan hidup, keduanya juga menjual garam dan sabun.

Setelah Jepang mundur, Keng dan Han kembali ke Singapura dan menjual biskuit buatan sendiri. Menariknya, Han menemukan mesin pembuat biskuit yang sudah rusak dari pabrik tempat mereka bekerja dulu. Dari situlah mereka menciptakan lini produksi biskuit sendiri.

Dengan mesin semi otomatis dan rantai sepeda, mesin ini menggerakkan biskuit dengan sistem konveyor melalui oven bata yang telah diakali sedemikian rupa. Hasilnya, penjualan pun meningkat seiring tingginya kemampuan produksi. 

4 dari 5 halaman

Hingga tahun 1947, Khong Guan Biscuit Factory Pte Ltd resmi didirikan, menyusul pabriknya yang berdiri di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Pada awal 1980-an, pabrik Khong Guan mulai melebar, yang berdiri di pesisir China. Tak hanya di Asia Tenggara dan China, Khong Guan juga bisa ditemukan di supermarket di lebih dari 40 negara. Di antaranya Timur Tengah, Hong Kong, Jepang, Australia, Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat.

khong guan

KGB lantas mulai menyadari potensi penuh pasar Amerika Serikat (AS). Hal ini mengarahkan pada penggabungan Khong Guan Corporation (KGC) pada tahun 1982 sebagai perusahaan yang berbasis di AS di Berkeley, California.

5 dari 5 halaman

Empat tahun kemudian pada tahun 1986, Khong Guan kembali mendirikan pabrik di Tripaldi Way di Hayward, California, dan mulai memperluas jaringannya untuk menjangkau seluruh pasar Amerika Utara.

Pangsa pasar Biskuit Khong Guan tumbuh dari 4 persen pada tahun 1986, menjadi pemimpin pasar hanya dalam tiga tahun dan merupakan produsen biskuit Asia pertama yang memproduksi iklan TV dan surat kabar di AS.

KGC juga merupakan anggota aktif dari The National Association For The Specialty Food Trade (NASFT) dan Food Marketing Institute (FMI).

Mereka secara teratur mengadakan pameran di Pameran Makanan Mewah Musim Dingin NASFT di San Francisco dan telah mengadakan pameran di Pameran Makanan Mewah Musim Panas di New York City.

 

Beri Komentar