Analisa Ekonom Soal Niat Prabowo Subianto Pacu Tax Ratio Jadi 16 %

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 18 Januari 2019 17:15
Analisa Ekonom Soal Niat Prabowo Subianto Pacu Tax Ratio Jadi 16 %
Dia ingin menaikkan rasio pajak untuk menekan korupsi di lingkungan birokrasi.

Dream – Calon presiden, Prabowo Subianto, berjanji akan menaikkan rasio pajak (tax ratio) dari 11,5 persen menjadi 16 persen jika diberi mandat memimpin Indonesia. Target ini diharapkan bisa meningkatkan pemasukan negara dari sisi pajak.

Dengan keuangan negara yang cukup kuat, Prabowo berharap bisa memperbaiki kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI yang pada akhirnya menekan peluang terjadinya korupsi.

Direktur Eksekutif Center of Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo, menilai upaya menaikkan tax ratio memang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah. Untuk mencapai tujuan pembangunan yang optimal, rasio pajak yang diperlukan minimal 16 persen.

“ Saat ini, baik pasangan Jokowi-Makruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga Uno, sudah selayaknya memberi perhatian pada perbaikan sistem perpajakan agar kita mampu mencapai level optimal untuk pembangunan," kata Yustinus dikutip Dream dari Merdeka.com, Jumat 18 Januari 2019.

Namun Yustinus menyayangkan jika kenaikan rasio pajak nantinya hanya dialokasikan untuk program jangka pendek seperti penanganan korupsi.

" Logika sederhana pemerintah ingin menarik pajak lebih besar dari rakyat, untuk membiayai para aparatur negara yang tugasnya melayani kepentingan rakyat. Lalu kita bergumam 'mahal benar ya mengongkosi pelayan',” kata dia.

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Finding Beauty by Natural Honey Episode 1 (Web Series)