Ovo Raih Ikhlas (Ferdike/ Dream)
Dream - Nasihat untuk pintar pengatur keuangan selama bulan Ramadan mungkin terdengar sebagai hal mudah untuk dilakukan. Namun faktanya, 6 dari 10 orang Indonesia mengaku kesulitan mengatur keuangan selama ramadhan, terlebih karena pandemi yang membuat kebutuhan semakin banyak.
Temuan tersebut diperoleh dari hasil survei yang digelar perusahaan keuangan digital Ovo Indonesia terhadap masyarakat
“ Kembali menjalani Ramadan di masa pandemi di mana banyak sekali tantangan dan cobaan yang harus kita hadapi dengan hati yang ikhlas. Salah satu dari tantangan itu adalah mengenai mengatur keuangan di masa Ramadan.” papar Harumi Supit, Head of Corporate Communication Ovo pada webinar #RaihIkhlas, Selasa 13 April 2021.
Selain kesulitan mengaaturr keuangan selama Ramadan, hasil survei perilaku masyarakat Indonesia terkait pengelolaan keuangan di bulan Ramadan dan masa pandemi jua menemukan lebih dari 52 persen orang menggunakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan.
Temuan lain yang diperoleh OVO dari survei tersebut adalah:
Mayoritas responden memilih untuk menyalurkan THR sebagai hadiah untuk orang lain, kebutuhan sehari-hari, ditabung dan berinvestasi.
Lolita Setyawati, seorang Perencana Keuangan, menyimpulkan dari survei bahwa mayoritas masyarakat sulit mengatur pengelolaan keuangan.
Menurut lolita, kesalahan yang sering kali dilakukan saat Ramadan, antara lain tidak membuat perencanaan atau anggaran dan tidak mencatat pengeluaran, mudah tergoda keinginan, menggunakan sumber dana yang tidak sesuai peruntukkan dan berhutang demi gaya hidup Ramadan; dan tidak membuat skala prioritas.
" Padahal saat Ramadan, kita mempunyai beberapa kebutuhan tambahan ataupun pengeluaran khas Ramadan, seperti biaya mudik, zakat, memberikan THR pada yang bekerja, memberikan bingkisan baik keluarga maupun kerabat. Banyak faktor yang membuat pengelolaan keuangan melenceng" tambah Lolita.
Lolita juga membagikan beberapa tips mengatur keuangan selama Ramadan, yakni:
1. Buatlah daftar prioritas sesuai kebutuhan
2. Siapkan dana ekstra untuk kebutuhan tambahan
3. Belanja di awal atau dicicil sebelum bulan Ramadan
4. Buatlah menu sahur dan buka puasa untuk menghindari pembelanjaan makanan yang impulsif
Ovo Indonesia yang menghadirkan kampanye #RaihIkhlas berharap bisa mengajak para konsumennya lebih bijak mengatur dan menggunakan uangnya dalam menjalani Ramadhan #dirumahaja. Menjalani tahun kedua bulan suci Ramadan pada masa pandemi, melatih kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi tantangan.
#RaihIkhlas hadir untuk membantu penggunanya menjalani Ramadan dengan lebih baik melalui fitur-fitur layanannya seperti pembayaran digital termasuk juga fitur donasi, Ovo Proteksi dan Ovo Invest.
Melalui kampanye #RaihIkhlas, Ovo berupaya untuk mendukung masyarakat pada saat ini melalui kemudahan solusi pembayaran, investasi dan asuransi digital termasuk juga kemampuan untuk menyalurkan sedekah secara online.
OVO berharap dengan kampanye #RaihIkhlas dan hasil survei pengelolaan keuangan ini dapat membantu masyarakat Indonesia mengatur kelola keuangan lebih baik dan kita bersama dapat meraih ikhlas, menerima kondisi ini dan terus bersemangat menjalani Ramadan yang khidmat.
Advertisement
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Throwback Serunya Dream Day Ramadan Fest bersama Royale Parfume Series by SoKlin Hijab
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik