Jadi Stafsus Jokowi, Segini Gaji Putri Tanjung

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 23 November 2019 11:54
Jadi Stafsus Jokowi, Segini Gaji Putri Tanjung
Digaji dengan nominal fantastis, Putri akan mengeluarkan ide-ide cemerlang selama menjabat jadi stafsus.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menunjuk tujuh milenial sebagai staf khusus kepresidenan. Mereka akan membantu Jokowi mencari gagasan-gagasan baru yang out of the box.

Ketujuh staf khusus itu adalah Putri Tanjung, Adamas Belva Syah Devara, Ayu Kartika Dewi. Angkie Yudistia, Billy Mambasar, Aminuddin Maruf, dan Andi Taufan Garuda Putra.

Putri Tanjung, salah satu staf khusus yang juga menjabat sebagai CEO Creativepreneur menjadi anggota termuda yang akan menerima gaji bernilai fantastis di usia 23 tahun.

 Putri Tanjung

Foto: Instagram @putri_tanjung

1 dari 5 halaman

Lalu, Berapa Gajinya?

Bicara tentang gaji staf khusus, ketentuan ini diatur dalam Peraturan Presiden No. 144 Tahun 2015 tentang Besaran Hak Keuangan bagi Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Wakil Presiden, Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten, dan Pembantu Presiden. Di aturan ini, gaji staf khusus presiden mencapai Rp51 juta.

Gaji ini merupakan pendapatan keseluruhan dan sudah termasuk gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan pajak penghasilan.

2 dari 5 halaman

Jokowi: Staf Khusus Tak Harus Ngantor Tiap Hari, yang Penting Target

Dream - Jokowi tidak mengharuskan para staf khususnya untuk rutin ngantor di Istana Negara. Dia hanya meminta para staf khusus tersebut bertemu dengannya dan melaporkan kinerjanya satu atau dua minggu sekali.

" Tidak full time. Jadi beliau-beliau ini sudah memiliki kegiatan, memiliki pekerjaan. Ya bisa nanti mingguan, tidak harus setiap hari tapi minimal satu atau dua minggu tapi pasti ketemu tapi tidak harus harian ketemu," ujar Jokowi, dikutip dari , Kamis 21 November 2019.

Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu menambahkan, para staf khusus presiden ini akan diberikan target yang harus diselesaikan. Tapi, kata dia, target tugas itu diselesaikan tanpa harus bertatap muka dengannya.

" Iya kalau kerja dengan saya pasti ada target, tapi saya tidak ingin harus setiap hari beliau-beliau ini datang ke sini, yang penting target yang saya minta dapat," kata dia.

Jokowi ingin ada terobosan dari para staf barunya. " Iya saya ingin ada inovasi, ada gagasan, ada ide baru, ada terobosan baru, sehingga memudahkan kita dalam mengelola negara ini sehingga golnya ke sana," kata Jokowi.

3 dari 5 halaman

Profil Putri Tanjung, 'Squad Milenial' Jokowi Termuda Putri Miliarder RI

Dream - Mengenakan kemeja putih dengan celana hitam fit semata kaki, Putri Tanjung duduk santai bersama dengan enam staf khusus lain yang ditunjuk Jokowi. Boleh dibilang mereka adalah " Squad Milenial" sang Presiden.

Terobosan kaum muda memang sangat dibutuhkan oleh negara ini. Di antara 7 staf khusus tersebut, Putri adalah yang termuda. Perempuan lulusan Academy of Art di San Fransisco ini kelahiran 22 September 1996. Presiden Jokowi bahkan sangat kaget saat tahu usia Putri.

" Putri Indahsari Tanjung, umur masih sangat muda 23 tahun. Saya kaget 23 tahun," ujar Jokowi di Istana, Jakarta, Kamis, 21 November 2019 kemarin.

Nama Putri Tanjung tak bisa dilepaskan dari nama besar ayahnya, Chairul Tanjung. Biasa disapa CT, Chairul adalah pengusaha sukses yang sempat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Chairul Tanjung juga menjadi salah satu langganan penghuni daftar orang terkaya Indonesia dan dunia.

4 dari 5 halaman

Tak Pernah Bekerja di Perusahaan Ayahnya

Faktanya sampai saat ini Putri tak pernah bekerja sekali pun di perusahaan ayahnya. Ia memilih untuk membuat perusahan sendiri dan kini menjabat sebagai CEO Creativepreneur dan Chief Officer Kreatif. Creativepreneur adalah penyedia event untuk menyebarkan virus entrepreneur bagi anak muda.

  Putri Tanjung

Sederet acara seminar bisnis dan kreatif telah dilakukan Putri bersama timnya. Penunjukkannya sebagai salah satu staf khusus Presiden, tak dipungkiri membuatnya bangga sekaligus haru.

Hal tersebut disampaikan Putri Tanjung melalui sebuah unggahan di Instagram Story di akun Instagram pribadi sesaat setelah ia diumumkan sebagai salah satu staf khusus Presiden.

" Terharu. Terima kasih banyak teman teman untuk respond yang sangat positif dan supportnya. Insya Allah akan menjalankan amanah sebaik mungkin," tulis Putri.

Selamat bekerja, Putri!

Sumber: Liputan6.com

5 dari 5 halaman

Mengenal Angkie Yudistia, Sosok Difabel Berprestasi 'Pasukan Muda' Jokowi

Dream - Sejak muda Angkie Yudistia sudah tahu betul apa yang ingin diraih dan selalu mencari jalan melakukannya. Ia merupakan penyandang tunarungu. Saat kecil, Angkie terkena penyakit malaria yang membuatnya demam tinggi dan kehilangan pendengaran.

Kekurangan tersebut tak lantas membuatnya menyerah. Di usia 20-an, Angkie sempat menjadi model dan wajahnya menghiasi berbagai sampul majalah dan iklan. Tak hanya itu, Angkie juga mendirikan Thisable Enterprise, asosiasi sumber daya manusia untuk penyandang disabilitas dan non-disabilitas.

Perempuan 32 tahun ini juga seorang penulis. Angkie telah menelurkan tiga buah buku yang bertajuk Menembus Batas, Setinggi Langit, dan Sociopreneur.

Pada akhir Oktober 2019 lalu, Angkie Yudistia dianugerahkan penghargaan sebagai Asia Women Marketer of the Year 2019 di Asia Marketing Federation yang berlangsung di Taipei, Taiwan.

Ia juga menerima penghargaan Ikon Prestasi Pancasila 2019 dan menjadi penghargaan ke-21 selama berkarier. Apresiasi ini diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

  Cerita Angkie Yudistia Memilih Bahan Hijab Buat Tunarungu

Dengan sederet pencapaian dan prestasi, tak heran kalau Angkie ditunjuk oleh presiden Jokowi sebagai staf khusus. Ia diberi tugas menjadi juru bicara Presiden membawahi bidang sosial.

Targetnya adalah agar Indonesia lebih inklusif dan ramah bagi disabilitas. Ditunggu ide-ide cemerlangnya, Angkie!

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir