BNI Syariah Bertekad Pacu Industri Halal Sumbar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 27 Maret 2017 11:16
BNI Syariah Bertekad Pacu Industri Halal Sumbar
Dukungan yang diberikan ini lewat pembiayaan value chain pada sektor pangan dan pertanian.

Dream Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng industri keuangan untuk meluncurkan program aksi pangan. Salah satunya peserta dalam aksi tersebut adalah PT BNI Syariah.

“ Keikutsertaan BNI Syariah dalam kegiatan Aksi Pangan ini merupakan upaya BNI Syariah untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pembiayaan value chain pada sektor pangan dan pertanian dari hulu ke hilir,” kata Plt. Direktur Utama BNI Syariah, Junaidi Hisom, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 27 Maret 2017.

Junaidi mengharapkan dukungan ini bisa mengatasi masalah terbatasnya akses pembiayaan, khususnya di sektor ketahanan pangan, yaitu pertanian, kehutanan, perkebunan, dan perikanan.

Sekadar informasi, peluncuran program Aksi Pangan ini dilakukan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Selain Junaidi, acara ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, anggota Komisi XI DPR RI, Gubernur Provinsi Sumatera Barat, pejabat Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, serta diikuti oleh asosiasi, pimpinan industri jasa keuangan dan pelaku financial technology (fintech) di bidang pertanian.

Selain program Aksi Pangan, anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) ini juga bertemu dengan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dan Walikota Padang, Mahleydi Ansharullah. Dalam pertemuan itu, bank syariah tersebut mendukung kemajuan industri halal di Sumatera Barat.

”Kami mendukung penuh pariwisata di ranah minang karena Sumatera Barat memiliki potensi dan kekayaan alam yang luar biasa,” kata Junaidi.

Dia mengatakan BNI Syariah akan mengumpulkan pelaku industri pariwisata, seperti hotel, restoran, dan travel untuk bekerja sama memajukan industri pariwisata halal di Sumatera Barat (Sumbar).

Sebagaimana diketahui, Sumbar telah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia tahun 2016 di ajang World Halal Tourism Award 2016. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, Pemerintah Daerah, Association of the Indonesia Tours & Travel Agencies (ASITA) yang menyebutkan potensi jumlah wisatawan halal tourism sebesar 15 juta wisatawan dengan jumlah transaksi sekitar Rp 223 triliun.

Junaidi mengatakan BNI Syariah bersama Mastercard akan menjalin kerja sama promo dengan merchant­-merchant pelaku industri pariwisata halal di sana. Dengan adanya kerja sama BNI Syariah dengan pemerintah daerah Sumatera Barat, diharapkan program wisata halal yang akan dilaksanakan bisa lebih banyak mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara.(Sah)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara