Mau Wawancara Kerja Berjalan Dengan Lancar? (Foto: Shutterstock)
Dream – Proses penerimaan pegawai baru di masa pandemi Covid-19 ini mengalami banyak penyesuaian. Kini hampir seluruh perusahaan menggunakan teknik wawancara jarak jauh saat hendak menelusuri lebih jauh kandidat pelamar.
Interview kerja adalah salah satu momen bagi kandidat untuk menarik perhatian pihak pewawancara. Saking pentingnya, banyak calon pelamar yang sampai gugup bahkan bingung ketika menghadapi salah satu sesi penerimaan pegawai ini.
Agar kamu selamat dari kondisi tersebut, selain mencari tahu informasi tentang perusahaan dan lowongan pekerjaan yang dilamar, ada hal-hal yang harus dilakukan agar wawancara berjalan lancar.
Dikutip dari Times of India, Selasa 26 Januari 2021, hal pertama yang harus diperhatikan adalah meminta agar jadwal interview dilakukan pagi hari. Jika bisa memilih, jadwalkan interview untuk slot pertama atau kedua di pagi hari. Hal ini akan membantumu untuk menenangkan perasaan gugup saat sebelum melakukan interview. Selain itu kamu juga tidak perlu menunggu sepanjang hari.
Kedua, jangan minum kopi.
Sebaiknya kurangi dosis kafein harianmu. pilihlah makanan yang sehat dan bergizi lengkap karena akan memberikan aura yang menyegarkan saat kamu melakukan interview. Selain itu kamu juga bisa tidur lebih cepat dan segar di pagi hari.
Ketiga: Olahraga ringan.
Mungkin kamu heran apa kaitan olahraga dengan wawancara kerja. Penting disadari jika berolahraga dengan melakukan beberapa gerakan ringan bisa membantu menjernihkan pikiran. Ini adalah cara yang bagus agar rileks saat interview, serta memberikan semangat di pagi hari.
Keempat: Jangan lupa pasang alarm.
Kamu harus membuat peringatan alarm di ponsel milikmu. Hal ini sangat penting untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti terlambat atau lupa. Kamu juga bisa aktifkan banyak alarm dengan waktu beruntun apabila termasuk orang yang sulit bangun.
Kelima, Jalin kedekatan dengan pewawancara
Sahabat Dream harus mengenal dan memiliki kedekatan dengan interviewer. Tapi ingat jangan sok kenal. Kamu bisa mulai dari menanyakan kabar dengan sopan dan ramah. Hal tersebut dapat menjadi pintu masuk bagimu untuk dikenal agar memiliki koneksi ke depannya.
Keenam, jangan gelisah.
Meskipun kegelisahan merupakan hal yang tidak disengaja, namun saat kamu mulai gelisah, kamu akan terlihat sebagai orang yang gugup dan bimbang. Ini bukanlah kesan yang bagus saat melakukan interview karena dapat memberi kesan bahwa kamu tidak siap.
Ketujuh, mengajukan pertanyaan.
Kamu harus ajukan pertanyaan tentang perusahaan dan bagaimana kebiasaan atau peraturan di kantor. Sikap ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang ingin tahu tentang perusahaan.
Kedelapan, jangan sungkan untuk follow up.
Setelah wawancara, pastikan kamu membuat catatan pada lamaran. Di catatan ini, ungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan dan keinginan untuk bekerja di perusahaan tersebut.
Nah semoga berbagai trik itu bisa membantu kamu sukses interview kerja dan mendapat pekerjaan di perusahaan idaman.
(Laporan: Yuni Puspita Dewi)
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN