Ridwan Kamil Usul Ganti Nama Bandara Kertajati Jadi Habibie

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 19 September 2019 17:47
Ridwan Kamil Usul Ganti Nama Bandara Kertajati Jadi Habibie
Kang Emil menggelar jajak pendapat untuk followernya terkait usul mengganti nama Bandara Kertajati. Kamu setuju?

Dream – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengusulkan mengubah nama Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat menjadi BJ Habibie. Usulan tersebut disampaikan pria yang disapa Kang Emil saat melakukan jajak pendapat di akun Instagramnya. 

Kang Emil beralasan usulan nama baru itu sebagai bentuk penghormatan terhadap mendiang BJ Habibie yang telah berjasa memajukan dunia dirgantara Indonesia.

“Apakah netizen setuju, khususnya yang warga Jawa Barat, setuju jika Bandara International Kertajati didedikasikan menjadi Bandara Internasional B. J. Habibie?” tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya @ridwankamil, Kamis 19 September 2019.

Habibie diketahui sosok di balik berdirinya industri produsen pesawat di Indonesia, yaitu PT Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) yang kini berganti nama menjadi PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Suami Almh. Hasri Ainun Habibie ini juga membidani pesawat N-250—pesawat yang lahir dari idenya.

 

1 dari 7 halaman

Warganet Setuju

Warganet setuju dengan penggantian nama Bandara Kertajati menjadi Bandara B. J. Habibie. Mereka menilai Habibie merupakan sosok panutan yang sudah membanggakan Indonesia, terutama di bidang kedirgantaraan.

Warganet berpesan agar bandara tersebut dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

“ Pak Habibie tokoh nasional, presiden RI, pembawa teknologi Indonesia ke panggung dunia. Pak Habibie identik dengan kedirgantaraan. Walaupun Pak Habibie lahir di Pare-Pare, tapi beliau sekolah, kuliah, kerja, dan tinggal di #Jabar. Bila diabadikan untuk nama bandara internasional @infobijb Kertajati, #SetujuSekali,” tulis @maznonot.

“ Setuju, Pak, karena beliau sosok panutan yang sudah membanggakan bangsa kita di mata dunia,” tulis @dharayanovita.

“ Jadikeun, paaak,” tulis @radiorajafmsumedang.

“ Setujuuuu… Dan dibuatkan akses yang lengkap serta fasilitas lengkap seperti hotel biar nama besar BJ Habibie nggak rusak dengan sepinya bandara,” tulis @fauzanprad.

2 dari 7 halaman

Selebritis Juga Setuju

Sederet artis juga menyetujui ide penggantian nama Bandara Kertajati menjadi Bandara B. J. Habibie.

“ @ridwankamil Asiiiiiaaaaap Setujuu Pak Gub,” tulis Hengky Kurniawan di akun Instagramnya @hengkykurniawan.

“ Gas kaaang,” tulis Anji di @duniamanji.

“ Satuju pisan kang…,” tulis Irfan Hakim di @irfanhakim75.

“ Setuju,” tulis @chikajessica88.

3 dari 7 halaman

Impian BJ Habibie Tentang Indonesia Maju dan Unggul

Dream – Kepergian Presiden ke-3 Indonesia, B. J. Habibie, menyisakan duka mendalam bagi maayarakat Indonesia dan dunia. Tak sedikit kenangan dan pesan yang diberikan dari sosok yang tengah merancang pesawat karya anak bangsa, R-80.

Salah satu pesan yang diberikan adalah memprioritaskan industri, seperti yang diutarakan oleh Menteri Badan Perencanan Pembangunan Nasional, Bambang P. S. Brodjonegoro. Habibie berpesan agar industri dalam negeri bisa maju.

Dia juga berpesan agar konektivitas di sektor perhubungan udara ditingkatkan.

" Beliau berpesan agar Indonesia selalu prioritaskan industri bernilai tambah tinggi dan berbasis teknologi, serta membangun konektivitas antar pulau via udara,” kata mantan menteri keuangan Liputan6.com, dikutip Kamis 12 September 2019.

Bambang menilai Habibie sebagai sosok negarawan yang demokratis.

4 dari 7 halaman

Role Model

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, turut berbela sungkawa atas meninggalnya Habibie. Budi Karya menyebut suami Alm. Hasri Ainun Habibie ini patut jadi role model.

“ Duka mendalam atas wafatnya putra terbaik bangsa Bapak BJ Habibie. Atas karya dan legacy Beliau sangat patut sebagai role model,” kata dia.

Budi Karya menilai sosok ini wajib dikagumi generasi milenial. Alasannya, kejeniusannya dalam menciptakan karya membuatnya dikenal sampai luar negeri. Habibie pun juga berperan banyak dalam kemajuan industri strategis di Indonesia.

" Banyak jasa almarhum di beberapa perusahaan industri strategis, seperti INKA, PAL, INTI. Beliau banyak memberi sumbangan pada industri transportasi," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Bawono Yadika)

5 dari 7 halaman

Pemilik 46 Hak Panten, Ini Kekayaan BJ Habibie yang Tetap Bersahaja

Dream – Presiden ketiga Indonesia, B. J. Habibie, terlihat sebagai orang yang bersahaja. Tapi, siapa sangka, dia merupakan orang yang kaya.

Dikutip dari Boombastis, Rabu 11 September 2019, salah satu buktinya, Habibie memiliki garasi mobil yang luas. Isinya? Koleksi mobil lawas. Mayoritas mobil yang dikoleksinya adalah Mercedes Benz. Ada salah satu mobil koleksinya yang harganya mencapai Rp6 miliar.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing. Mobil yang diproduksi antara 1954 hingga 1957 memiliki pintu yang dibuka secara vertikal dan merupakan seri sport pertama Mercedes dengan pintu gullwing, dikutip dari Liputan6.com.

Selain mobil, pria yang akrab dipanggil “ Eyang” ini juga suka dengan sepeda motor. Ada dua moge Harley Davidson yang mejadi kesayangannya.

Pria bernama lengkah Bacharuddin Jusuf Habibie, melirik Harley Davidson Softail Springer dan Badboy untuk dijadikan koleksi.

6 dari 7 halaman

Berapa Kekayaannya?

Menurut Majalah Fat Eastern Economic Review, kekayaan Habibie mencapai US$60 juta (Rp844,11 miliar). Dikutip dari Money Smart, dia dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia.

Habibie merupakan presiden ketiga yang menggantikan Soeharto yang dilengserkan pada 21 Mei 1998.

Kala itu, dia baru saja menjabat sebagai wakil presiden selama 2 bulan 7 hari. Habibie mengemban tugas sebagai presiden selama 1 tahun 7 bulan.

7 dari 7 halaman

Kantongi Banyak Hak Paten

Selama terjun di bidang teknologi, terutama aeronautika, Habibie menghasilkan banyak penemuan. Dia mengantongi sekitar 46 hak paten.

Yang paling terkenal adalah teori keretakan sayap. Penemuan teori yang penting bagi dunia industri pesawat ini membuatnya mendapat julukan Mr Crack.

Dari hak paten ini, Habibie mendapatkan royalti. Apalagi, mengingat temuan di dunia teknologi dan sains sangat banyak.

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting