Kaos Mahal (Foto: Instagram/fermgallery)
Dream – Dari waktu ke waktu tren fashion terus mengalami perubahan. Bahkan semakin kesini, fashion dapat menjadi salah satu investasi yang mahal. Salah satunya T-Shirt.
T-Shirts awalnya diberikan kepada anggota Angkatan Laut AS untuk dipakai sebagai pakaian dalam di bawah seragam mereka.
Tak lama kemudian, perusahaan tekstil P.H. Hanes Knitting mulai merilis versi garmen mereka sendiri pada tahun 1902. Baru pada tahun 1950-an T-Shirt menjadi bagian fashion yang terus digemari.
Ketika Marlon Brando menggunakan desain T-Shirt ikonik dalam penampilannya saat meraih nominasi Oscar di A Streetcar Named Desire, popularitas T-Shirt semakin meroket.
T-Shirt dengan cepat dihias dengan beberapa slogan, pola, dan desain penuh warna yang dapat memamerkan individualitas dan ekspresi diri.
Selama ini telah banyak band, merek, dan perusahaan mulai mengubah T-Shirt mereka dengan logo dan pernyataan berbeda, menciptakan iklan bergerak yang dapat dikenakan konsumen.
Beberapa dari T-Shirts ini menjadi sangat ikonik sehingga beberapa dekade kemudian, mereka berubah menjadi fashion yang sangat didambakan dan dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar di pelelangan.
Berikut ini, 11 T-Shirt termahal yang berhasil terjual dalam pelelangan:
Kelangkaan T-Shirt ini menjadikannya aset yang sangat berharga bagi para penggemar Zeppelin. Terlebih setelah T-Shirt ini hanya digunakan sebanyak dua kali dala pertunjukan di Knebworth House di Inggris.
Selama pelelang eBay, T-Shirt itu dilaporkan terjual dengan harga 10 ribu dollar kepada seorang penggemar dari Australia.
Kaos seram ini berasal dari masa Brian Warner yang dikenal dengan moniker Marilyn Manson ketika masih tampil dengan nama band " Marilyn Manson and the Spooky Kids" .
Kaos itu konon diberikan kepada sesama musisi di Fort Lauderdale, Florida tepat sebelum Manson menandatangani kontrak dengan Trent Reznor, dan menghapus " Spooky Kids" dari nama penampilannya.
Manson mendesain kaos itu sendiri sehingga membuatnya lebih berharga. Kaos ikonik tersebut dijual di eBay dengan harga 11.111 dollar.
Kaos ini awalnya dirilis sebagai alat promosi untuk membantu menjual pertunjukan Run DMC awal 1980-an.
Karena kelangkaan T-Shirts hip hop tahun 80-an, dikombinasikan dengan popularitas yang terus meningkat dan status kultus ikonik dari Run DMC, kaos ini dilaporkan telah terjual seharga 13 ribu dollar pada lelang menurut MoneyInc via TheTalko.
Kaos tersebut juga merupakan hasil kolaborasi dengan raksasa streetwear Adidas yang sudah tidak asing lagi dengan harga tinggi untuk streetwear unik mereka.
Dihiasi dengan logo dari restorannya sendiri, John Lennon dikabarkan mengenakan kaos ini di mana-mana. Seperti untuk pertunjukan, saat difoto di rumahnya, bahkan selama beberapa kali tampil di televisi.
Dimaksudkan untuk mempromosikan bisnisnya sendiri, penggemar dengan cepat menyukai gambar ikonik tersebut dan bersedia mengeluarkan uang dalam jumlah besar ketika akan dilelang.
MoneyInc melaporkan bahwa kaos tersebut terjual lebih dari 16 ribu dollar. Menjadikannya salah satu T-Shirt paling mahal dan ikonik sepanjang masa.
Awalnya saat Jhon Lennon bermain dengan band rock The Beatles, mereka merilis kaos yang menampilkan Butcher Cover dari album " Yesterday and Today" pada tahun 1966.
Kaos dimaksudkan sebagai pernyataan protes terhadap perang Vietnam. Capital Records pun awalnya menolak gambar tersebut sebagai sampul album.
Keith Haring adalah seniman jalanan ikonik dari tahun 1980-an yang mendapatkan ketenaran dengan melukis rambu-rambu kereta bawah tanah New York City. Seperti pelukis gua modern, Haring akhirnya mulai mencetak kaos, kancing, dan pinnya sendiri yang ia jual di Toko Pop ikoniknya di New York City.
Haring membuat nama untuk dirinya sendiri dengan menampilkan karya seninya di mana-mana. Karyanya muncul di berbagai permukaan mulai dari kaos dari pendukungnya hingga beberapa dinding museum paling terkenal di dunia. Bahkan salah satu kaosnya terjual dengan harga 25.900 dollar.
Kaos ini dirancang sebagai kampanye penggalangan dana untuk membantu anak-anak miskin di seluruh dunia. Kaos ini pun mampu mengumpulkan keutungan hingga 1 juta dollar per harinya selama masa olimpiade 1996.
Selama kampanye iklan tahun 1987, mereka menggunakan lagu Beatles " Revolution," yang dengan cepat menjadi identik dengan citra merek yang berlawanan dengan budaya.
Band The Beatles dengan keras menentang penggunaan lagu mereka, tetapi Michael Jackson memiliki hak atas musik tersebut pada saat itu.
Nike akhirnya memutuskan untuk menarik peredaran kaos tersebut membuat kaos ini jarang ditemukan kolektor.
Terdiri dari buaya dan sifon, merek Haute Couture ini dikenal dengan harga fashionnya yang tinggi. Karena bahan serta reputasi mereknya, tidak mengherankan jika T-Shirt ini dapat mencapai harga hingga 91.500 dollar.
Kaos dengan desain sederhana ini dijual dengan harga setara sebuah rumah yaitu 300 ribu dollar. Semua penjualan dari T-Shirt tersebut dibawa ke gudang utama UNICEF di Kopenhagen. Dimana mereka membagikan makanan dan minuman bagi anak-anak kelaparan di Nairobi, Kenya.
Mengandung kira-kira sembilan karat berlian hitam dan putih, kaos ini dianggap sebagai kaos mewah termahal di dunia. Selain itu, kaos ini juga dikenal karena ramah lingkungan.
Kaos ini diklaim terbuat dari energi hijau murni karena proses pembuatannya menggunakan energi matahari dan tidak mengeluarkan CO2.
(Sumber: therichest.com)
Advertisement