Bukan Cuma Berjualan, Intip Kisah Pemilik Warung Mitra Tokopedia yang Ajak Anak-Anak Menghafal Alquran

Reporter : Jeffreydien Winanda
Sabtu, 23 April 2022 16:00
Bukan Cuma Berjualan, Intip Kisah Pemilik Warung Mitra Tokopedia yang Ajak Anak-Anak Menghafal Alquran
Tokopedia pun mengapresiasi apa yang dilakukan Iswandi yang gigih berbisnis sekaligus berbagi kebaikan kepada sesama terutama anak-anak.

Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Bukan tanpa alasan, pada periode inilah setiap kebaikan dinilai berlipat ganda serta jadi penghapus segala dosa.

Maka nggak heran jika sudah banyak orang tergerak untuk melakukan kebaikan seperti sedekah. Menariknya, perkembangan teknologi juga memudahkan donasi dan sedekah yang kini bisa dilakukan secara digital. Sepanjang 2021 saja, masyarakat Indonesia telah menyumbang lebih dari Rp160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia.

“ Hal ini menunjukkan bahwa semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan tetap tinggi walau di tengah pandemi,” ujar Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo.

Hadirkan Kampanye Ramadan Berlipat Nikmat

Dengan antusiasme yang muncul di bulan Ramadan ini, Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia menghadirkan kampanye Ramadan Berlipat Nikmat. Dalam kampanye ini, terdapat program bernama Belanja Otomatis Donasi yang di dalamnya terdapat pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung dan toko kelontong, bisa berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“ Tokopedia nantinya akan membantu menyalurkan donasi dari para pegiat usaha tradisional yang bergabung dalam Mitra Tokopedia kepada anak-anak, yatim piatu, kaum dhuafa dan para lansia dalam bentuk sembako,” jelas Karina.

Memunculkan Kisah Inspiratif dari Pegiat Usaha

Melalui kampanye ini, muncul banyak kisah inspiratif yang dihadirkan para pelaku usaha. Salah satunya adalah Iswandi. Beliau merupakan pegiat usaha tradisional di Mitra Tokopedia dengan membuka warung di Tulungagung, Jawa Timur.

Setelah berjualan selama lebih dari 20 tahun, Iswandi bergabung dengan Mitra Tokopedia pada September 2021. Menariknya, dia turut berkontribusi kepada masyarakat sekitar terutama anak-anak. Bukan sekadar berjualan, namun juga mengajarkan nilai-nilai pendidikan dan keagamaan kepada mereka.

Iswandi, Mitra Tokopedia© Iswandi, Mitra Tokopedia

“ Anak-anak di sekitar sini suka jajan di warung saya, terkadang ketika membayar uangnya kurang. Saya tidak mencatatnya sebagai hutang. Sebagai gantinya, saya meminta mereka membaca hafalan surat-surat pendek Alquran atau saya membuat pertanyaan ringan terkait pelajaran di sekolah. Hitung-hitung sedekah dan juga menambah ilmu anak-anak sekitar,” ujar Iswandi.

Tokopedia pun mengapresiasi apa yang dilakukan Iswandi yang gigih berbisnis sekaligus berbagi kebaikan kepada sesama terutama anak-anak.

“ Kami sangat mengapresiasi para pegiat usaha tradisional yang telah berdonasi, salah satunya Pak Iswandi. Semoga donasi yang terkumpul dapat menginspirasi para pegiat usaha lainnya untuk berbagi kebaikan terhadap sesama,” ujar Karina Susilo.

Program Undian THR untuk Pegiat Usaha

Tokopedia juga menghadirkan serangkaian kampanye menarik seperti program Undian THR yang diperuntukkan bagi para pegiat usaha tradisional dengan memanfaatkan ekosistem Mitra Tokopedia. Tak tanggung-tanggung, ada THR senilai RP 150 juta yang disiapkan oleh Tokopedia.

Mitra Tokopedia sendiri merupakan ekosistem yang dibangun untuk membantu para pegiat usaha tradisional beradaptasi dengan era digital melalui pemanfaatan teknologi. Lewat aplikasi Mitra Tokopedia, para pegiat usaha tradisional seperti pemilik warung atau toko kelontong bisa menyetok barang dagangan dengan lebih cepat dan efisien hanya lewat genggaman tangan, serta berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token dan listrik, pembayaran PDAM, BPJS, uang sekolah dan kuliah dan masih banyak lagi.

Beri Komentar