Buntut Kebakaran Depo Plumpang, Erick Thohir Copot Direktur Pertamina

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 8 Maret 2023 15:46
Buntut Kebakaran Depo Plumpang, Erick Thohir Copot Direktur Pertamina
Untuk sementara posisi Direktur Penunjang Bisnis akan dirangkap oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono.

Dream - Kementerian Badan Usaha Milik Negara mencopot Dedi Sunardi dari jabatan Direktur Penunjang Bisnis Pertamina. Keputusan itu diambil sebagai buntut kebakaran di Depo Plumpang. 

Menurut VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, posisi itu kini dijabat oleh dirangkap oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Erry Widiastono.

" Dirangkap Pak Erry," tegas Fadjar Djoko.

Namun, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga belum mengonfirmasi lebih jauh soal kabar pencopotan direksi tersebut. Tetapi dia memang menyiratkan adanya penggantian direksi Pertamina.

" Tunggu aja (pengumumannya)," kata dia saat dimintai konfirmasi.

1 dari 5 halaman

Pencopotan direksi ini dikabarkan menjadi sinyal yang diberikan Erick Thohir setelah kebakaran Depo Pertamina Plumpang di akhir pekan lalu. Ketum PSSI itu mengatakan ada peluang pencopotan tersebut imbas dari kebakaran.

Menurut catatan, kebakaran di lingkungan milik Pertamina bukan pertama ini. Kejadian serupa pernah terjadi di Kilang Pertamina Balongan, Kilang Pertamina Balikpapan, Kilang Pertamina Cilacap, dan kini Depo BBM Pertamina di Plumbang, Jakarta Utara.

Salah satu evaluasi yang dinilai perlu disoroti adalah soal penerapan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) atau kesehatan dan keselamatan kerja.

" Kalau saya selalu bilang kan saya sudah pernah copot direksi Pertamina kan, kalau musti saya copot lagi ya, saya copot lagi Tetapi penyelesaiannya itu kan tidak hanya saling menyalahkan," kata dia di Rumah Sakit Pusat Pertamina, di Jakarta, Sabtu, 4 Maret 2023.

2 dari 5 halaman

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, 17 Orang Tewas

Dream - Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat malam, mengakibatkan belasan orang tewas. Menurut papan pengumuman di RSUD Koja, hingga pukul 23.50 WIB tertulis 17 orang meninggal dunia.

Dari para korban itu, dua di antaranya merupakan anak-anak. Sementara, 15 lainnya adalah orang dewasa. Sedangkan 16 orang lainnya dirawat karena terluka dalam insidene kebakaran dan ledakan itu.

Sementara, Humas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta menyebut bahwa korban meninggal dunia akibat insiden itu 16 orang. " Meninggal: 14 Orang dewasa + 2 anak, Total = 16," tulis Humas Damkar DKI Jakarta dalam siaran tertulisnya.

Pertamina berjanji akan menanggung seluruh biaya pengobatan korban. BUMN perminyakan dan gas itu juga berjanji memberikan tempat penampungan kepada warga terdampak.

meninggal© KLY

" Pengungsi info sementara jumlah 1.085 jiwa," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji.

Menurut Isnawa Adji, ada 8 titik yang dijadikan tempat pengungsian, di antaranya 132 warga mengungsi di Kantor PMI Jakarta Utara, 63 orang di Masjid As Sholihin, 79 orang di Kantor Kelurahan Rawa Badak Selatan, dan 258 di Gedung Golkar Walang.

pertamina© kly

Kemudian, di Kantor Sudinakertrans & Energi Jakarta Utara sebanyak 74 orang, Masjid Al Muhajirin 60 orang, Masjid Al Kuromaa 63 warga, dan RPTRA Rasella 356 jiwa.

BPBD Provinsi DKI Jakarta juga telah menyalurkan bantuan kepada para warga terdampak musibah ini.

" Bantuan berupa matras 230 lembar, selimut 270 lembar, kidswear 77 paket, family kit 105 paket, air mineral 53 dus, sarung 55 lembar, mukena 55 buah, terpal 40 lembar, paket sandang 80 pcs, sabun batang 5 dus, wipol 5 dus, hand sanitizer 5 dus, masker 20 box ke lokasi pengungsian," ujar Isnawa. (Liputan6.com)

3 dari 5 halaman

Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara Meledak, Api Masih Berkobar

Dream - Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara dikabarkan meledak pada Jumat 3 Maret 2023 sekitar pukul 20.30 WIB. Hingga kini dikabarkan api masih berkobar.

Informasi itu viral beredari di media sosial Twitter. Dalam salah satu video, warga mengatakan api dan asap hitam berasal dari Depo Pertamina Plumpang yang meledak

" Yaallah Pertamina Plumpang kebakaran 😭 Asep di atas rumah item bgtt," tulis akun @dian_raini.

4 dari 5 halaman

Dalam video, terlihat ledakan di Depo Pertamina Plumpang cukup besar hingga menimbulkan getaran rumah warga.

Dalam postingan di akun Instagram @jakut.info, disebutkan bahwa telah terjadi kebocoran pipa dekat alamat pelapor yakni di Komplek Koramil Jalan Tanah Merah Bawah RT.12 RW.9 Rawa Badak Selatan Koja Jakarta Utara menyebabkan bau bensin yang sangat menyengat.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi terkait asal mula ledakan di Depo Pertamina Plumpang tersebut.

Untuk diketahui, Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, yang berkapasitas 5.000 kilo liter tersebut sebelumnya pernah meledak pada 18 Januari 2009.

5 dari 5 halaman

 

Beri Komentar