Cegah Bencana Asap, Jokowi Ingin Beli Pesawat Khusus

Reporter : Ramdania
Senin, 12 Oktober 2015 12:15
Cegah Bencana Asap, Jokowi Ingin Beli Pesawat Khusus
Minimal 3 unit pesawat untuk persiapan penanggulangan bencana asap.

Dream - Banyaknya titik api yang terjadi pada bencana asap tahun ini mendorong Pemerintah merencanakan pembelian pesawat khusus penanggulangan bencana di Tahun Anggaran mendatang.

Selain dapat digunakan untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran lahan dan hutan, pesawat ini juga dapat digunakan untuk mengangkut barang-barang bantuan jika rerjadi bencana di suatu daerah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemerintah tidak berharap bencana asap terjadi lagi di masa mendatang. Namun, posisi Indonesia di kawasan “ ring of fire“ , membuat pemerintah selalu dituntut siap menghadapi bencana kapan pun.

“ Tahun depan kita rencanakan untuk membeli pesawat khusus untuk penanggulangan bencana,” ujar Jokowi dalam situs Sekretariat Kabinet, Senin, 12 Oktober 2015.

Menurut Presiden, pesawat yang akan dibeli itu memiliki kapasitas 12 ton atau kapasitasnya 4 kali lipat dari yang ada saat ini, yakni hanya sekitar 2-3 ton.

“ Pesawat yang bisa membawa air lebih dari 12 ton, minimal tiga unit. Ya jadi tahun depan,” ungkap Jokowi.

Namun, pembelian pesawat itu, tambah Jokowi, masih harus melalui proses pembahasan oleh DPR RI, termasuk anggaran untuk pembelian pesawat itu. (Ism)

Beri Komentar